%0 Thesis %9 Master %A LASTARI SIREGAR, INDAH %A UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, %A PASCASARJANA, %A MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN, %B MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN %D 2025 %F eprintuntirta:48448 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %K problem-based learning, PhET, self-efficacy, problem solving, science problem-based learning, PhET, self-efficacy, pemecahan masalah, IPA. %P 303 %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERINTEGRASI LABORATORIUM VIRTUAL (PhET) DAN SELF-EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH IPA DI SMPN 2 RANGKASBITUNG %U https://eprints.untirta.ac.id/48448/ %X Critical thinking and problem solving are essential skills in the 21st century. However, the evaluation results at SMPN 2 Rangkasbitung showed the low ability of students in these aspects. Conventional learning models are considered less effective in improving understanding and problem-solving skills %Z Kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah merupakan keterampilan esensial di abad ke-21. Namun, hasil evaluasi di SMPN 2 Rangkasbitung menunjukkan rendahnya kemampuan siswa dalam aspek tersebut. Model pembelajaran konvensional dinilai kurang efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan pemecahan masalah. Problem-Based Learning (PBL) yang terintegrasi dengan laboratorium virtual PhET menjadi alternatif inovatif yang dapat membantu siswa memahami konsep abstrak dalam sains, khususnya energi