@phdthesis{eprintuntirta48885, note = {Masa remaja dipandang sebagai masa perkembangan yang unik dan kritis karena banyak terjadinya perubahan biologis, emosional, dan sosial yang drastis. Perkembangan pada masa remaja sangat berkaitan erat dengan perkembangan emosional pada remaja. Dalam perkembangan emosional ini remaja sering kali menghadapi ketidakpastian dan konflik internal, serta mencoba memahami tempat dan posisi mereka di dunia sambil berjuang untuk mencapai kemandirian. Emosi sendiri membantu remaja bertindak cepat dalam situasi yang membutuhkan repson, tetapi juga mempengharui bagaimana kita berpikir dan bertindak dalam jangka panjang. Jika remaja tidak dapat mengenali dan tidak memiliki kecerdasan pada emosi yang baik, remaja akan memilih perilaku penyimpangan yang seringkali tidak wajar atau gejala-gejala tekanan perasaan, frustasi, dan konflik internal maupun konflik eksternal pada diri inidvidu. Maka dari permasalahan tersebut penulis merasa perlunya kecerdasan emosi pada masa remaja dengan membuat projek pengembangan berupa media pembelajaran yang dihasilkan dalam bentuk permainan papan bernama KIMO : ?What Kind of Emotion? sebagai pengenalan terhadap emosi. Produk telah diuji kelayakannya dengan hasil penngembangan produk yang tercatat baik secara keseluruhan yaitu dalam kategori layak dari segi media dan materi dengan presentase hasil dari uji kelayakan produk yaitu 92,7\% yang menyatakan bahwa pengembangan permainan papan KIMO ialah media pembelajaran yang layak untuk diimplementasikan kepada siswa usia remaja.}, author = {Dewi Shinta Febriyanti}, year = {2025}, school = {UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA}, title = {PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM BENTUK PERMAINAN ?KIMO : WHAT KIND OF EMOTION? DALAM UPAYA MEMPERKENALKAN KECERDASAN EMOSI KEPADA PESERTA DIDIK}, url = {https://eprints.untirta.ac.id/48885/}, abstract = {Adolescence is seen as a unique and critical period of development because many drastic biological, emotional, and social changes occur. Development in adolescence is closely related to emotional development in adolescents. In this emotional development, adolescents often face internal conflicts and uncertainty conflicts, and try to understand their place and position in the world while struggling to achieve independence. Emotions themselves help adolescents act quickly in situations that require a response, but also affect how we think and act in the long term. If adolescents cannot recognize and do not have good emotional intelligence, adolescents will choose deviant behavior that is often unnatural or symptoms of emotional stress, frustration, and internal conflict or external conflict in themselves. So from this problem the author feels the need for emotional intelligence in adolescence by creating a development project in the form of learning media produced in the form of a board game called KIMO: "What Kind of Emotion" as an introduction to emotions. The product has been tested for its feasibility with the results of product development recorded as good overall, namely in the category of feasible in terms of media and materials with a percentage of product feasibility test results of 92.7\% which states that the development of the KIMO board game is a learning media that is feasible to be implemented for adolescent students.} }