%0 Thesis %9 S1 %A RUMAPEA, RADELLA %A UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, %A FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, %A JURUSAN PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK MESIN, %B PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK MESIN %D 2025 %F eprintuntirta:48686 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %K Digital Literacy, 4-C Skills, Mechanical Engineering, Vocational Education Literasi Digital, Keterampilan 4-C, Teknik Pemesinan, Pendidikan Kejuruan %P 146 %T PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP KETERAMPILAN 4-C PADA SISWA TEKNIK PEMESINAN DI SMKN 2 KOTA SERANG %U https://eprints.untirta.ac.id/48686/ %X The purpose of this study was to determine the effect of digital literacy on 4-C skills in Mechanical Engineering students at SMKN 2 Serang City. This type of research is ex post facto research with a quantitative approach. The location of the study was conducted at SMKN 2 Serang City using a questionnaire distributed in class 12 of Mechanical Engineering with 57 students using the Slovin formula (10%). The data analysis techniques used were validity tests, reliability tests, normality tests, homogeneity tests, linearity tests and simple linear regression tests. The results obtained were that R2 was 0.352 (35.2%) and the significance value was 0.000 which means that 0.000 <0.05, so Ha (There is a significant influence between the level of digital literacy (X) and 4-C skills (Y)). %Z Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari literasi digital terhadap keterampilan 4-C pada siswa Teknik Pemesinan di SMKN 2 Kota Serang. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian dilakukan di SMKN 2 Kota Serang dengan menggunakan kuisioner/angket yang disebar di kelas 12 Teknik Pemesinan dengan jumlah siswa 57 dengan menggunakan rumus slovin (10%). Teknik analisis data yang dilakukan berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas dan uji regresi linear sederhana. Adapun hasil yang didapatkan bahwa R2 0,352 (35,2%) dan nilai signifikansi nya adalah 0,000 yang memiliki arti bahwa 0,000 < 0,05, sehingga Ha (Terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat literasi digital (X) dengan keterampilan 4-C (Y)).