@phdthesis{eprintuntirta48525, author = {DIAN AMI ASTUTI}, year = {2025}, title = {PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP EMPATI SEJARAH SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 BAYAH}, school = {UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA}, note = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran role playing (bermain peran) terhadap empati sejarah siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bayah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design, yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Adapun populasi penelitian yang digunakan yaitu kelas XI SMA Negeri 1 Bayah. Dari populasi tersebut diambil sampel penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu metode pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu, sehingga diperoleh sampel penelitian yaitu kelas XI-4 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran role playing dan kelas XI-6 sebagai kelas kontrol menggunakan model discovery learning. Ada empat indikator empati sejarah dalam penelitian ini diantaranya making personal connection, imajinasi, kesediaan untuk mendengar dan mengakui perspektif orang lain, dan menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam peristiwa sejarah di kehidupan sehari-hari. Analisis data yang digunakan untuk pembuktian hipotesis menggunakan uji independent sample t-test, dengan kriteria berhasil apabila nilai sig. (2-tiled) {\ensuremath{<}} 0,05. Dari hasil pengujian diperoleh hasil sig. (2-tiled) 0,042 {\ensuremath{<}} 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran role playing (bermain peran) terhadap empati sejarah siswa. Hal tersebut menunjukan bahwa kemampuan empati sejarah siswa dengan menggunakan model pembelajaran role playing lebih tinggi dibandingkan dengan model discovery learning. Dengan perolehan nilai pada salah satu indikator empati sejarah yaitu indikator menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam peristiwa sejarah di kehidupan sehari-hari pada kelas eksperimen sebesar 86\% lebih unggul dari pada kelas kontrol sebesar 81\%.}, url = {https://eprints.untirta.ac.id/48525/}, abstract = {This study aims to determine the effect of role playing learning model on historical empathy of grade XI students at SMA Negeri 1 Bayah. The research method used in this research is quasi experimental method with Nonequivalent Control Group Design, which consists of experimental group and control group. The research population used was class XI of SMA Negeri 1 Bayah. From the population, the research sample was taken using purposive sampling technique, which is a sampling method with certain considerations, so that the research sample was obtained, namely class XI-4 as an experimental class using role playing learning model and class XI-6 as a control class using discovery learning model. There are four indicators of historical empathy in this study including making personal connections, imagination, willingness to listen and recognize other people's perspectives, and applying the values contained in historical events in everyday life. Data analysis used to prove the hypothesis using the independent sample t-test, with the criteria for success if the sig value. (2-tiled) {\ensuremath{<}} 0.05. From the test results obtained sig. (2-tiled) 0.042 {\ensuremath{<}}0.05 then H0 is rejected and Ha is accepted. Thus, it can be concluded that there is an effect of using the role playing learning model on students' historical empathy. This shows that the ability of historical empathy of students using the role playing learning model is higher than the discovery learning model. With the acquisition of values on one of the indicators of historical empathy, namely the indicator of applying the values contained in historical events in everyday life in the experimental class of 86\% superior to the control class of 81\%.}, keywords = {Learning Model, Role Playing, Historical Empathy, High School Model Pembelajaran, Role Playing, Empati Sejarah, SMA} }