%X The researcher applied Project Based Learning model to train students' chronological thinking skills at SMKN 11 Pandeglang through making timeline media project. The purpose to be achieved in this study is to determine the effect of project-based learning (PjBL) model on students' chronological thinking skills at SMKN 11 Pandeglang. The methodology used in the research is a quasi-experimental method with a “nonequivalent control design” which consists of two class groups, namely the experimental class and the control class. The research population used is class XI students of SMKN 11 Pandeglang. From the population, the research sample was taken using purposive sampling technique which is a sampling technique with certain considerations, so that the research sample was obtained, namely class XI PPLG 2 as an experimental class using a project-based learning model and class XI PPLG 1 as a control class using a discovery learning model. Statistical data analysis used in proving the hypothesis using the independent sample t-test formula with the criteria for success if t_count> t_table (2.052) with a significance value (2-tailed) <0.05. The results obtained from this study are t_hitung of 6.700> 2.052 with a sig value. (2-tailed) of 0.000 <0.05 then H_a is accepted and H_0 is rejected. Thus, it can be concluded that the project-based learning model has an influence on students' chronological thinking ability. This shows that the students' chronological thinking ability using the project-based learning model is higher than the discovery learning model seen from the acquisition of the average student score after the test in the experimental class of 82.44 and the control class of 72.48. The indicators of chronological thinking skills tested in this study are the ability to understand the concept of time, the ability to read the timeline, the ability to distinguish between past, present and future, the ability to sequence historical events, and the ability to connect cause and effect in historical events. %A MESAYU SOFIANA HABIB %L eprintuntirta48470 %K Learning Model, Project Based Learning, Chronological Thinking Ability Model Pembelajaran, Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kronologis %O Peneliti menerapkan model Project Based Learning untuk melatih kemampuan berpikir kronologis siswa di SMKN 11 Pandeglang melalui pembuatan proyek media timeline. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model project based learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kronologis siswa di SMKN 11 Pandeglang. Metodologi yang digunakan dalam penelitian adalah metode quasi eksperimen dengan desain “nonequivalent control design” yang terdiri dari dua kelompok kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun populasi penelitian yang digunakan yaitu siswa kelas XI SMKN 11 Pandeglang. Dari populasi tersebut diambil sampel penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling yakni teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, sehingga diperoleh sampel penelitian yaitu kelas XI PPLG 2 sebagai kelas eksperimen menggunakan model project based learning dan kelas XI PPLG 1 sebagai kelas kontrol menggunakan model discovery learning. Analisis data statsitik yang digunakan dalam pembuktian hipotesis menggunakan rumus independent sample t-test dengan kriteria berhasil apabila t_hitung > t_tabel (2,052) dengan nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu t_hitung sebesar 6,700 > 2,052 dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka H_a diterima dan H_0 ditolak. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran project based learning memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kronologis siswa. Hal tersebut menunjukan bahwa kemampuan berpikir kronologis siswa dengan menggunakan model project based learning lebih tinggi dibandingkan dengan model discovery learning dilihat dari perolehan rata rata skor siswa setelah tes pada kelas eksperimen sebesar 82,44 dan kelas kontrol sebesar 72,48. Adapun indikator kemampuan berpikir kronologis yang diujikan dalam penelitian ini yaitu kemampuan mamahami konsep waktu, kemampuan membaca timeline, kemampuan membedakan masa lalu, masa kini dan masa datang, kemampuan mengurutkan peristiwa sejarah, serta kemampuan menghubungkan antara sebab dan akibat dalam peristiwa sejarah. %D 2025 %T PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRONOLOGIS SISWA DI SMKN 11 PANDEGLANG %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA