%I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %X Critical thinking and problem solving are essential skills in the 21st century. However, the evaluation results at SMPN 2 Rangkasbitung showed the low ability of students in these aspects. Conventional learning models are considered less effective in improving understanding and problem-solving skills %O Kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah merupakan keterampilan esensial di abad ke-21. Namun, hasil evaluasi di SMPN 2 Rangkasbitung menunjukkan rendahnya kemampuan siswa dalam aspek tersebut. Model pembelajaran konvensional dinilai kurang efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan pemecahan masalah. Problem-Based Learning (PBL) yang terintegrasi dengan laboratorium virtual PhET menjadi alternatif inovatif yang dapat membantu siswa memahami konsep abstrak dalam sains, khususnya energi %D 2025 %A INDAH LASTARI SIREGAR %L eprintuntirta48448 %K problem-based learning, PhET, self-efficacy, problem solving, science problem-based learning, PhET, self-efficacy, pemecahan masalah, IPA. %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERINTEGRASI LABORATORIUM VIRTUAL (PhET) DAN SELF-EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH IPA DI SMPN 2 RANGKASBITUNG