%0 Thesis %9 S1 %A AZ ZAHRAH, FATIMAH %A UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, %A FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, %A PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA, %B PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA %D 2025 %F eprintuntirta:48968 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %K effectiveness, Dictoglos technique. News Text Writing Skills keefektifan, teknik Dictoglos. keterampilan menulis teks berita %P 205 %T EFEKTIVITAS PENERAPAN TEKNIK DICTOGLOS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA KELAS VII SMP NEGERI 3 KOTA SERANG %U https://eprints.untirta.ac.id/48968/ %X Writing language skills are considered difficult because they require the ability to express thoughts and feelings. This is influenced by conventional learning techniques that are teacher-centered. The Dictoglos technique is proposed as a learning method that involves listening to news texts, taking notes, and reconstructing together by students. This study aims to identify the difference in the ability to write news texts before and after using the Dictoglos technique and the effectiveness of the technique in grade VII students at SMP Negeri 3 Kota Serang. The research population is all students of grade VII of SMP Negeri 3 Serang City and the samples used are classes VII F and VII J which are determined by simple random sampling technique. Data analysis techniques To test the hypothesis is a t-test that was previously carried out to test the requirements of normality, and homogeneity. The results showed that there was a significant difference in the ability to write news texts between the experimental group that used the Dictoglos technique and the control group that did not use the technique. The results of the analysis proved that the Dictoglos technique was more effective, as evidenced by the paired sample t-test between the pretest and posttest scores of the experimental group, resulting in a t-count of -28.029 (or an absolute value of 28.029) and a Sig. (2-tailed) value of 0.000, which is smaller than 0.05. These results show a significant improvement in the ability to write news texts after using the Dictoglos technique. %Z Keterampilan berbahasa menulis dianggap sulit karena memerlukan kemampuan untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan. Hal ini dipengaruhi teknik pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru. Teknik Dictoglos diusulkan sebagai metode pembelajaran yang melibatkan pendengaran teks berita, pencatatan, dan rekonstruksi bersama oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perbedaan kemampuan menulis teks berita sebelum dan sesudah menggunakan teknik Dictoglos serta efektivitas teknik tersebut pada siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Kota Serang. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kota Serang dan sampel yang digunakan adalah kelas VII F dan VII J yang ditetapkan dengan teknik simple random sampling. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis adalah uji-t yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan normalitas, dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan signifikan dalam kemampuan menulis teks berita antara kelompok eksperimen yang menggunakan teknik Dictoglos dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan teknik tersebut. Hasil analisis membuktikan bahwa teknik Dictoglos lebih efektif, dibuktikan melalui uji-t sampel berpasangan antara skor pretest dan posttest kelompok eksperimen, menghasilkan t-hitung sebesar -28,029 (atau nilai absolut 28,029) dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0,05. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan menulis teks berita setelah menggunakan teknik Dictoglos.