eprintid: 48917 rev_number: 22 eprint_status: archive userid: 21946 dir: disk0/00/04/89/17 datestamp: 2025-05-21 07:33:36 lastmod: 2025-05-21 07:33:36 status_changed: 2025-05-21 07:33:36 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: 8883210003@untirta.ac.id creators_name: Afiyah, Nurul creators_id: 8883210003 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Zubaida , M.Pd, Ida contributors_name: Jumrotul Aqobah, Qory contributors_id: 196503281998022001 contributors_id: 1992021420240620003 corp_creators: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa corp_creators: Kedokteran dan Ilmu Kesehatan corp_creators: Ilmu Keolahragaan title: ANALISIS TINGKAT KEPUASAN ATLET TERHADAP KEPELATIHAN DAN FASILITAS DI KLUB BOLA VOLI SE-KABUPATEN SERANG TAHUN 2025 ispublished: pub subjects: RZ divisions: IKOR divisions: FK full_text_status: restricted keywords: Athlete Satisfaction, Coaching and Facilities, Volleyball. Kepuasan atlet, kepelatihan dan fasilitas, bola voli. note: Kepelatihan merupakan salah satu aspek kunci dalam pengembangan olahraga yang efektif baik atlet pemula maupun atlet profesional dan fasilitas olahraga yang memadai menjadi faktor pendukung yang sangat penting. Fasilitas yang berkualitas dapat meningkatkan efektivitas latihan, mendukung pemulihan fisik, serta memberikan lingkungan yang kondusif bagi perkembangan prestasi atlet. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan melibatkan kuesioner. Populasi penelitian terdiri dari 450, dengan jumlah atlet yang mengisi angket sejumlah 102 atlet dengan purposive sampling. Penelitian ini merupakan studi desktiptif yang menggunakan metode survei dengan pengumpulan data menggunakan angket. Instrumen tersebut berjumlah 21 butir pertanyaan yang sudah di uji validasi dengan reliabilitas sebesar 0.860. Teknik analisis data yang disajikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kepuasan atlet terhadap kepelatihan dan fasilitas di klub bola voli Kabupaten Serang secara keseluruhan bahwa terdapat 7 atlet (7%) dalam kategori sangat tidak puas, 32 atlet (31%) dalam kategori tidak puas, 33 atlet (32%) dalam kategori puas dan 30 atlet (30%) dalam kategori sangat puas, sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan atlet terhadap kepelatihan dan fasilitas di klub bola voli Kabupaten Serang adalah puas. abstract: Coaching is one of the key aspects in the effective development of sports for both beginner and professional athletes, and adequate sports facilities are a crucial supporting factor. High-quality facilities can enhance the effectiveness of training, support physical recovery, and provide a conducive environment for the development of athletic achievement. This study is a descriptive quantitative research. The method used involved a questionnaire. The study population consisted of 450 individuals, with 102 athletes completing the questionnaire through purposive sampling. This research is a descriptive study using a survey method, and data were collected using a questionnaire consisting of 21 validated items with a reliability score of 0.860. The data analysis technique is presented in the form of percentages. The results showed that the level of athlete satisfaction with coaching and facilities at the volleyball club in Serang Regency was as follows: 7 athletes (7%) were in the "very dissatisfied" category, 32 athletes (31%) in the "dissatisfied" category, 33 athletes (32%) in the "satisfied" category, and 30 athletes (30%) in the "very satisfied" category. Therefore, it can be concluded that the overall level of athlete satisfaction with coaching and facilities at the volleyball club in Serang Regency is categorized as "satisfied." date: 2025 date_type: published pages: 159 institution: Univeritas Sultan Ageng Tirtayasa department: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana referencetext: Ahmad Zikri, M. I. H. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Pos Indonesia Regional I Sumatera. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM), 1(1), 129–138. Al Hakim, R., Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas dan Reliabilitas Angket Motivasi Berprestasi. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 263. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7249 Alfian Mahardhika, N., Betty Kurnia Jusuf, J., Abdilah Santoso, J., & Priyambada, G.(2022). The Sports Trainers‟ Level Of Understanding Of Athlete Development at SKOI East Kalimantan: Borneo Educational Journal (Borju), 4(1), 61–70. https://jurnal.fkipuwgm.ac.id/index.php/Borju/article/view/930 Apriasty, Ika, and Marina E. Simbolon. 2022. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga (Literature Strategic Marketing Management).” Jurnal Ilmu Multidisplin 1(1):135–45. doi: 10.38035/jim.v1i1.21. Aprilia, Khalida Nawa, Agus Kristiyanto, and Muchsin Doewes. 2020. “Analisis Penerapan Prinsip-Prinsip Latihan Terhadap Peningkatan Kondisi Fisik Atlet Bulu Tangkis PPLOP Jawa Tengah Tahun 2017/2018 Khalida.” JPOS (Journal Power Of Sports) 8(1): 274–82. Aqobah, Q. J., Rahmawati, D., Youdistira, F., & Kurnia, A. R. (2023). Analisis Pengaruh Olahraga Terhadap Penurunan Tingkat Stres Analysis Of the Influence Of Exercise on Reducing Stress Levels. Journal Of Sport Science and Tourism Activity (JOSITA), 2(1), 45–51. Arikunto, S. (2016). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Edisi revisi). Rineka Cipta. Aryati, A. (2018). Memaham Manusia Melalui Dimensi Filsafat (Upaya Memahami Eksistensi Manusia). EL-AFKAR : Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis, 7(2), 79. https://doi.org/10.29300/jpkth.v7i2.1602 Aulia, A., & Asfar, A. (2021). Peran Sarana Prasarana Terhadap Motivasi dan Prestasi Atlet (Studi Pada Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Riau). Jurnal Manajemen dan Bisnis Terapan, 3(2), 141–150. https://journal.unilak.ac.id/index.php/mbt/article/download/9040/3 Ayuningtyas, N., Supiani, T., Ayu, L., & Salsa, A. (2022). Peningkatan Keterampilan melalui Pelatihan Pangkas Rambut Praktis di Kecamatan Muara Gembong. Prosiding Pendidikan Teknik Boga dan Busana, 17(1), 1 4. Azwar, S. (2016). Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Pelajar Budiarta, I (2021). Survey Kepuasan Atlet (Siswa-Siswi) SMA Negri Olahraga Jawa Timur Terhadap Pralatan Sarana dan Prasaraa Latihan Iqbal Budiartta Joesoef Roepajadi. Jurnal Kesehatan Olahraga, 09(03).201-210. Bayu, I. M. A., & Iswana, B. (2021). Evaluasi Sarana dan Prasarana Olahraga. Halaman Olahraga Nusantara, 4(1), 38–52. Cahyati, S., Kusumawati, I., & Irianto, D. P. (2020). Gaya Kepemimpinan Pelatih Hapkido Daerah Istimewa Yogyakarta Leadership Style Of Hapkido Trainers in Yogyakarta Special Region. JSH: Journal Of Sport and Health, 1(2), 77–83. Candra, A. (2016). Pengaruh Latihan Menendang Menggunakan Imageri Terhadap Akurasi Tendangan Ke Gawang. Journal Sport Area, 1(1).https://doi.org/10.25299/sportarea.2016.vol1(1).371 Candra, A. R. D., Setiawan, A., Hermawan, H., & Sobihin, S. (2023). Pemahaman Pelatih Kota Semarang Tentang Teknik dan Keterampilan Mental Olahraga Sebagai Proses Pencapaian Prestasi Olahraga. JOSSAE (Journal Of Sport Science and Education), 7(2), 83–91. https://doi.org/10.26740/jossae.v7n2.p83-91 Christian, A., Krenadi, H., & Puspita, I. D. (2013). Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(7),111–120. Estamarinda, E., Akila, A., & Sinarti, T. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hompizz Pizza Palembang. Jurnal Manajemen dan Investasi (MANIVESTASI), 3(1), 69–82. https://doi.org/10.31851/jmanivestasi.v3i1.6407 Fa‟oT, J. Y., & Mukarromah, S. B. (2022). Profil Kondisi Fisik Atlet Olahraga Sepatu Roda Pada Pemusatan Latihan Daerah Jawa Tengah (Pelatda Jateng). Journal Of Sport Science and Fitness, 7(2), 132–140. https://doi.org/10.15294/jssf.v7i2.51943 Ferils, M., & Utami, M. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Kementrian Agama Kabupaten Mamuju. Fernandus, T., & Reza, T. S. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Produk Terhadap Kepuasan Konsumen ( Pada Toko Top Jaya Motor Bekasi). Jurnal Administrasi Bisnis, 1(6), 483–495. http://ojs.stiami.ac.id/index.php/JUMABI Ghiffary, M. (2020). Survei Ketersediaan Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Tingkat SMP di Kecamatan Buleleng. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(1), 34–41. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i1.2963 Gul, I., Rido, A., & Wahyudin, A. Y. (2020). Universitas Teknokrat Indonesia. Teknokrat.Ac.Id, 2010, 31–78. https://teknokrat.ac.id/ H, H., & Riady, A. (2018). Survey Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani di SMP/ MTS Swasta Kabupaten Pangkep. SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation, 1(2), 27. https://doi.org/10.26858/sportive.v1i2.5624 Hariaji, U. G., & Iriyanto, S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi, dan Fasilitas Terhadap Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Warung Kopi Srintil di Temanggung). Unimus, 15(2), 66–88. Harsuki. (2012). Pengantar Manajemen Olahraga . Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada Harsono. (2015). Kepelatihan Olahraga, Teori dan Metodologi. Bandung: Rosda Harsono. (2017). Kepelatihan Olahraga Teori dan Metodologi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset. Heni Widiastuti, Ferry V.I.A Koagouw, Kalangi S. Johnny. 2018. “Teknik Wawancara Dalam Menggali Informasi Pada Program Talk Show Mata Najwa Episode Tiga Trans 7.” Jurnal Acta Diurna 7(2): 1–5. Hulu, E., Mendrofa, Y., & Kakisina, S. M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Indomarco Adi Prima Cabang Medan Stok Point Nias Kota Gunung Sitoli. Jurnal Ilmiah Simantek, 6(4), 106–115. Iskandar, Y., & Agustan, B. (2018). Pengaruh Pendekatan Taktis Terhadap Keterampilan Passing Bola Pada Sekolah Sepakbola Turangga Sakti. Juara: Jurnal Olahraga, 3(1). https://doi.org/10.33222/juara.v3i1.211 Kemenpora. (2022). Standar Prasana Olahraga dan Sarana Olahraga Pada Pusat Sistem Keolahragaan Nasional. Jakarta Kinandana, Putu Abhisathya dan Prof. Dr. Achmad Sudiro., SE., M. (2020). Peranan Gaya Kepemimpinan Pelatih Terhadap Prestasi Atlet (Studi Pada Kontingen Shorinji Kempo Kabupaten Malang. Kurnia Tahki, S. Y. T. A. (2022). Efektifitas Pelatihan Kompetensi Motivasi Dalam Meningkatkan Well-Being Pelatih Olahraga. Jurnal UNJ, 2022 (September 2022),1–11. Kusuma, P. P., & Farida, L. A. (2021). Indonesian Journal For Manajemen Arista Sport Center Di Ungaran. Jurnal Physical Education and Sport, 2(1), 365–372. Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2014). Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa: Bob Sabran, Erlangga, Jakarta. Mabrur, A. K., Anwar, & Ruma, Z. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Ompo Kabupaten Soppeng. Jurnal Bisnis, Manajemen dan Informatika (JBMI), 19(2). 143–159. https://doi.org/10.26487/jbmi.v19i1.2351 Mahmudin. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Qudwah Mart di Lebak. Aksioma Al-Musaqoh: Journal Of Islamic Economics and Business Studies, 5(1), 22. Mubaroq, A. N. (2022). Kualitas Layanan Pelatih Terhadap Kepuasan Atlet di SSB Kabupaten Temanggung. Noerisa Dewi Resianggi. (2023). Pengaruh Budaya Birokrasi dan Gaya Kepemimpinan Task- Oriented Terhadap Komitmen Organisasional Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada Pt. Kelola Jasa Artha. Bisnis dan Manajemen, 3(5), 918–928. Nuni, S. (2013). Peran Kualitas Pelatih Dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Atlet Tenis Meja. Journal Of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. Okilanda, A., Dlis, F., Humaid, H., & Put ra, D. D. (2020). Perbedaan Pengaruh Metode Latihan dan Motivasi Berlatih Terhadap Teknik Dasar Sepakbola Sekolah Sepakbola Beji Timur U-13. Jurnal Education FKIP UNMA, 6(1). https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.280 Pangastuti, N. I. (2022). Optimalisasi Prestasi Atlet Melalui Konsep Manusia Seutuhnya (Sebuah Kajian Filosofis) Optimizing Athlete FKIP UNMA, 6(1). https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.280 Pangastuti, N. I. (2022). Optimalisasi Prestasi Atlet Melalui Konsep Manusia Seutuhnya (Sebuah Kajian Filosofis) Optimizing Athlete Achievement Through Whole Human Concepts (A Philosophical Study). Jurnal Olahraga Prestasi, 18(2), 1–7. Panjaitan, J., & Wahyudi, G. (2020). Analisa Kemampuan Servis Bola Voli Tim PelajarIndonesia dan Malaysia Pada ASEAN School Games 2019. Indonesian Journal forPhysical Education and Sport, 1, 147–155. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/inapes Permata, H. D., & Nurhayati, N. (2024). Kepemimpinan Agile (Agile Leadership) dan Proses Pengambilan Keputusan Suatu Organisasi. Educational Leadership, 4(1), 59–76. Pranata, D. (2022). Pengaruh Olahraga dan Model Latihan Fisik Terhadap Kebugaran Jasmani Remaja. Jurnal Kesehatan Olahraga, 10, 107– 116. Prasanto, Perdana Setya. 2016. “Penerapan Dimensi Kepelatihan Olahraga Pencak Silat Model Jurus Suroboyo Maju Simppatik Siap Gerak Di IPSI Kabupaten Magetan.” Jurnal Kesehatan Olahraga 04(01): 37–49. Purbaningrum, Ajeng. 2020. “Ajeng Purbaningrum, Fifit Yeti Wulandari.” Jurnal Prestasi Olahraga 4(4):9. Rahmawati, D. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Economia, 9(1), 52–65. https://doi.org/10.21831/economia.v9i1.1376 Runtu, N. Megawati, Palandeng, I. D., & Sumarauw, J. S. B. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan dan Fasilitas Terhadap Daya Saing Objek Wisata Pulau Tiga Desa Pasir Putih Kabupaten Bolaang Mongondow. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 11(4), 633– 641. https://doi.org/10.35794/emba.v11i4.49741 Samirul Hadi, Munzir, S. (2023). Survei Tingkat Kemampuan Teknik Dasar Bola Voli pada Ekstrakulikuler Siswa Putra MAN 1 Simeulue di Masa Covid 19. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 4(1), 1–11. Sugiyanto, E. K., & Kurniasari, F. (2020). Dimensi Kualitas Pelayanan Sebagai Upaya Peningkatan Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Hotel X Semarang). Business Management Analysis Journal (BMAJ), 3(2), 112–125. https://doi.org/10.24176/bmaj.v3i2.5372 Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Sugiyono, (2017), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2020. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Sujarweni Wiratna. 2017. “Metodologi Penelitian: Metodologi Penelitian Skripsi.” Taftazani, H. S., & Fauziah, N. (2019). Memahami Kesejahteraan Subjektif Pada Atlet Atletik Nomor Lari 10.000 Meter PON Jateng. Jurnal EMPATI, 8(1), 61–67. https://doi.org/10.14710/empati.2019.23575 Tjiptono. 2015. “Marketing Pemasaran.” 17–26. Wahyuni, S., Sukatin, S., Fadilah, I. N., & Astri, W. (2022). Gaya Kepemimpinan Otoriter (Otokratis) Dalam Manajemen Pendidikan. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 123–130. https://doi.org/10.24252/edu.v1i2.26148 Waruwu, H., Gea, N., Mendrofa, R., Murni Pasti Berkat Waruwu, H., Elhan Gea, N., Natalia Mendrofa, R., Manajemen, J., & Ekonomi, F. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada UD. Wery Bakery Miga Kota Gunungsitoli. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, 10(4), 1542–1548. Widodo, A., & Nurina, T. (2016). Identifikasi Keadaan Sarana dan Prasarana Penjasorkes Di SMP Negeri Se-Kota Sukabumi Tahun 2016. Jurnal Kependidikan, 1(1), 1–10. Wijaya1, R. H., Kuswany Waty, T., Parmita, R., Ekonomi, F., Bisnis, D., Azis, A., Panca, L., & Palu, B. (2024). Analisis Fasilitas Olahraga dan Peran Pelatih Dalam Meningkatkan Prestasi Atlet Bulutangkis di Kota Palu. Kolaboratif Sains, 7(3), 1242. https://doi.org/10.56338/jks.v7i3.5095 Winario, M., Pani, A., Mairiza, D., & Assyifa, Z. (2023). Prestasi Olahraga Pada Atlet Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Riau. Journal Of Islamic Economics, Management and Business, 2(1), 102– 116. Yanti, R. E., Jambi, U., & Perut, K. O. (2024). Available online at https://www.online- journal.unja.ac.id/score. 4(1), 24–36. Zubaida, I., Fernanda, R. A., & Firdaus, W. W. N. (2022). Olahraga Kesehatan : Memasyarakatkan Olahraga Untuk Peningkatan Kesehatan. Journal Of Sport Science and Tourism Activity (JOSITA), 1(1), 11. https://doi.org/10.52742/josita.v1i1.15422 citation: Afiyah, Nurul (2025) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN ATLET TERHADAP KEPELATIHAN DAN FASILITAS DI KLUB BOLA VOLI SE-KABUPATEN SERANG TAHUN 2025. S1 thesis, Univeritas Sultan Ageng Tirtayasa. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48917/1/Nurul_888321003_CP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48917/3/Nurul_8883210003_Fultexttt.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48917/4/Nurul_8883210003_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48917/5/Nurul_8883210003_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48917/7/Nurul_8883210003_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48917/8/Nurul_8883210003_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48917/15/Nurul_8883210003_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48917/16/Nurul_8883210003_Reff.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48917/17/Nurul_8883210003_Lamp.pdf