eprintid: 48686 rev_number: 78 eprint_status: archive userid: 15893 dir: disk0/00/04/86/86 datestamp: 2025-05-15 01:22:42 lastmod: 2025-05-15 01:22:42 status_changed: 2025-05-15 01:22:42 type: thesis succeeds: 48644 metadata_visibility: show creators_name: RUMAPEA, RADELLA creators_id: 2284210058 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: ABIZAR, HARIS contributors_name: ABDILLAH, HAMID contributors_id: 198610062019031008 contributors_id: 198912152020121008 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: JURUSAN PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK MESIN title: PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP KETERAMPILAN 4-C PADA SISWA TEKNIK PEMESINAN DI SMKN 2 KOTA SERANG ispublished: pub subjects: L1 subjects: T1 divisions: FKIP divisions: VTM full_text_status: restricted keywords: Digital Literacy, 4-C Skills, Mechanical Engineering, Vocational Education Literasi Digital, Keterampilan 4-C, Teknik Pemesinan, Pendidikan Kejuruan note: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari literasi digital terhadap keterampilan 4-C pada siswa Teknik Pemesinan di SMKN 2 Kota Serang. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian dilakukan di SMKN 2 Kota Serang dengan menggunakan kuisioner/angket yang disebar di kelas 12 Teknik Pemesinan dengan jumlah siswa 57 dengan menggunakan rumus slovin (10%). Teknik analisis data yang dilakukan berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas dan uji regresi linear sederhana. Adapun hasil yang didapatkan bahwa R2 0,352 (35,2%) dan nilai signifikansi nya adalah 0,000 yang memiliki arti bahwa 0,000 < 0,05, sehingga Ha (Terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat literasi digital (X) dengan keterampilan 4-C (Y)). abstract: The purpose of this study was to determine the effect of digital literacy on 4-C skills in Mechanical Engineering students at SMKN 2 Serang City. This type of research is ex post facto research with a quantitative approach. The location of the study was conducted at SMKN 2 Serang City using a questionnaire distributed in class 12 of Mechanical Engineering with 57 students using the Slovin formula (10%). The data analysis techniques used were validity tests, reliability tests, normality tests, homogeneity tests, linearity tests and simple linear regression tests. The results obtained were that R2 was 0.352 (35.2%) and the significance value was 0.000 which means that 0.000 <0.05, so Ha (There is a significant influence between the level of digital literacy (X) and 4-C skills (Y)). date: 2025 date_type: published pages: 146 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK MESIN thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: RUMAPEA, RADELLA (2025) PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP KETERAMPILAN 4-C PADA SISWA TEKNIK PEMESINAN DI SMKN 2 KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48686/10/Radella%20Rumapea_2284210058_FULLTEXT.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48686/17/Radella%20Rumapea_2284210058_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48686/11/Radella%20Rumapea_2284210058_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48686/12/Radella%20Rumapea_2284210058_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48686/13/Radella%20Rumapea_2284210058_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48686/14/Radella%20Rumapea_2284210058_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48686/18/Radella%20Rumapea_2284210058_CP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48686/15/Radella%20Rumapea_2284210058_REFF.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48686/16/Radella%20Rumapea_2284210058_LAMP.pdf