%0 Thesis %9 S1 %A Fadli, Hamdi %A UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, %A FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, %A PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA, %B PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA %D 2025 %F eprintuntirta:48031 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %K drama script, actant scheme, learning design. naskah drama, skema aktan, rancangan pembelajaran. %P 227 %T SKEMA AKTAN PADA NASKAH DRAMA RT NOL RW NOL KARYA IWAN SIMATUPANG DAN RANCANGAN PEMBELAJARAN DI SMA %U https://eprints.untirta.ac.id/48031/ %X This research analyzes the actant scheme in the drama script RT Nol RW Nol by Iwan Simatupang and its application in learning design in high school. This drama depicts the life struggles of marginalized groups with relevant social values and criticism. The research uses the narratological approach of A.J. Greimas to identify the relationship between narrative elements such as subject, object, sender, recipient, helper and hinderer. The results of the analysis show that the actant scheme can support students' understanding of the themes, plot and characters in drama, as well as being an applicable teaching material. In addition, this research designed a drama-based Learning Implementation Plan (RPP) that enriches literature learning in high school, helping students develop analytical skills, appreciation and understanding of life values. %Z Penelitian ini menganalisis skema aktan dalam naskah drama RT Nol RW Nol karya Iwan Simatupang serta penerapannya dalam rancangan pembelajaran di SMA. Drama ini menggambarkan perjuangan hidup kelompok marginal dengan nilai-nilai sosial dan kritik yang relevan. Penelitian menggunakan pendekatan naratologi A.J. Greimas untuk mengidentifikasi hubungan antarunsur naratif seperti subjek, objek, pengirim, penerima, penolong, dan penghambat. Hasil analisis menunjukkan bahwa skema aktan dapat mendukung pemahaman siswa terhadap tema, alur, dan karakter dalam drama, sekaligus menjadi bahan ajar yang aplikatif. Selain itu, penelitian ini merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis drama yang memperkaya pembelajaran sastra di SMA, membantu siswa mengembangkan kemampuan analisis, apresiasi, dan pemahaman terhadap nilai-nilai kehidupan.