eprintid: 48232 rev_number: 45 eprint_status: archive userid: 16927 dir: disk0/00/04/82/32 datestamp: 2025-04-17 07:12:17 lastmod: 2025-04-17 07:12:17 status_changed: 2025-04-17 07:12:17 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NURWIDIANING, SUSAN creators_id: 2227200109 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: HENDRACIPTA, NANA contributors_name: ADYA PRIBADI, REKSA contributors_id: 197901092005011002 contributors_id: 198703132024211020 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR title: PROSES PENGEMBANGAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN METODE FUN LEARNING DI SDI AN-NUR ispublished: pub subjects: LB divisions: FKIP divisions: PGSD full_text_status: restricted keywords: Fun learning method, learning, learning implementation plan Metode fun learning, pembelajaran, Rencana Pelaksanaan pembelajaran. note: Dengan perkembangan zaman yang semakin maju guru di tuntut untuk menciptakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan untuk peserta didik. Kejenuhan dalam belajar menjadikan faktor penghambat belajar untuk peserta didik. Pembelajaran menggunakan metode fun learning merupakan metode yang menyenangkan untuk peserta didik, pembelajaran yang menyenangkan menumbuhkan semangat dalam belajar. SDI An-Nur menginovasikan metode pembelajaran menjadi menyenangkan dan tidak membosankan. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui hasil observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa penerapan menggunakan metode fun learning di SDI An-Nur telah berlangsung cukup baik. Guru mampu menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) secara terstruktur dan inovatif, menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan, menyusun model pembelajaran dengan bebrbasis problem based learning, memanfaatkan media pembelajaran yang kreatif dan menyusun evaluasi sesuai dengan potensi peserta didik. Selain itu dalam dukungan dan tantangan dalam melaksanakan metode fun learning suatu acuan dalam menggunakan metode fun learning. Meskipun terdapat dampak dalam menggunakan metode fun learning merupakan suatu keterlibatan peserta didik dalam belajar. Namun Peneerapan metode fun learning sudah sesuai dengan kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran. abstract: With increasingly advanced developments, teachers are required to create interesting and enjoyable learning for students. Saturation in learning is a factor inhibiting learning for students. Learning using the fun learning method is a fun method for students, fun learning fosters enthusiasm for learning. SDI An-Nur innovates learning methods to be fun and not boring. The method used is a descriptive method with a qualitative approach. Data was collected through observations, interviews and documentation studies. Based on the research results, it can be seen that the implementation of using the fun learning method at SDI An Nur has gone quite well. Teachers are able to prepare learning implementation plans (RPP) in a structured and innovative manner, use fun learning methods, develop learning models based on problem based learning, utilize creative learning media and prepare evaluations according to students' potential. Apart from that, the support and challenges in implementing the fun learning method are a reference for using the fun learning method. Even though there is an impact in using the fun learning method, it is an involvement of students in learning. However, the application of the fun learning method is in accordance with students' needs in learning. date: 2025 date_type: published pages: 290 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: NURWIDIANING, SUSAN (2025) PROSES PENGEMBANGAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN METODE FUN LEARNING DI SDI AN-NUR. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48232/2/SUSAN%20NURWIDIANING_2227200109_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48232/3/SUSAN%20NURWIDIANING_2227200109_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48232/4/SUSAN%20NURWIDIANING_2227200109_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48232/5/SUSAN%20NURWIDIANING_2227200109_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48232/6/SUSAN%20NURWIDIANING_2227200109_06.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48232/7/SUSAN%20NURWIDIANING_2227200109_REFERENSI.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48232/8/SUSAN%20NURWIDIANING_2227200109_LAMPIRAN.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48232/9/SUSAN%20NURWIDIANING_2227200109_CP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48232/10/SUSAN%20NURWIDIANING_2227200109_FULL%20TEKS.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48232/11/SUSAN%20NURWIDIANING_2227200109_01.pdf