%0 Thesis %9 S1 %A Aulia Rivani, Fitra %A UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, %A FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, %A JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS, %B PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS %D 2025 %F eprintuntirta:48392 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %K Analytical Exposition Text, TikTok English Video, Writing Skills %P 180 %T THE INFLUENCE OF TIKTOK ENGLISH VIDEOS TOWARD STUDENTS’ WRITING SKILL IN ANALYTICAL EXPOSITION TEXT %U https://eprints.untirta.ac.id/48392/ %X The objective of this study is to investigate how eleventh grade students at SMAN 6 Serang's competence with English TikTok videos influences their skills to write analytical exposition texts. This study was conducted using a quasi-experimental methodology. Each experimental and control group consisted of 25 students, and the sample was chosen using purposive sampling. The control group received instruction using conventional techniques, whereas the experimental group watched English-language TikTok videos as a learning media. The results of the study demonstrated that the experimental group had a higher mean post-test score (80.76) than the control group (75.16). Significant results were obtained by the Independent Sample T-Test, with a Sig. value (2-tailed) <0.001. Furthermore, the effect size was determined to be 1.08, which is high by Cohen's standards. The study's findings show that English TikTok videos can be an effective media for helping students develop their skills in writing, particularly when it comes to crafting writings that provide critical exposition, specifically in analytical exposition text. It is suggested that teachers explore TikTok as an extra platform to deliver pertinent educational content in a more dynamic and captivating manner. %Z Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana kompetensi siswa kelas sebelas di SMAN 6 Serang dengan video TikTok berbahasa Inggris mempengaruhi keterampilan mereka dalam menulis teks eksposisi analitis. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metodologi kuasi-eksperimen. Masing-masing kelompok eksperimen dan kontrol terdiri dari 25 siswa, dan sampel dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Kelompok kontrol menerima pengajaran dengan menggunakan teknik konvensional, sedangkan kelompok eksperimen menonton video TikTok berbahasa Inggris sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memiliki nilai rata-rata post-test yang lebih tinggi (80,76) daripada kelompok kontrol (75,16). Hasil yang signifikan diperoleh dengan uji Independent Sample T-Test, dengan nilai Sig. (2-tailed) < 0,001. Selain itu, ukuran efek ditentukan sebesar 1,08, yang termasuk tinggi menurut standar Cohen. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa video TikTok berbahasa Inggris dapat menjadi media yang efektif untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan mereka dalam menulis, terutama dalam membuat tulisan yang memberikan eksposisi kritis, khususnya dalam teks eksposisi analitis. Disarankan agar para guru mengeksplorasi TikTok sebagai platform tambahan untuk menyampaikan konten pendidikan yang relevan dengan cara yang lebih dinamis dan menarik.