TY - THES N2 - Communication is the process of conveying a message from one person to another in an effort to achieve a common understanding. Communication in marketing serves as a way to convey information, build relationships with customers, and create customer perceptions and loyalty to the brand. Different marketing communications are the main strategy to differentiate a business from competitors. The purpose of this study is to study the marketing communication strategies used by Angkringan Sang Kopiah and Angkringan Sate Darling in Pandeglang Regency, and how differences in the marketing mix affect the competitiveness of the two businesses. The proliferation of contemporary angkringan culinary businesses shows a high level of enthusiasm for entrepreneurship to meet the food needs of their customers. The purpose of this study was to evaluate the differences in products and marketing mix strategies applied to angkringan businesses in Pandeglang Regency. As a type of micro, small and medium enterprise (MSME), angkringan must implement a differentiation strategy to gain competitive advantage in increasingly competitive business competition. Data were collected from angkringan owners, customers, and other related parties through interviews, observations, and documentation. Qualitative descriptive methods were used in this study. The results of the study showed that various factors, such as menu variety, service, atmosphere, and affordable prices, contribute to the differences. However, to increase competitiveness, the marketing mix, which includes product, price, location, and promotion, is used as a strategic tool. This strategy can be implemented in various ways, from using social media to promote products to developing new menus tailored to local customer preferences. This study found that increasing consumer appeal, customer loyalty, and sustainability of angkringan businesses in Pandeglang Regency can be achieved by combining differentiation strategies and the right marketing mix. To reach a wider market segment, the recommendations given are to increase product innovation and optimize digital marketing. UR - https://eprints.untirta.ac.id/48982/ AV - restricted PB - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa KW - Communication KW - Marketing Communication KW - Differentiation KW - Marketing Mix KW - Angkringan KW - Pandeglang Regency KW - Marketing Strategy Komunikasi KW - Komunikasi Pemasaran KW - Diferensiasi KW - Bauran Pemasaran KW - Angkringan KW - Kabupaten Pandeglang KW - Strategi Pemasaran EP - 100 ID - eprintuntirta48982 M1 - sarjana A1 - NICKY, ACHMAD N1 - Komunikasi adalah proses menyampaikan pesan dari satu orang ke orang lain dalam upaya untuk mencapai pemahaman yang sama. Komunikasi dalam pemasaran berfungsi sebagai cara untuk menyampaikan informasi, menjalin hubungan dengan pelanggan, dan menciptakan persepsi dan kesetiaan pelanggan terhadap merek. Komunikasi pemasaran yang berbeda menjadi strategi utama untuk membedakan bisnis dari kompetitor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh Angkringan Sang Kopiah dan Angkringan Sate Darling di Kabupaten Pandeglang, serta bagaimana perbedaan dalam bauran pemasaran memengaruhi daya saing kedua bisnis tersebut. Menjamurnya bisnis kuliner angkringan kontemporer menunjukkan tingkat semangat yang tinggi untuk berwirausaha untuk memenuhi kebutuhan makan pelanggannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi perbedaan produk dan strategi bauran pemasaran yang diterapkan pada bisnis angkringan di Kabupaten Pandeglang. Sebagai jenis usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), angkringan harus menerapkan strategi diferensiasi untuk memperoleh keunggulan kompetitif dalam persaingan bisnis yang semakin kompetitif. Data dikumpulkan dari pemilik angkringan, pelanggan, dan pihak terkait lainnya melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai faktor, seperti variasi menu, pelayanan, suasana tempat, dan harga yang terjangkau, berkontribusi pada perbedaan. Namun, untuk meningkatkan daya saing, bauran pemasaran, yang mencakup produk, harga, lokasi, dan promosi, digunakan sebagai alat strategis. Strategi ini dapat diterapkan dalam berbagai cara, mulai dari penggunaan media sosial untuk mempromosikan produk hingga mengembangkan menu baru yang disesuaikan dengan preferensi pelanggan lokal. Studi ini menemukan bahwa meningkatkan daya tarik konsumen, loyalitas pelanggan, dan keberlanjutan bisnis angkringan di Kabupaten Pandeglang dapat dicapai dengan menggabungkan strategi diferensiasi dan bauran pemasaran yang tepat. Untuk menjangkau segmen pasar yang lebih luas, rekomendasi yang diberikan adalah meningkatkan inovasi produk dan optimalisasi pemasaran digital. TI - ANALISIS DIFERENSIASI DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN DENGAN BAURAN PEMASARAN PADA ANGKRINGAN SANG KOPIAH DAN ANGKRINGAN SATE DARLING DI KABUPATEN PANDEGLANG Y1 - 2025/// ER -