eprintid: 48810 rev_number: 25 eprint_status: archive userid: 10624 dir: disk0/00/04/88/10 datestamp: 2025-05-26 02:48:14 lastmod: 2025-05-26 02:48:14 status_changed: 2025-05-26 02:48:14 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: HUMAIROH, ZAKIYAH PUTRI creators_id: 2287200016 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: UTAMI, YUNI TANJUNG contributors_name: ASMIATI, NETI contributors_id: 198706282019032008 contributors_id: 199108252023212051 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: JURUSAN PENDIDIKAN KHUSUS title: POLA ASUH ORANG TUA DALAM KEMANDIRIAN ANAK DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL DI SKH NEGERI 02 KOTA SERANG ispublished: pub subjects: L1 subjects: LC subjects: LC5201 divisions: FKIP divisions: Khusus full_text_status: restricted keywords: Children with Intellectual Barrier, Parenting Style, Self-Development Independence. Anak dengan Hambatan Intelektual, Kemandirian, Pola Asuh Orang Tua. note: Tujuan penelitian ini untuk menapatkan gambaran pola asuh orang tua pada kemandirian anak dengan hambatan intelektual dengan menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan triangulasi dengan sistem observasi, wawancara dan dokumentasi. Menggunakan empat data primer dari 3 orang tua dan 1 guru. Hasil dari penelitian ini didapat pola asuh orang tua dalam kemandrian anak dengan hambatan intelektual pada jenjang SMAKh di SKh Negeri 02 Kota Serang yaitu kedua orang tua anak A. M dan T. Y. A menerapkan pola asuh demokrasi dan orang tua anak I. M. S menerapkan pola asuh campuran yakni pola asuh permisif, pola asuh otoriter dan pola asuh demokrasi. Berdasarkan hasil penelitian ketiga orang tua mempunyai caranya masing-masing dalam mengembangkan kemandirian hal ini dikarenakan adanya perbedaan kepercayaan, kepribadian orang tua dan penerimaan pola asuh yang pernah diterima orang tua. Namun kemandirian anak dengan hambatan intelektual dapat berkembang dengan cara orang tua yang menyesuaikan dengan kebutuhan setiap anak. Penelitian ini diharapkan dapat membantu menjadi informasi orang tua pada penerapan pola asuh dalam kemandirian anak dengan hambatan intelektual. abstract: The purpose of this study is to compare the picture of parental parenting on children's independence with intellectual barriers by using a qualitative approach of descriptive methods. The technique used in this study is to use triangulation with observation, interview, and documentation systems. Using four primary data from 3 parents and 1 teacher. The results of this study were obtained from the parenting style of parents in the education of children with intellectual barriers at the SMAKh level at SKh Negeri 02 Kota Serang, namely the parents of children A. M and T. Y. A applied democratic parenting and parents of children I. M. S applied mixed parenting, namely permissive parenting, authoritarian parenting and democratic parenting. Based on the results of the research, the three parents have their own ways of developing independence, this is due to differences in beliefs, parental personalities and acceptance of parenting styles that parents have received. However, the independence of children with intellectual barriers can develop in a way that parents adapt to the needs of each child. This research is expected to help inform parents on the application of parenting in the independence of children with intellectual barriers. date: 2025 date_type: published pages: 284 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN KHUSUS thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: HUMAIROH, ZAKIYAH PUTRI (2025) POLA ASUH ORANG TUA DALAM KEMANDIRIAN ANAK DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL DI SKH NEGERI 02 KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48810/1/Zakiyah%20Putri%20Humairoh_2287200016_LAMP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48810/3/Zakiyah%20Putri%20Humairoh_2287200016_REF.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48810/4/Zakiyah%20Putri%20Humairoh_2287200016_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48810/5/Zakiyah%20Putri%20Humairoh_2287200016_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48810/6/Zakiyah%20Putri%20Humairoh_2287200016_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48810/7/Zakiyah%20Putri%20Humairoh_2287200016_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48810/8/Zakiyah%20Putri%20Humairoh_2287200016_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48810/9/Zakiyah%20Putri%20Humairoh_2287200016_FULL%20TEXT.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48810/10/Zakiyah%20Putri%20Humairoh_2287200016_CP.pdf