%D 2025 %O Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan projek interdisipliner yang kontekstual dan berlandaskan pada kebutuhan masyarakat dan isu-isu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan: (1) Perencanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam membentuk kreativitas peserta didik kelas IV Sekolah Dasar, (2) Proses Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam membentuk kreativitas peserta didik kelas IV Sekolah Dasar, (3) Evaluasi dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam membentuk kreativitas peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pengamatan, dan dokumentasi serta keabsahan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa SDN Krenceng 1 dalam implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara bertahap dimulai dari perencanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila yang meliputi (1) membentuk tim fasilitator, (2) mengidentifikasi tingkat kesiapan satuan pendidikan, (3) menentukan dimensi, tema, dan alokasi projek, (4) menyusun modul projek, (5) menyusun strategi pelaporan projek. Kemudian proses pelaksanaan meliputi (1) pengenalan tema-tema, (2) kontekstualisasi tema, (3) aksi nyata atau praktik pada saat peserta didik melaksanakan P5, (4) refleksi setelah projek berakhir, (5) tindak lanjut. Tahap yang terakhir yaitu evaluasi projek meliputi (1) merancang instrument assesmen yang bervariasi, (2) rapor projek penguatan profil pelajar Pancasila tentang perkembangan pemahaman peserta didik. Melalui projek penguatan profil pelajar Pancasila dapat membentuk kreativitas peserta didik dengan mengkreasikan panjang maulud dengan peserta didik memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, memiliki suatu kepercayaan diri, memiliki ketekunan yang tinggi, berani dalam mengemukakan suatu pendapat dan peserta didik mempunyai imajinasi yang tinggi. %A Armilah Hinda Wati %T PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DALAM MEMBENTUK KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR %K Project to strengthen the profile of Pancasila students; Student Creativity; Elementary school Projek penguatan profil pelajar Pancasila, Kreativitas Peserta didik, Sekolah Dasar %L eprintuntirta48061 %X The Pancasila Students Profile Strengthening Project is an indterdisciplinary project that is contextual and based on community needs and educational issues. This research aims to describe: (1) Planning for the Project for Strengthening the Profile of Pancasila Students (P5) in shaping the creativity of grade IV Elementary School students, (2) Implementation Process for the Project for Strengthening the Profile of Pancasila Students (P5) in shaping the creativity of grade IV Elementary School students, (3) Evaluation of the Project for Strengthening the Pancasila Student Profile (P5) in shaping the creativity of class IV elementary school students. This research was conducted using a qualitative descriptive method approach. Data collection was carried out by interviews, observations, and documentation as well as validity using triangulation. The results of this research show that SDN Krenceng 1 in implementing the project to strengthen the profile of Pancasila students was carried out in stages starting from planning the project to strengthen the profile of Pancasila students which included (1) forming a team of facilitators, (2) identifying the level of readiness of the educational unit, (3) determining dimensions, themes, and project allocation, (4) compiling project modules, (5) compiling project reporting strategies. Then the implementation process includes (1) introduction of themes, (2) contextualization of themes, (3) real action or practice when students carry out P5, (4) reflection after the project ends, (5) follow-up. The final stage, namely project evaluation, includes (1) designing various assessment instruments, (2) a project report on strengthening the Pancasila student profile regarding the development of students' understanding. Through the project of strengthening the profile of Pancasila students, students can form creativity by creating long-term creations with students having high curiosity, having self-confidence, having high perseverance, being brave in expressing an opinion and students having high imagination. %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA