eprintid: 48500 rev_number: 21 eprint_status: archive userid: 10004 dir: disk0/00/04/85/00 datestamp: 2025-05-08 02:42:37 lastmod: 2025-05-08 02:42:37 status_changed: 2025-05-08 02:42:37 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: AWALIA, ASIH creators_id: 2283210002 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: CAHYONO, BAGUS DWI contributors_name: IRWANTO, IRWANTO contributors_id: 199007062020121010 contributors_id: 201808032163 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: JURUSAN PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRO title: PENGARUH METODE JIGSAW, KEAKTIFAN KELAS DAN TINGKAT PEMAHAMAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM ROBOTIK DI SMKN 8 KOTA TANGERANG ispublished: pub subjects: L1 subjects: LB divisions: FKIP divisions: VTE full_text_status: restricted keywords: Jigsaw Method, Class Activity, Level of Understanding, Learning Outcomes. Metode Jigsaw, Keaktifan Kelas, Tingkat Pemahaman, Hasil Belajar. note: Pendidikan menjadi dasar utama dalam pembentukan sumber daya manusia unggul yang mampu bersaing di era Revolusi Industri 4.0 dan Teknologi 5.0, dengan SMKN 8 Kota Tangerang memiliki peran penting dalam mempersiapkan siswa menghadapi tantangan teknologi seperti sistem robotik. Namun, pembelajaran di bidang ini masih didominasi metode ceramah satu arah yang membuat siswa kurang aktif, mengurangi tingkat pemahaman, dan keaktifan mereka. Sebagai solusi, metode pembelajaran Jigsaw menawarkan pendekatan kolaboratif untuk meningkatkan keterlibatan siswa, memperdalam pemahaman, keaktifan kelas dan mengoptimalkan hasil belajar. Penelitian ini berupaya untuk melihat pengaruh metode pembelajaran Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar yang terkait dengan sistem robotik, selain itu untuk melihat pengaruh antara keaktifan kelas dan tingkat pemahaman terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian dilakukan menggunakan desain kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif melibatkan dua kelas, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25 dan Microsoft Excel. Berdasarkan hasil penelitian didapat, (1) Hasil uji regresi sederhana menunjukkan bahwa variabel keaktifan kelas memiliki nilai signifikansi sebesar 0.00 < 0.05. bahwa keaktifan kelas berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Nilai R square sebesar 0.810 mengindikasikan bahwa keaktifan kelas memberikan kontribusi sebesar 81% terhadap variabilitas hasil belajar siswa. (2) Hasil analisis regresi sederhana untuk tingkat pemahaman menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0.00 < 0.05, yang berarti tingkat pemahaman berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar. Nilai R square sebesar 0.787 menunjukkan bahwa tingkat pemahaman memberikan pengaruh sebesar 78.7% terhadap hasil belajar siswa. (3) Hasil uji regresi ganda menunjukkan bahwa keaktifan kelas dan tingkat pemahaman secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar, dengan nilai signifikansi 0.00. Nilai R square sebesar 0.856 menunjukkan bahwa kombinasi kedua variabel ini berkontribusi sebesar 85.6% terhadap hasil belajar siswa. (4) Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa penerapan metode jigsaw memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Nilai signifikansi sebesar 0.00 mendukung kesimpulan bahwa metode ini efektif meningkatkan hasil belajar. Tidak ada penurunan skor pada posttest, dan mayoritas siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata peringkat positif sebesar 32.00. abstract: Education is the main basis in the formation of superior human resources who are able to compete in the era of the Industrial Revolution 4.0 and Technology 5.0, with SMKN 8 Tangerang City having an important role in preparing students to face technological challenges such as robotic systems. However, learning in this field is still dominated by the one-way lecture method which makes students less active, reducing their level of understanding, and activeness. As a solution, the Jigsaw learning method offers a collaborative approach to increase student engagement, deepen understanding, class liveliness and optimize learning outcomes. This research seeks to see the effect of the Jigsaw learning method in improving learning outcomes related to robotic systems, in addition to seeing the influence between class liveliness and level of understanding on student learning outcomes. The research was conducted using a quasi-experimental design with a quantitative approach involving two classes, namely the experimental class and the control class. Data analysis was carried out using SPSS software version 25 and Microsoft Excel. Based on the research results obtained, (1) The results of the simple regression test show that the class activeness variable has a significance value of 0.00 < 0.05. that class activeness has a significant effect on learning outcomes. The R square value of 0.810 indicates that class activity contributes 81% to the variability of student learning outcomes. (2) The simple regression analysis results for the level of understanding resulted in a significance value of 0.00 < 0.05, which means that the level of understanding has a significant effect on learning outcomes. The R square value of 0.787 indicates that the level of understanding has an influence of 78.7% on student learning outcomes. (3) The results of the multiple regression test show that class activeness and level of understanding simultaneously have a significant effect on learning outcomes, with a significance value of 0.00. The R square value of 0.856 indicates that the combination of these two variables contributes 85.6% to student learning outcomes. (4) Wilcoxon test results show that the application of the jigsaw method has a significant effect on student learning outcomes. The significance value of 0.00 supports the conclusion that this method effectively improves learning outcomes. There was no decrease in scores on the posttest, and the majority of students experienced an increase with an average positive rating of 32.00. date: 2025 date_type: published pages: 227 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRO thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: AWALIA, ASIH (2025) PENGARUH METODE JIGSAW, KEAKTIFAN KELAS DAN TINGKAT PEMAHAMAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM ROBOTIK DI SMKN 8 KOTA TANGERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48500/1/ASIH%20AWALIA_2283210002_FULL%20TEXT.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48500/2/ASIH%20AWALIA_2283210002_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48500/3/ASIH%20AWALIA_2283210002_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48500/4/ASIH%20AWALIA_2283210002_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48500/5/ASIH%20AWALIA_2283210002_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48500/6/ASIH%20AWALIA_2283210002_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48500/7/ASIH%20AWALIA_2283210002_REFF.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48500/9/ASIH%20AWALIA_2283210002_LAMP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48500/8/ASIH%20AWALIA_2283210002_CP.pdf