%0 Thesis %9 S1 %A RAHMAWATI, NURUL %A UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, %A FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, %A JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS, %B PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS %D 2025 %F eprintuntirta:48389 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %K Video Recording Task, Speaking Skills, Quasi-experimental Research %P 99 %T THE INFLUENCE OF VIDEO RECORDING TASK TOWARD STUDENTS’ SPEAKING SKILLS AT SMP PGRI 2 PINANG TANGERANG %U https://eprints.untirta.ac.id/48389/ %X The purpose of this study is to investigate the effect of video recording tasks on speech skills of seventh grade students at SMP PGRI 2 Pinang Tangerang. This study used a quantitative approach with a quasi-experimental design. A total of 63 grades of SMP PGRI 2 Pinang were selected as samples using the total sample acceptance technique. Participants were divided into two groups: experimental and control groups. The experimental group received instructions on video recording tasks and the control group continued traditional textbook-based learning. Data collection was conducted by oral performance, consisting of pre-tests and post-tests. Pretests were administered to both groups to determine initial language skills before treatment. After the intervention, both groups were given a post-test to assess improvement in speech skills. Data analysis was performed using IBM SPSS version 26. The results before testing were 0.651, which exceeded the 0.05 threshold. This indicates that there is no significant difference in the initial speech between the two groups. However, the post-test significance was 0,000, below 0.05, indicating a statistically significant difference between the post-treatment experimental group and the control group. These results suggest that the use of video record tasks was positively affected by the speech skills of seventh grade students at SMP PGRI 2 Pinang Tangerang. %Z Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh tugas rekaman video terhadap keterampilan berbicara siswa kelas tujuh di SMP PGRI 2 Pinang Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-eksperimental. Sebanyak 63 kelas SMP PGRI 2 Pinang dipilih sebagai sampel dengan menggunakan teknik penerimaan sampel total. Peserta dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kontrol. Kelompok eksperimen menerima instruksi tentang tugas perekaman video dan kelompok kontrol melanjutkan pembelajaran berbasis buku teks tradisional. Pengumpulan data dilakukan dengan tes lisan yang terdiri dari tes awal dan tes akhir. Tes awal diberikan kepada kedua kelompok untuk menentukan keterampilan bahasa awal sebelum perlakuan. Setelah intervensi, kedua kelompok diberikan tes akhir untuk menilai peningkatan keterampilan berbicara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan IBM SPSS versi 26. Hasil sebelum pengujian adalah 0,651, yang melebihi ambang batas 0,05. Ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dalam tes awal antara kedua kelompok. Namun, signifikansi pasca-uji adalah 0,000, di bawah 0,05, tes pasca perlakuan menunjukkan perbedaan yang signifikan secara statistik antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan tugas rekaman video berdampak positif terhadap keterampilan berbicara siswa kelas tujuh di SMP PGRI 2 Pinang Tangerang.