eprintid: 48373 rev_number: 21 eprint_status: archive userid: 4993 dir: disk0/00/04/83/73 datestamp: 2025-05-02 06:44:19 lastmod: 2025-05-02 06:44:19 status_changed: 2025-05-02 06:44:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RIZKI CAHYA AWLIA, DZIKRI creators_id: 2288190036 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: MARYUNI, YUNI contributors_name: PERMANA PUTRA, ARIF contributors_id: 198106192010122003 contributors_id: 198707292023211013 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: JURUSAN PENDIDIKAN SEJARAH title: EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI SMA NEGERI 1 CARENANG ispublished: pub subjects: LA divisions: FKIP divisions: Sejarah full_text_status: restricted keywords: Creative Thinking, Learning Media, Augmented Reality. Berpikir Kreatif, Media Pembelajaran, Augmented Reality. note: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran berbasis Augmented Reality dalam meningkatan kemampuan berpikir siswa pada mata pelajaran sejarah Indonesia di SMA Negeri 1 Carenang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan kelas XI IPS 2 sebanyak 43 siswa sebagai kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran berbasis Augmented Reality. Pemilihan sampel didasarkan pada perolehan nilai rata-rata penilaian tengah semester. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Terdapat peningkatan indikator kemampuan berpikir kreatif setelah menggunakan media pembelajaran berbasis Augmented Reality dalam aspek kemampuan berpikir luwes, berpikir elaborasi dan berpikir orisinal. (2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang signifikan setelah menggunakan media pembelajaran berbasis Augmented Reality pada pembelajaran sejarah peminatan kelas XI. Dapat dilihat dari nilai Sig. 2 Tailed sebesar 0,000 < 0,05 dan thitung = 19,792 > ttabel = 1,681 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Oleh karena itu terjadi peningkatan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas XI SMA Negeri 1 Carenang setelah menggunakan media pembelajaran berbasis Augmented Reality. Media pembelajaran berbasis Augmented Reality dapat digunakan sebagai media alternatif pelaksanaan pembelajaran sejarah Indonesia pada materi peran tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. abstract: This research aims to determine the effectiveness of Augmented Reality-based learning media in enhancing students' thinking skills in Indonesian history subjects at SMA Negeri 1 Carenang. The method used in this research is a quasi-experimental design employing a pretest-posttest control group design. The sampling technique in this study is purposive sampling, with class XI IPS 2 consisting of 43 students as the experimental class using Augmented Reality-based learning media. The sample selection is based on the average scores obtained from the mid-semester assessments. The results of this study are: (1) There is an increase in the indicators of creative thinking skills after using Augmented Reality-based learning media in the aspects of flexible thinking, elaborative thinking, and original thinking. (2) There is a significant difference in the improvement of students' creative thinking skills after using Augmented Reality-based learning media in history lessons for class XI. This can be seen from the Sig. 2 Tailed value of 0.000 < 0.05 and t calculated = 19.792 > t table = 1.681, thus Ha is accepted and Ho is rejected. As a result, there was an improvement in the creative thinking skills of the students in class XI at SMA Negeri 1 Carenang after using Augmented Reality-based learning media. Augmented Reality-based learning media can be used as a reference for alternative learning media in the implementation of Indonesian history lessons on the roles of national and regional figures in the struggle for Indonesia's independence. date: 2025 date_type: published pages: 203 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN SEJARAH thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: RIZKI CAHYA AWLIA, DZIKRI (2025) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI SMA NEGERI 1 CARENANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48373/1/Dzikri%20Rizki%20Cahya%20Awlia_2288190036_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48373/2/Dzikri%20Rizki%20Cahya%20Awlia_2288190036_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48373/3/Dzikri%20Rizki%20Cahya%20Awlia_2288190036_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48373/4/Dzikri%20Rizki%20Cahya%20Awlia_2288190036_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48373/5/Dzikri%20Rizki%20Cahya%20Awlia_2288190036_REF.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48373/6/Dzikri%20Rizki%20Cahya%20Awlia_2288190036_LAMP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48373/7/Dzikri%20Rizki%20Cahya%20Awlia_2288190036_FULLTEXT.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48373/8/Dzikri%20Rizki%20Cahya%20Awlia_2288190036_01-1.pdf