%L eprintuntirta48032 %T ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN CV. SWARNA DWIPA %A AFIF AHLUZ ZIKRI %D 2025 %O Industri interior yang sedang meningkat di Indonesia sejalan dengan CV. Swarna Dwipa selaku perusahaan jasa desain interior yang sedang mengalami peningkatan pelanggan secara drastis. Adanya keluhan terhadap kualitas pelayanan dan produk di CV. Swarna Dwipa mendorong perusahaan untuk dapat memperbaiki masalah yang ada dan meningkatkan kepuasan pelangggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan di CV. Swarna Dwipa menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI), menentukan atribut dari dimensi kualitas pelayanan yang diprioritaskan untuk diperbaiki menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA), mengetahui ranking dari atribut yang diprioritaskan untuk diperbaiki menggunakan metode Potential Gain in Customer Value (PGCV), dan terakhir untuk menentukan usulan perbaikan yang dapat dilakukan terhadap atribut yang diprioritaskan untuk diperbaiki di CV. Swarna Dwipa menggunakan metode 5 Whys. Didapatkan hasil yaitu CV. Swarna Dwipa termasuk kedalam kategori puas dengan nilai index CSI sebesar 83,42%, dan diketahui atribut yang diprioritaskan untuk diperbaiki beserta urutan perbaikan dari yang terpenting yaitu atribut Rps3, Rlb6, Emp1, Rlb5, dan terakhir atribut Asr3. Usulan yang diberikan pada penelitian ini yaitu CV. Swarna Dwipa dapat mencari beberapa tenaga kerja baru sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan, menugaskan perkeja untuk mengedukasi pelanggan terkait produk dan memperluas hubungannya dengan lebih banyak banyak vendor bahan baku yang ada. %I Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa %X The growing of interior industry in Indonesia aligns with the rapid customer growth in CV. Swarna Dwipa, a company that specialize in interior design service. Complaints regarding quality of service and products at CV. Swarna Dwipa driven the company to address existing issues and enhance customer satisfaction. This research aims to assess the level of customer satisfaction at CV. Swarna Dwipa using Customer Satisfaction Index (CSI) method, identify the service quality attributes that should be prioritized for improvement using the Importance Performance Analysis (IPA) method, and then rank the prioritized attributes using the Potential Gain in Customer Value (PGCV) method, and lastly find solutions to improve the prioritized attributes using the 5 Whys method. The results show that CV. Swarna Dwipa fall into the satisfied category with CSI index of 83,42%. The attributes that prioritized for improvement with its rank from the most important, are Rps3, Rlb6, Emp1, Rlb5, and last is Asr3. Solutions to fix the problem that attributes have is that CV. Swarna Dwipa can look for several new employees/workers with competencies that company need, assign workers to educate customer about their new products, and expand the company’s relationships with more existing vendors.