eprintid: 48567 rev_number: 49 eprint_status: archive userid: 21562 dir: disk0/00/04/85/67 datestamp: 2025-05-21 04:29:02 lastmod: 2025-05-21 04:29:02 status_changed: 2025-05-21 04:29:02 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RIDHO, MUHAMMAD RASYID creators_id: 2280200063 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: GUNTARA, YUDI contributors_name: HARYADI, RUDI contributors_id: 00020392205 contributors_id: 198101212024211001 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: PENDIDIKAN FISIKA title: PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BUDIDAYA IKAN LELE UNTUK MENUMBUHKAN ENTERPRENEUR BEHAVIOUR SISWA ispublished: pub subjects: L1 subjects: QC divisions: FKIP divisions: Fisika full_text_status: restricted keywords: Learning Module, Static Fluid, Catfish Farming, Entrepreneurial Behavior, Contextual Approach Modul Pembelajaran, Fluida Statis, Budidaya Ikan Lele, Perilaku Kewirausahaan, Pendekatan Kontekstual note: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran fisika berbasis budidaya ikan lele sebagai pendekatan kontekstual untuk materi fluida statis. Modul ini dirancang menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dan menumbuhkan perilaku kewirausahaan (entrepreneurial behaviour). Penilaian terhadap modul dilakukan oleh ahli materi dan media, dengan hasil skor rata-rata 87,90%, yang menunjukkan bahwa modul ini sangat layak digunakan. Uji coba modul pada peserta didik menghasilkan skor rata-rata 83%, menunjukkan respons yang sangat positif. Modul ini tidak hanya membantu siswa memahami konsep fisika dengan lebih baik, tetapi juga mendorong mereka untuk berpikir kritis, inovatif, dan berorientasi pada pengembangan keterampilan kewirausahaan. Pendekatan kontekstual yang mengintegrasikan ilmu fisika dengan kegiatan nyata seperti budidaya ikan lele memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. abstract: This study aims to develop a physics learning module based on catfish farming as a contextual approach to teaching static fluid concepts. The module is designed using the 4-D development model (Define, Design, Develop, Disseminate) to enhance students' interest in learning and foster entrepreneurial behavior. The module was assessed by material and media experts, achieving an average score of 87.90%, indicating its high feasibility for use. Trials conducted with students yielded an average score of 83%, reflecting very positive responses. The module not only helps students better understand physics concepts but also encourages them to think critically, innovate, and develop entrepreneurial skills. The contextual approach, integrating physics with real-world activities such as catfish farming, provides meaningful and relevant learning experiences connected to everyday life. date: 2025 date_type: published pages: 143 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN FISIKA thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: RIDHO, MUHAMMAD RASYID (2025) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BUDIDAYA IKAN LELE UNTUK MENUMBUHKAN ENTERPRENEUR BEHAVIOUR SISWA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48567/12/Muhammad%20Rasyid%20Ridho_2280200063_FULL%20TEXT.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48567/13/Muhammad%20Rasyid%20Ridho_2280200063_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48567/1/Muhammad%20Rasyid%20Ridho_2280200063_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48567/2/Muhammad%20Rasyid%20Ridho_2280200063_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48567/5/Muhammad%20Rasyid%20Ridho_2280200063_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48567/4/Muhammad%20Rasyid%20Ridho_2280200063_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48567/6/Muhammad%20Rasyid%20Ridho_2280200063_REF.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48567/8/Muhammad%20Rasyid%20Ridho_2280200063_LAMP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48567/9/Muhammad%20Rasyid%20Ridho_2280200063_CP.pdf