eprintid: 48560 rev_number: 19 eprint_status: archive userid: 4620 dir: disk0/00/04/85/60 datestamp: 2025-05-07 07:02:08 lastmod: 2025-05-07 07:02:08 status_changed: 2025-05-07 07:02:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Shofiyah, Ayu creators_id: 4441210002 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: GUNAWAN, GUGUN contributors_name: ASTUTI, ANDJAR contributors_id: 196211102000121001 contributors_id: 196005311986112001 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS PERTANIAN corp_creators: JURUSAN AGRIBISNIS title: STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA MIKRO PRODUK KUE DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING (Studi Kasus Pada Usaha Mikro Produk Kue Hiimisu di Kecamatan Serang, Kota Serang) ispublished: pub subjects: S1 divisions: FAPERTA divisions: Agri full_text_status: restricted keywords: Marketing Strategy, Competitiveness, MSMEs, note: UMKM merupakan salah satu sektor yang mampu menggerakkan laju pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dikarenakan UMKM berpotensi mengembangkan sektor ekonomi masyarakat sekitar, salah satunya perkembangan UMKM di Pulau Jawa tepatnya Kota Serang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran pada usaha mikro produk kue dalam meningkatkan daya saing di Kota Serang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Metode penentuan responden yang digunakan yaitu purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 10 orang diantaranya: satu orang pemilik usaha, dua orang karyawan dan tujuh orang konsumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu matriks IFE & EFE, IE, SWOT dan analisis QSPM. Dari hasil penelitian diketahui bahwa skor rata-rata tertimbang untuk IFE adalah 2,85 sedangkan skor rata-rata EFE adalah 3,27. Skor tersebut kemudian digunakan untuk menentukan posisi usaha dalam matriks IE, sehingga diperoleh posisi growth atau tahap pertumbuhan. Kemudian dilakukan analisis SWOT untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi berdasarkan komposisi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Strategi yang diperoleh dari hasil analisis SWOT kemudian di urutkan melalui analisis QSPM untuk menentukan strategi prioritas yang harus diterapkan. Setelah melakukan perhitungan analisis QSPM, strategi prioritas yang harus didahulukan oleh UMKM Hii.Misu adalah strategi pengembangan pasar dengan nilai TAS tertinggi yaitu 5,692. Strategi ini memungkinkan UMKM untuk menjangkau pasar di luar kota dengan produk bercita rasa autentik melalui pemasaran media sosial. abstract: Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) play a pivotal role in driving Indonesia's economic growth, particularly through their capacity to enhance the economic landscape of local communities. This study focuses on the development of MSMEs in Serang City, located on the island of Java, specifically analyzing marketing strategies employed by micro-businesses in the cake sector to enhance their competitiveness. The research adopts a qualitative methodology, utilizing purposive sampling to select a total of ten respondents, which includes one business owner, two employees, and seven consumers. Data analysis is conducted using several strategic tools, including the Internal Factor Evaluation (IFE) and External Factor Evaluation (EFE) matrices, as well as the Internal-External (IE) matrix, SWOT analysis, and Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) analysis. The findings reveal that the weighted average score for the IFE is 2.85, while the average score for the EFE is 3.27. These scores are instrumental in determining the business's position within the IE matrix, indicating its growth and build. A subsequent SWOT analysis identifies and examines strategies based on the business's strengths, weaknesses, opportunities, and threats. The strategies derived from the SWOT analysis are then prioritized using the QSPM analysis, revealing that the foremost priority strategy for UMKM Hii.Misu is market development, which has the highest Total Attractiveness Score (TAS) of 5.692. This strategy enables UMKM to expand its reach to external markets by leveraging social media marketing to promote its authentic products. date: 2025 date_type: published pages: 80 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: AGRIBISNIS thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: Shofiyah, Ayu (2025) STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA MIKRO PRODUK KUE DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING (Studi Kasus Pada Usaha Mikro Produk Kue Hiimisu di Kecamatan Serang, Kota Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48560/1/Ayu%20Shofiyah_4441210002_Full%20text.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48560/2/Ayu%20Shofiyah_4441210002_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48560/3/Ayu%20Shofiyah_4441210002_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48560/4/Ayu%20Shofiyah_4441210002_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48560/5/Ayu%20Shofiyah_4441210002_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48560/6/Ayu%20Shofiyah_4441210002_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48560/7/Ayu%20Shofiyah_4441210002_ref.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48560/8/Ayu%20Shofiyah_4441210002_Lamp.pdf