TY - THES EP - 155 TI - HUBUNGAN KECERDASAN SPIRITUAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR-DASAR TEKNIK ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 1 CIKANDE UR - https://eprints.untirta.ac.id/48211/ N1 - Salah satu indikator keberhasilan proses pembelajaran adalah hasil belajar. Namun, hasil belajar siswa tidak hanya dipengharui oleh faktor kognitif, tetapi juga faktor non-kognitif, seperti kecerdasan spiritual dan emosional. Kecerdasan spiritual berkaitan dengan kemampuan seseorang dalam memaknai kehidupan dan menemukan tujuan dalam hidup, sedangkan kecerdasan emosional berkaitan dengan kemampuan seseorang dalam mengenali, mengelola, dan memahami emosi mereka sendiri. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya hubungan antara kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar Dasar Teknik Elektronika (DTE) program keahlian Teknik Elektronika (TE) di SMKN 1 Cikande. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif yang dengan pendekatan korelasional Metode pengumpulan data meliputi angket/kuisoner, observasi dan tes hasil belajar. Tahapan dalam penelitian terdiri dari 3 tahap. Tahap pertama pengujian butir angket dan tes hasil belajar melibatkan 3 orang ahli, tahap kedua yaitu uji coba yang dilakukan pada siswa kelas X program keahlian Teknik Elektronika (TE) di SMKN 4 Kota Serang dan tahap ketiga penelitian langsung sebanyak 36 responden pada siswa kelas X program keahlian Teknik Elektronika (TE) di SMKN 1 Cikande. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Uji analisis bersyarat terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Kemudian uji hipotesis yang dilakukan terdiri dari analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar dengan nilai signifikansi 0 < 0.05 dan tingkat hubungan sebesar 32%. Terdapat hubungan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar dengan nilai signifikansi 0 <0.05 dan tingkat hubungan sebesar 67.9%. serta terdapat hubungan secara bersamaan antara kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar Dasar Teknik Elektro (DTE) dengan nilai signifikansi sebesar 0 < 0.05 dan tingkat hubungan 76.6%. KW - Spiritual Intelligence KW - Emotional Intelligence KW - Learning Outcomes Kecerdasan Spiritual KW - Kecerdasan Emosional KW - Hasil Belajar A1 - ALIFAH, NUR N2 - One of the indicators of the success of the learning process is learning outcomes. However, students' learning outcomes are not only influenced by cognitive factors, but also non-cognitive factors, such as spiritual and emotional intelligence. Spiritual intelligence is related to a person's ability to make sense of life and find purpose in life, while emotional intelligence is related to a person's ability to recognize, manage, and understand their own emotions. The purpose of this study is to determine the relationship between spiritual intelligence and emotional intelligence on the learning outcomes of Basic Electronic Engineering majoring in Electronic Engineering at SMKN 1 Cikande. This research is included in quantitative research with a correlational approach Data collection methods include questionnaires/questionnaires, observations and learning outcome tests. The stages in the study consist of 3 stages. The first stage of testing questionnaire items and learning outcome tests involved 3 experts, the second stage was a trial conducted on grade X students majoring in Electronics Engineering at SMKN 4 Kota Serang and the third stage of direct research of 36 respondents in grade X students majoring in Electronics Engineering at SMKN 1 Cikande. The data analysis technique used is descriptive analysis. The conditional analysis test consists of a normality test and a linearity test. Then the hypothesis test carried out consisted of a simple regression analysis and multiple regression analysis. Based on the results of the study, it was shown that there was a relationship between spiritual intelligence and learning outcomes with a significance value of 0 < 0.05 and a relationship level of 32%. There was a relationship between emotional intelligence and learning outcomes with a significance value of 0 <0.05 and a relationship level of 67.9%. and there was a simultaneous relationship between spiritual intelligence and emotional intelligence on the learning outcomes of Basic Electrical Engineering with a significance value of 0 < 0.05 and a relationship level of 76.6%. M1 - sarjana AV - restricted PB - UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA Y1 - 2025/// ID - eprintuntirta48211 ER -