eprintid: 49061 rev_number: 27 eprint_status: archive userid: 21707 dir: disk0/00/04/90/61 datestamp: 2025-05-28 04:31:19 lastmod: 2025-05-28 04:31:19 status_changed: 2025-05-28 04:31:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: YANI, AULIYA FITRI creators_id: 2287200041 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: PRATAMA, TONI YUDHA contributors_name: ABADI, REZA FEBRI contributors_id: 0014118702 contributors_id: 198902072018031002 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN & ILMU PENDIDIKAN corp_creators: JURUSAN PENDIDIKAN KHUSUS title: PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN NAIL ART ANAK TUNARUNGU DI SKH PANDITA KOTA SERANG ispublished: pub subjects: LC5201 divisions: Khusus divisions: FKIP full_text_status: restricted keywords: Deaf Children, Demonstration Method, Nail Art Skills Anak Tunarungu, Keterampilan Demonstrasi, Metode demonstrasi. note: Penelitian ini bertujuan untuk melihat perkembangan pembelajaran keterampilan siswa tunarungu dalam keterampilan Nail Art baik Dasar ataupun Karakter dengan menggunakan metode demonstrasi dalam praktek pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Pre-eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan desain One Group Pre-test and Post-Test yang kemudian di olah menggunakan uji Wilcoxon dengan subjek penelitian yaitu siswa tungu tingkat SMALB kelas XII di SKh Pandita Kota Serang yang berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data yang diambil adalah bentuk tes. Pembelajaran keterampilan Nail Art ini merupakan upaya dalam pengembangan kemampuan siswa dalam bidang vokasional yang kedepannya dapat dikembangkan, baik untuk kebutuhan pribadi ataupun di salurkan melalui ajajng prestasi serta bisa juga di pertimbangkan sebagai profesi pilihan di masa yang akan datang. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan rumus uji Wilcoxon diperoleh bahwa Thitung = 6 dan taraf kepentingan 0,05 dengan jumlah N = 3, dan dengan menggunakan rumus df = n – k atau df = 3 – 2, maka df = 1. Kemudian di peroleh Ttabel = 0. Maka Thitung > Ttabel, maka pada saat itu H0 ditolak dan Ha diterima. Juga pada keterampilan Nail art Karakter diperoleh bahwa Thitung = 6 dan taraf kepentingan 0,05 dengan jumlah N = 3, dan dengan menggunakan rumus df = n – k atau df = 3 – 2, maka df= 1. Kemudian di peroleh Ttabel = 0. Maka Thitung > Ttabel, maka pada saat itu H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, hipotesis yang di ajukan dalam penelitian ini yaitu penerapan metode demonstrasi terbukti berpengaruh untuk pembelajaran keterampilan Nail Art. abstract: This study aims to see the development of learning skills of deaf students in Nail Art skills, both Basic and Character, by using the demonstration method in their learning practices. This study uses a Pre-experimental research method with a quantitative approach with a One Group Pre-test and Post-Test design which is then processed using the Wilcoxon test with research subjects, namely deaf students of SMALB class XII at SKh Pandita, Serang City, totaling 3 people. The data collection technique used is a test form. Learning Nail Art skills is an effort to develop students' abilities in the vocational field which in the future can be developed, either for personal needs or channeled through achievement programs and can also be considered as a chosen profession in the future. Based on the results of the analysis using the Wilcoxon test formula, it was obtained that Tcount = 6 and the level of importance was 0.05 with the number of N = 3, and by using the formula df = n - k or df = 3 - 2, then df = 1. Then obtained Ttable = 0. Then Tcount> Ttable, then at that time H0 was rejected and Ha was accepted. Also in the Nail Art Character skills, it was obtained that Tcount = 6 and the level of importance was 0.05 with the number of N = 3, and by using the formula df = n - k or df = 3 - 2, then df = 1. Then obtained Ttable = 0. Then Tcount> Ttable, then at that time H0 was rejected and Ha was accepted. This means that the hypothesis proposed in this study, namely the application of the demonstration method, has proven to be influential in learning Nail Art skills. date: 2024 date_type: published pages: 166 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: JURUSAN PENDIDIKAN KHUSUS thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: YANI, AULIYA FITRI (2024) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN NAIL ART ANAK TUNARUNGU DI SKH PANDITA KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49061/1/AULIYA%20FITRI%20YANI_2287200041_CP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49061/3/AULIYA%20FITRI%20YANI_2287200041_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49061/4/AULIYA%20FITRI%20YANI_2287200041_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49061/5/AULIYA%20FITRI%20YANI_2287200041_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49061/6/AULIYA%20FITRI%20YANI_2287200041_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49061/7/AULIYA%20FITRI%20YANI_2287200041_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49061/8/AULIYA%20FITRI%20YANI_2287200041_REF.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49061/9/AULIYA%20FITRI%20YANI_2287200041_LAMP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/49061/18/AULIYA%20FITRI%20YANI_2287200041_FULL%20TEXT.pdf