@phdthesis{eprintuntirta48370, school = {UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA}, author = {VIRA GUSVIANTI}, note = {Siswa diharapkan mampu memenuhi tujuan pembelajaran fisika sesuai dengan kemampuan dasar yang telah ditetapkan oleh pelatihan keterampilan proses. Selanjutnya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana media PhET mempengaruhi hasil belajar siswa baik materi GLBB maupun GLB. Berpikir ketika memecahkan masalah, memfasilitasi pencarian kelompok atau individu, memfasilitasi percakapan antar siswa untuk memotivasi mereka memperoleh pengetahuan, dan menilai proses pemecahan masalah. Penelitian Kelompok Kontrol Non-ekuivalen adalah jenis yang dilakukan. Desain ini sangat mirip dengan desain kelompok kontrol pretest-posttest, dengan pengecualian bahwa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak dipilih secara acak. Setelah menganalisis data di Excel, dilanjutkan dengan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian, kelompok kontrol yang menggunakan materi pembelajaran tradisional mempunyai nilai rata-rata posttest sebesar 67, sedangkan kelas eksperimen yang menggunakan materi pembelajaran PhET untuk meningkatkan hasil belajar siswa mempunyai nilai rata-rata posttest sebesar 78.}, year = {2025}, title = {PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PhET SIMULATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK LURUS BERATURAN DAN GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS}, url = {https://eprints.untirta.ac.id/48370/}, abstract = {Students are expected to be able to fulfill physics learning objectives in accordance with the basic abilities that have been established by process skills training. Furthermore, this research aims to find out how PhET media influences student learning outcomes for both GLBB and GLB materials. Thinking when solving problems, facilitating group or individual searches, facilitating conversations between students to motivate them to acquire knowledge, and assessing the problem-solving process. Non-equivalent Control Group Research is a type that is conducted. This design is very similar to a pretest-posttest control group design, with the exception that the experimental group and control group are not randomly selected. After analyzing the data in Excel, continue with SPSS. Based on the research results, the control group that used traditional learning materials had an average posttest score of 67, while the experimental class that used PhET learning materials to improve student learning outcomes had an average posttest score of 78.}, keywords = {Influence, PhET Simulation, GLB dan GLBB. Pengaruh, Media PhET Simulation, GLB dan GLBB} }