eprintid: 48152 rev_number: 23 eprint_status: archive userid: 7538 dir: disk0/00/04/81/52 datestamp: 2025-04-14 01:42:16 lastmod: 2025-04-14 01:42:16 status_changed: 2025-04-14 01:42:16 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: LARASATI, LARASATI creators_id: 2290190003 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: SEPTI, KUNTARI contributors_name: SUBHAN, WIDIANSYAH contributors_id: 198809102024212030 contributors_id: 199003172019031010 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: PENDIDIKAN SOSIOLOGI title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMAN 8 PANDEGLANG ispublished: pub subjects: HM divisions: Sosiologi divisions: FKIP full_text_status: restricted keywords: Learning Model, Index Card Match, Learning Outcomes Model Pembelajaran, Index Card Match, Hasil Belajar note: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran index card match dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan Sampel yang digunakan terdiri dari dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pretest-posttest. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran konvensional dengan menggunakan model pembelajaran index card match. Sehingga model pembelajaran index card match memiliki pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa. abstract: This research aims to analyze the effect of the index card match learning model on improving students' learning outcomes. The method used in this research is quasi-experimental with a nonequivalent control group design. The sampling technique used is purposive sampling, with the sample consisting of two classes, namely the experimental class and the control class. The instrument used in this research is a pretest-posttest questionnaire. Data analysis techniques include normality test, homogeneity test, and hypothesis testing using t-test. Based on the hypothesis test results using the t-test, it shows that the Sig. (2-tailed) value is 0.000 < 0.05, thus H0 is rejected and Ha is accepted. The results of the data analysis indicate that there is a difference between the learning outcomes of students using the conventional learning model and those using the index card match learning model. Therefore, the index card match learning model has an effect on improving students' learning outcomes. date: 2025 date_type: published pages: 149 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN SOSIOLOGI thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: LARASATI, LARASATI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMAN 8 PANDEGLANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48152/1/Larasati_2290190003_Fulltext.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48152/2/Larasati_2290190003_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48152/3/Larasati_2290190003_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48152/4/Larasati_2290190003_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48152/5/Larasati_2290190003_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48152/6/Larasati_2290190003_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48152/7/Larasati_2290190003_Reff.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48152/8/Larasati_2290190003_Lamp.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/48152/9/Larasati_2290190003_CP.pdf