eprintid: 48886 rev_number: 21 eprint_status: archive userid: 18110 dir: disk0/00/04/88/86 datestamp: 2025-05-21 02:10:39 lastmod: 2025-05-21 02:10:39 status_changed: 2025-05-21 02:10:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fariz, Ilma Fauziana creators_id: 7772230007 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Hidayat, Sholeh contributors_name: Rusdiyani, Isti contributors_id: 195805091984031003 contributors_id: 196402281990012001 corp_creators: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa corp_creators: Fakultas Pascasarjana corp_creators: Teknologi Pendidikan title: PENGEMBANGAN E-MODULE CARA MEMBUAT WEB INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE SITES DALAM MENYUSUN BAHAN AJAR UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMANFAATAN TIK DI YAYASAN AL HUSNA KAB. TANGERANG ispublished: pub subjects: L1 divisions: PASCA divisions: TekPem full_text_status: restricted keywords: e-module, google sites, ict competence, yayasan al husna e-module, google sites, kompetensi tik, yayasan al husna note: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh (1) Perkembangan TIK dalam pendidikan; (2) Pemanfaatan google sites dalam pembelajaran; (3) Kompetensi TIK guru di Yayasan Al Husna Kabupaten Tangerang; (4) Kebutuhan pengembangan suatu produk atau pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru di Yayasan Al Husna dalam pemanfaatan TIK. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, memvalidasi, menguji coba, menguji efektivitas, mengetahui respon guru, serta menguji kepraktisan produk e-module cara mudah membuat bahan ajar menggunakan google sites di Yayasan Al Husna Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan yaitu metode research and development dengan model pengembangan yaitu ADDIE (analyze, design, development, implementation, dan evaluation). Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi dari ahli materi menunjukkan hasil 70% sedangkan ahli media memberikan nilai sebesar 92%. Adapun hasil uji coba lapangan menunjukkan hasil sebesar 66% dengan kategori cukup efektif. Respon guru sebagai pengguna e-module menunjukkan ketertarikan yang positif, tergambar dari hasil angket guru yang mencapai penilaian 82% atau kategori sangat layak, sedangkan penilaian kepraktisan produk mendapatkan nilai sebesar 80% atau termasuk ke dalam kategori praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-module yang dikembangkan tergolong cukup efektif dan praktis, dengan respons positif dari guru sebagai pengguna. abstract: This study is motivated by (1) the development of ICT in education; (2) the role of Google Sites in learning; (3) ICT competence of teachers at Yayasan Al Husna Kabupaten Tangerang; (4) the need for product development or training to improve teachers' competence in utilizing ICT at Yayasan Al Husna. The aim of this study is to develop, validate, test, evaluate the effectiveness, gather feedback from teachers, and test the practicality of the e-module on how to create teaching materials using Google Sites at Yayasan Al Husna. The method used is research and development with the ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Data analysis techniques include both descriptive qualitative and quantitative methods. The results of the material expert validation show a score of 70%, while the media expert gives a score of 92%. The field trial results show a score of 66%, categorized as fairly effective. The teachers' response to the e-module shows a positive interest, with survey results reaching a score of 82%, categorized as very feasible, while the practicality assessment of the product received a score of 80%, categorized as practical. Based on the research, it can be concluded that the developed e-module is quite effective and practical, with positive responses from the teachers as users. date: 2025 date_type: published pages: 177 institution: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa department: Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: mphil citation: Fariz, Ilma Fauziana (2025) PENGEMBANGAN E-MODULE CARA MEMBUAT WEB INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE SITES DALAM MENYUSUN BAHAN AJAR UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMANFAATAN TIK DI YAYASAN AL HUSNA KAB. TANGERANG. Master thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48886/1/01.%20Ilma%20Fauziana%20Fariz%20_%207772230007%20_%20Full%20Text.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48886/2/03.%20Ilma%20Fauziana%20Fariz%20_%207772230007%20_%2001.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48886/3/04.%20Ilma%20Fauziana%20Fariz%20_%207772230007%20_%2002.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48886/4/05.%20Ilma%20Fauziana%20Fariz%20_%207772230007%20_%2003.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48886/5/06.%20Ilma%20Fauziana%20Fariz%20_%207772230007%20_%2004.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48886/6/07.%20Ilma%20Fauziana%20Fariz%20_%207772230007%20_%2005.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48886/7/08.%20Ilma%20Fauziana%20Fariz%20_%207772230007%20_%20Ref.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48886/8/09.%20Ilma%20Fauziana%20Fariz%20_%207772230007%20_%20Lamp.pdf