TY - THES N2 - The urgency of this research is very much needed considering that understanding and skills in technical drawing are very much needed to prepare students to face the world of work in the automotive industry. The purpose of this study is to determine the influence of the school environment and family environment together on student learning achievement in technical drawing subjects at SMKN 7 Serang City. The method used in this study uses the ex post facto type with a quantitative approach. The population includes all students registered in class X of the Automotive Department of SMKN 7 Serang City 2022/2023. The sampling technique uses a saturated sample technique with a sample size of 31 students. Data collection was carried out using questionnaires and documentation. Data analysis was carried out using multiple linear regression techniques to see the extent to which the effective contribution of the independent variable to the dependent variable. The results of the study showed that the influence of the school environment with a T-test value of 0.555 and the influence of the family environment with a T-test value of 1.230. Simultaneously, the influence of the school environment and family environment was 1.321. In the multiple linear regression test, the effective contribution in the determination coefficient value on the school environment and family environment variables to student learning achievement is 0.086. Thus, the results of the study indicate that the determination coefficient value has a low value (below the weak category). So the independent variables in this study have no effect on the dependent variable. This can be assumed because there are other factors that are greater and affect learning achievement. M1 - sarjana AV - restricted PB - UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA Y1 - 2025/// ID - eprintuntirta48840 TI - PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X JURUSAN TKRO SMKN 7 KOTA SERANG EP - 128 N1 - Urgensi penelitian ini sangat di butuhkan mengingat pemahaman dan keterampilan dalam gambar teknik sangat diperlukan untuk mempersiapkan siswa menghadapi dunia kerja di industri otomotif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik di SMKN 7 Kota Serang. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan jenis expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi mencakup semua siswa yang terdaftar di kelas X jurusan otomotif SMKN 7 Kota Serang 2022/2023. Teknik penggambilan sampel melalui teknik sampel jenuh dengan jumlah sampel 31 siswa. Pengumpualan data dilakukan dengan menggunakn angket serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik regresi linear berganda untuk melihat sejauh mana sumbangan efektif pengaruh variabel independen terhadpap dependen. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh lingkungan sekolah dengan nilai T-test sebesar 0,555 dan pengaruh lingkungan keluarga dengan nilai T-test sebesar 1,230. Secara simultan pengaruh lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga sebesar1,321. Dalam uji regresi linear berganda, sumbangan efektif dalam nilai koefisien determinasi pada variabel lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa sebesar 0,086. Dengan demikian, hasil penelitian menunjukan bahwa nilai koefisien determinasi memiliki nilai yang rendah (dibawah kategori lemah). Maka variabel independen dalam penelitian ini tidak memiliki pengaruh terhadap variabel dependen. Hal tersebut bisa asumsikan karena adanya faktor lain yang lebih besar dan mempengaruhi prestasi belajar.? UR - https://eprints.untirta.ac.id/48840/ KW - School environment KW - family environment KW - learning achievement KW - engineering drawing Lingkungan sekolah KW - lingkungan keluarga KW - prestasi belajar KW - gambar teknik A1 - PAHRUDIN, IIP ER -