TY - THES A1 - LASTARI SIREGAR, INDAH EP - 303 N2 - Critical thinking and problem solving are essential skills in the 21st century. However, the evaluation results at SMPN 2 Rangkasbitung showed the low ability of students in these aspects. Conventional learning models are considered less effective in improving understanding and problem-solving skills AV - restricted TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERINTEGRASI LABORATORIUM VIRTUAL (PhET) DAN SELF-EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH IPA DI SMPN 2 RANGKASBITUNG PB - UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA Y1 - 2025/// KW - problem-based learning KW - PhET KW - self-efficacy KW - problem solving KW - science problem-based learning KW - PhET KW - self-efficacy KW - pemecahan masalah KW - IPA. N1 - Kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah merupakan keterampilan esensial di abad ke-21. Namun, hasil evaluasi di SMPN 2 Rangkasbitung menunjukkan rendahnya kemampuan siswa dalam aspek tersebut. Model pembelajaran konvensional dinilai kurang efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan pemecahan masalah. Problem-Based Learning (PBL) yang terintegrasi dengan laboratorium virtual PhET menjadi alternatif inovatif yang dapat membantu siswa memahami konsep abstrak dalam sains, khususnya energi ID - eprintuntirta48448 M1 - masters UR - https://eprints.untirta.ac.id/48448/ ER -