@phdthesis{eprintuntirta48524, note = {Tantangan dalam membagi waktu membuat single parent kesulitan dalam memberikan pola asuh yang optimal, sehingga berdampak pada motivasi belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh pada single parent terhadap motivasi belajar anak di Kampung Tanah Tinggi, Kelurahan Semanan, Jakarta Barat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan jenis survei. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 20 orang tua single parent yang memiliki anak yang masih sekolah dan 25 anak dari keluarga single parent yang masih sekolah. Kriteria responden yang peneliti gunakan yaitu orang tua single parent dengan pendapatan yang relatif rendah atau cukup. Pada penelitian ini pengumpulan data melalui kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Teori yang digunakan yaitu teori tindakan sosial Max Weber. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana, uji signifikansi parsial (uji t), dan uji koefisien determinasi (R?), dengan melakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dan uji linearitas dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh single parent memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar anak di Kampung Tanah Tinggi, Kelurahan Semanan, Jakarta Barat. Berdasarkan uji regresi linier sederhana diperoleh nilai constant (a) sebesar 19,596 dan nilai pola asuh pada single parent (b/koefisien regresi) sebesar 0,449. Hasil uji signifikansi parsial (uji t) menunjukkan bahwa nilai thitung 3,606 {\ensuremath{>}} ttabel 1,734 dengan nilai signifikansi 0,002 {\ensuremath{<}} 0,05. Selain itu, pola asuh single parent memiliki pengaruh sebesar 41,9\% terhadap motivasi belajar anak berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R?) yang telah dilakukan. Dari hasil penelitian ini, tindakan pola asuh pada single parent dan tindakan anak sebagai respon dari pola asuh yang dilakukan oleh orang tuanya berkaitan dengan motivasi belajar anak dapat dikategorikan ke dalam tipe-tipe tindakan sosial Max Weber.}, author = {FARHAN SYARIF HIDAYATULOH}, year = {2025}, title = {PENGARUH POLA ASUH PADA SINGLE PARENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI KAMPUNG TANAH TINGGI, KELURAHAN SEMANAN, JAKARTA BARAT}, school = {UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA}, url = {https://eprints.untirta.ac.id/48524/}, abstract = {The challenge in dividing time makes it difficult for single parents to provide optimal parenting patterns, which has an impact on children's learning motivation. This study aims to determine the effect of parenting patterns on single parents on children's learning motivation in Kampung Tanah Tinggi, Semanan Urban Village, West Jakarta. The approach used in this study is quantitative with a survey type. The population in this study was 20 single parents who had children who were still in school and 25 children from single parent families who were still in school. The respondent criteria used by the researcher were single parents with relatively low or sufficient income. In this study, data collection was through questionnaires, observation, and documentation. The theory used is Max Weber's social action theory. The data analysis technique used a simple linear regression test, partial significance test (t-test), and coefficient of determination test (R?), by conducting prerequisite tests first, namely normality test and linearity test using SPSS version 25. The results showed that single parent parenting patterns have a positive and significant effect on children's learning motivation in Kampung Tanah Tinggi, Semanan Urban Village, West Jakarta. Based on the simple linear regression test, the constant value (a) was 19,596 and the parenting value for single parents (b/regression coefficient) was 0,449. The results of the partial significance test (t-test) showed that the t-value was 3,606{\ensuremath{>}} t-table 1,734 with a significance value of 0,002 {\ensuremath{<}}0,05. In addition, single parent parenting has an influence of 41,9\% on children's learning motivation based on the results of the determination coefficient test (R?) that has been carried out. From the results of this study, parenting actions for single parents and children's actions as a response to parenting patterns carried out by their parents related to children's learning motivation can be categorized into Max Weber's types of social actions.}, keywords = {Children, Learning Motivation, Parenting, Single Parent Anak, Motivasi Belajar, Pola Asuh, Single Parent} }