eprintid: 47915 rev_number: 47 eprint_status: archive userid: 16621 dir: disk0/00/04/79/15 datestamp: 2025-03-25 07:56:03 lastmod: 2025-03-25 07:56:03 status_changed: 2025-03-25 07:56:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Novira, Helma creators_id: 2223200009 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Amirrachman, R. Alpha contributors_name: Wahyu Utomo, Dhafid contributors_id: 197011282005011004 contributors_id: 198407122010121007 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS title: THE EFFECT OF ENGLISH PODCAST ON STUDENTS' LISTENING SKILLS IN PROCEDURE TEXT AT SMAN 1 CIKEUSAL ispublished: pub subjects: LB subjects: LB1603 divisions: Inggris divisions: FKIP full_text_status: restricted keywords: English Podcast, Procedure Text, Listening Skill note: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Bahasa Inggris terhadap keterampilan menyimak siswa dalam teks prosedur di SMAN 1 Cikeusal. Pretest, treatment, dan post-test merupakan bagian dari desain penelitian quasi-eksperimental yang digunakan dalam penelitian ini. Untuk penelitian ini, 60 siswa dipilih sebagai sampel. 30 siswa dari kelas X9 sebagai kelas eksperimen, dan 30 siswa dari kelas X8 sebagai kelas kontrol, membentuk masing-masing kelas. 40 tes pilihan ganda digunakan dalam pengumpulan data. Tes pra dan pasca diberikan kepada kelompok eksperimen dan kontrol. Untuk memverifikasi hipotesis, Independent Sample t-test digunakan untuk menganalisis hasil pre-test dan post-test menggunakan perangkat lunak SPSS 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa p-output dari independent sample t test adalah <.001 < 0,05, T-table untuk df = 58 adalah 2,002. Hasilnya adalah 4.550 > 2.002. Hal ini berarti t-hitung > t-tabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, siswa yang belajar dengan menggunakan podcast bahasa Inggris dapat meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa pada materi teks prosedur. abstract: This research aims to asertain whether or not there is an influence of English on students' listening skills in text procedures at SMAN 1 Cikeusal. Pretest, treatment, and post-test are all part of the quasi-experimental research design used in this study. For this study, 60 students were selected as samples. 30 students from class X9 as the experimental class, and 30 students from class X8 as the control class, make up each class. 40 multiple-choice tests are used in data collection. Pre- and post-tests were administered to the experimental and control groups. To verify the hypothesis, the Independent Sample t-test was used to analyse the pre-test and post-test results using SPSS 27 software. The research results show that the p-output from the independent sample t test is <.001 < 0.05, the T-table for df = 58 is 2.002. The result is 4,550 > 2,002. This means that t-count > t-table then H0 is rejected and Ha is accepted. Based on the findings, students who learn by using English podcasts can improve students' listening skills in procedure text material. date: 2025 date_type: published pages: 126 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: Novira, Helma (2025) THE EFFECT OF ENGLISH PODCAST ON STUDENTS' LISTENING SKILLS IN PROCEDURE TEXT AT SMAN 1 CIKEUSAL. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47915/1/Helma%20Novira_2223200009_Fulltext.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47915/11/Helma%20Novira_2223200009_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47915/12/Helma%20Novira_2223200009_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47915/13/Helma%20Novira_2223200009_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47915/14/Helma%20Novira_2223200009_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47915/15/Helma%20Novira_2223200009_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47915/16/Helma%20Novira_2223200009_Reff.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47915/17/Helma%20Novira_2223200009_Lamp.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47915/18/Helma%20Novira_2223200009_CP.pdf