eprintid: 49090 rev_number: 52 eprint_status: archive userid: 22076 dir: disk0/00/04/90/90 datestamp: 2025-06-04 04:58:07 lastmod: 2025-06-04 04:58:07 status_changed: 2025-06-04 04:58:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MUHAMAD RAIHAN, AGGI creators_id: 3333200005 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: SUSIHONO, WAHYU contributors_name: HERLINA, LELY contributors_id: 198204132008011005 contributors_id: 197710092005012002 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS TEKNIK corp_creators: JURUSAN TEKNIK INDUSTRI title: Usulan Perbaikan Operasi Bongkar Muat Tanker Truck berdasarkan Identifikasi Human Errors dan Nilai Risiko dengan Metode SHERPA dan FIS di PT. X ispublished: pub subjects: BF subjects: HD28 subjects: HD61 subjects: TD divisions: FT divisions: Industri full_text_status: restricted note: Dalam industri minyak bumi, bongkar muat dengan tanker truck adalah aktivitas berisiko tinggi yang memerlukan perhatian khusus terhadap keselamatan dan efisiensi. Karena beberapa tahapan utama operasi bongkar muat masih bergantung pada operator, maka potensi kesalahan manusia dalam operasi bongkar muat perlu menjadi perhatian utama. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan dalam langkah pekerjaan, menentukan jumlah kesalahan, menentukan tingkat risiko kesalahan dan merancang usulan perbaikan dalam operasi pemuatan dan pembongkaran BBM dengan truk tangki. Penelitian dilakukan di PT. X, Kota Cilegon, Banten. Menggunakan metode menggunakan metode Systematic Human Error Reduction and Prediction Approach (SHERPA) untuk mengetahui langkah operasi bongkar muat, identifikasi kesalahan manusia yang mungkin terjadi, dan merancang strategi perbaikan apabila terjadi kesalahan dalam tahapan pekerjaan operasi bongkar muat, dan metode Fuzzy Inference System (FIS) untuk untuk membangun model fuzzy untuk menganalisis risiko human error. Hasil penelitian pada operasi pemuatan, teridentifikasi 17 kesalahan manusia, terdiri dari 14 kesalahan tindakan dan 3 pengecekam. Dari jumlah tersebut, 9 kesalahan dapat dipulihkan, sementara 8 tidak dapat dipulihkan. Risiko tertinggi ada pada pemeriksaan kondisi mobil tangki (nilai risiko 8.175). Perbaikan operasi pemuatan yang diusulkan termasuk penyusunan SOP, pelatihan rutin, dan checklist. Di operasi pembongkaran, juga ditemukan 17 kesalahan, dengan 12 kesalahan tindakan, 2 pengambilan informasi, dan 3 pengecekan. 1 kesalahan dapat dipulihkan, sementara 16 tidak. Risiko tertinggi terjadi pada kegiatan mematikan mesin truk (nilai risiko 7.754). Oleh karena itu perbaikan operasi pembongkaran yang diusulkan meliputi sistem peringatan otomatis, pelatihan rutin, dan checklist. abstract: In the oil industry, loading and unloading with tanker trucks is a high-risk activity that requires special attention to safety and efficiency. Considering that several main stages of loading and unloading operations still depend on the operator, the potential for human error in loading and unloading operations needs to be a major concern. This study aims to identify errors in work steps, determite the magnitude of errors, determine the level of risk of errors and design improvement fuel loading and unloading operations with tanker trucks. The study was conducted at the PT.Pertamina Patra Niaga Tanjung Gerem Fuel Terminal, Cilegon Cit, Banten. Using the systematic human errors reduction and prediction approach (SHERPA) method to determine the steps of loading and unloading operations, identify the possibility of human error, and design a repair strategy if an error occurs at the loading an unloading operation stage, and fuzzy inference system (FIS) method to build fuzzy model to analyze human error risk. The research result in loading and unloading operation identified 17 human errors, consisting of 14 action errors and 3 checkers. Of that number, 9 errors can be recovered, while 8 errors cannot be recovered. That highest risk is in checking the condition of the tanker truck (risk value 8,175). The improvement of loading and unloading operation includes preparation of SOP, routine training, and checklist. In loading and unloading operation, 17 errors were also found, with details of 12 action errors, 2 information retrieval, and 3 checkers. 1 error can be recovered, while 16 errors cannot be recovered. The highest risk occurs in the activity of turning off the truck engine (risk value 7,754). Therefore, the improvement of loading and unloading operation includes automatic warning system, routine training, and checklist. date: 2025-05-27 date_type: published pages: 101 institution: Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa department: TEKNIK INDUSTRI thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: MUHAMAD RAIHAN, AGGI (2025) Usulan Perbaikan Operasi Bongkar Muat Tanker Truck berdasarkan Identifikasi Human Errors dan Nilai Risiko dengan Metode SHERPA dan FIS di PT. X. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49090/21/Aggi%20Muhamad%20Raihan_3333200005_Fulltext.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49090/22/Aggi%20Muhamad%20Raihan_3333200005_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49090/23/Aggi%20Muhamad%20Raihan_3333200005_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49090/24/Aggi%20Muhamad%20Raihan_3333200005_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49090/25/Aggi%20Muhamad%20Raihan_3333200005_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49090/26/Aggi%20Muhamad%20Raihan_3333200005_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49090/27/Aggi%20Muhamad%20Raihan_3333200005_06.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49090/28/Aggi%20Muhamad%20Raihan_3333200005_Ref.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49090/29/Aggi%20Muhamad%20Raihan_3333200005_Lamp.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49090/7/Aggi%20Muhamad%20Raihan_3333200005_CP.pdf