eprintid: 49166 rev_number: 22 eprint_status: archive userid: 22149 dir: disk0/00/04/91/66 datestamp: 2025-06-02 02:53:05 lastmod: 2025-06-02 07:16:10 status_changed: 2025-06-02 07:16:10 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MARCELINA, DINDA creators_id: 6662180025 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: NURSIH, ISTI contributors_id: 197508102005012001 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK corp_creators: JURUSAN ILMU KOMUNIKASI title: STRATEGI KOMUNIKASI AFFILIATOR TIKTOK @HELLOWCULL DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK DI MEDIA SOSIAL TIKTOK ispublished: pub subjects: Communication subjects: communication-general divisions: FISIP divisions: FISIP_CD full_text_status: restricted keywords: Affiliate, Affiliator, Communication Strategy Affiliate, Affiliator, Strategi Komunikasi note: Fenomena Affiliator muncul dari trend masyarakat, yang mana masyarakat baik individu maupun kelompok memanfaatkan program Afiliasi sebagai bentuk strategi mereka untuk mendapatkan penghasilan. Saat ini banyak orang yang bergabung menjadi Affiliator. Maka persaingan di dunia Affiliator semakin ketat. Cara kerja Affiliator Tiktok yaitu mempromosikan produk milik sendiri atau orang lain melalui konten video yang diunggah di Tiktok dengan menyertakan keranjang kuning di konten tersebut. Salah satu pengguna Tiktok yang bergabung menjadi Affiliator yaitu Dina Fitriana atau nama akun Tiktok @hellowcull berfokus pada fashion mom and kids, remaja perempuan, dan beauty content creator. Pada penelitian ini, peneliti ingin mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang digunakan oleh Affiliator Tiktok @hellowcull dalam mempromosikan produk di media sosial Tiktok. Penelitian ini menggunakan Teori Integrated Marketing Communication (IMC) atau Komunikasi Pemasaran Terpadu dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun hasil penelitian menjelaskan bahwa Affiliator Tiktok @hellowcull atau Dina Fitriana telah menerapkan strategi komunikasi mulai dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi dengan baik. Affiliator Tiktok @hellowcull menerapkan strategi bauran komunikasi dengan baik, dengan membuat konten dengan judul menarik, menggunakan sound yang sedang viral, menggunakan hashtag yang relevan, dan membangun hubungan yang interaktif dengan audiens melalui kolom komentar atau konten balasan. abstract: The Affiliator phenomenon emerges from societal trends, where individuals and groups utilize affiliate programs as a strategy to generate income. Currently, many people have joined as Affiliators, leading to increasingly intense competition in the Affiliator industry. TikTok Affiliators work by promoting their own or others' products through video content uploaded on TikTok, featuring a yellow shopping cart in the content. One TikTok user who has become an Affiliator is Dina Fitriana, known by her TikTok account @hellowcull, who focuses on mom-and-kids fashion, teenage girls, and beauty content creation. This study aims to examine the communication strategies used by TikTok Affiliator @hellowcull in promoting products on TikTok. The study applies the Integrated Marketing Communication (IMC) theory using a descriptive qualitative research method. The findings reveal that TikTok Affiliator @hellowcull, or Dina Fitriana, has effectively implemented communication strategies across the planning, execution, and evaluation stages. TikTok Affiliator @hellowcull effectively employs a communication mix strategy by creating content with captivating titles, using trending sounds, incorporating relevant hashtags, and building interactive relationships with the audience through the comments section or response content. date: 2024 date_type: published pages: 116 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: ILMU KOMUNIKASI thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: MARCELINA, DINDA (2024) STRATEGI KOMUNIKASI AFFILIATOR TIKTOK @HELLOWCULL DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK DI MEDIA SOSIAL TIKTOK. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49166/1/Dinda%20Marcelina_6662180025_Fulltext.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49166/4/Dinda%20Marcelina_6662180025_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49166/5/Dinda%20Marcelina_6662180025_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49166/6/Dinda%20Marcelina_6662180025_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49166/7/Dinda%20Marcelina_6662180025_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49166/8/Dinda%20Marcelina_6662180025_Ref.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49166/9/Dinda%20Marcelina_6662180025_Lamp.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49166/18/Dinda%20Marcelina_6662180025_01.pdf