@phdthesis{eprintuntirta48499, author = {FADEL MONTOYA}, year = {2025}, school = {UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA}, title = {PENGEMBANGAN TRAINER KIT ELEKTRONIKA DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KONSEP DASAR KELISTRIKAN DAN ELEKTRONIKA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN}, note = {Proses pembelajaran merupakan pondasi utama dalam membentuk kompetensi siswa, terutama di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang menekankan keseimbangan antara teori dan praktik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa trainer kit elektronika digital untuk meningkatkan pemahaman konsep dasar listrik dan elektronika khususnya siswa kelas X jurusan Elektronika Industri di SMKN 8 Kota Tangerang. untuk menjawab masalah pengetahuan siswa dalam mengenal komponen dalam pembelajaran elemen konsep dasar kelistrikan dan elektronika belum optimal karena siswa tidak diperkenalkan serta memperoleh praktik menggunakan hardware atau alat peraga secara langsung dan karena pada proses pembelajaran praktik terbatas hanya menggunakan laptop yang dimiliki guru saja maka pembelajaran menyita waktu yang cukup lama. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R\&D) dengan model pengembangan 4-D yang meliputi tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Data dikumpulkan melalui wawancara, kuesioner, validasi ahli media serta materi dengan menggunakan formula Aiken's V untuk mengukur validitas isi instrumen. Hasil validasi menunjukkan nilai Aiken's V rata-rata sebesar 0,948 untuk media dan 0,944 untuk materi, keduanya termasuk dalam kategori ?sangat valid?. Uji kelayakan media oleh para ahli memperoleh nilai rata-rata 138,3, sedangkan kelayakan materi oleh para ahli memberikan nilai rata-rata 99,6. Responden siswa memberikan skor rata-rata 68,5 dari total skor 2057, yang menunjukkan media berada pada kategori ?sangat layak?. Temuan ini menunjukkan bahwa trainer kit yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa secara praktis dan kontekstual.}, keywords = {Media pembelajaran, Elektronika Digital, 4D, Elektronika Digital, Trainer Kit, Pengembangan, Sekolah Menengah Kejuruan Media pembelajaran, Elektronika Digital, 4D, Elektronika Digital, Trainer Kit, Pengembangan, Sekolah Menengah Kejuruan}, abstract = {The learning process is the main foundation in shaping student competence, especially in Vocational High Schools (SMK) which emphasize the balance between theory and practice. This study aims to develop learning media in the form of a digital electronics trainer kit to improve understanding of the basic concepts of electricity and electronics, especially class X students majoring in Industrial Electronics at SMKN 8 Tangerang City. to answer the problem of students' knowledge in recognizing components in learning the elements of the basic concepts of electricity and electronics is not optimal because students are not introduced and get practice using hardware or props directly and because the practical learning process is limited to using only the teacher's laptop, learning takes a long time. This research uses the Research and Development (R\&D) method with the 4-D development model which includes defining, designing, developing, and disseminating stages. Data was collected through interviews, questionnaires, media and material expert validation using Aiken's V formula to measure the content validity of the instrument. The validation results showed an average Aiken's V value of 0.948 for the media and 0.944 for the material, both of which were included in the ?very valid? category. The media feasibility test by experts obtained an average score of 138.3, while the material feasibility by experts gave an average score of 99.6. Student respondents gave an average score of 68.5 out of a total score of 2057, which indicates the media is in the ?very feasible? category. These findings indicate that the trainer kit developed is effective in increasing learner engagement and understanding in a practical and contextual manner.}, url = {https://eprints.untirta.ac.id/48499/} }