TY - THES ID - eprintuntirta47844 Y1 - 2025/// PB - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa AV - restricted M1 - sarjana N2 - The purpose of this study is to describe the history of the Cioko Worship Ceremony Tradition and to analyze the dynamics of the Cioko Worship Ceremony Tradition at Vihara Nimmala Klenteng Boen San Bio Tangerang in 2000?2009. The method used in this research is the historical method which is divided into four stages, such as heuristics, criticism, interpretation, and historiography. The theoretical basis used is the concept of tradition, the theory of cultural dynamics and the theory of symbolic interaction. The results of the study explain that this tradition did not just appear, but was influenced by Buddhism, Taoism, Confucianism and other traditions in China that helped shape this ceremony. The Cioko Praying Ceremony at Boen San Bio Temple has also undergone changes in the procession of its implementation. Since 2000, there has been a tradition of fighting over offerings at the end of the prayer. However, in 2006 there was a chaos in the rebutebutan process so that in 2009 this rebutan tradition was removed because there had been chaos in the process. Currently, the Cioko Prayer Ceremony at Boen San Bio Temple no longer involves rebutan. The Sembahyang Cioko ceremony can be seen as a religious symbol that has significant meaning for the local community. Involvement in these ceremonies is not just a religious practice, but also a means for individuals and communities to express their values, beliefs and identity to the wider society. A1 - Nabilla, Suci KW - Dynamics KW - Tradition KW - Cioko Dinamika KW - Tradisi KW - Cioko UR - https://eprints.untirta.ac.id/47844/ N1 - Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai sejarah Tradisi Upacara Sembahyang Cioko dan untuk menganalisis mengenai dinamika dari Tradisi Upacara Sembahyang Cioko di Vihara Nimmala Klenteng Boen San Bio Tangerang tahun 2000?2009. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah yang terbagi dalam empat tahap, seperti heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Landasan teori yang digunakan yaitu konsep tradisi, teori dinamika kebudayaan dan teori interaksi simbolik. Hasil penelitian menjelaskan bahwa tradisi ini tidak muncul begitu saja, melainkan dipengaruhi oleh ajaran Buddha, Taoisme, Konghucu serta tradisi-tradisi lain yang ada di Tiongkok yang turut membentuk upacara ini. Upacara Sembahyang Cioko di Klenteng Boen San Bio juga mengalami perubahan dalam prosesi pelaksanaannya. Sejak tahun 2000, ada tradisi rebutan sesaji di akhir sembahyang. Namun, pada tahun 2006 terjadi sebuah kekacauan pada proses rebutan sehingga pada tahun 2009 tradisi rebutan ini dihapus karena pernah terjadi kekacauan dalam prosesnya. Saat ini, Upacara Sembahyang Cioko di Klenteng Boen San Bio sudah tidak lagi melibatkan rebutan. Upacara Sembahyang Cioko dapat dipandang sebagai simbol keagamaan yang memiliki makna signifikan bagi komunitas setempat. Keterlibatan dalam upacara ini tidak hanya sekadar praktik keagamaan, tetapi juga merupakan sarana bagi individu dan komunitas untuk mengekspresikan nilai-nilai, keyakinan, serta identitas mereka kepada masyarakat luas. EP - 120 TI - DINAMIKA UPACARA SEMBAHYANG CIOKO SEBAGAI SALAH SATU TRADISI MASYARAKAT ETNIS TIONGHOA DI VIHARA NIMMALA KLENTENG BOEN SAN BIO TANGERANG TAHUN 2000?2009 ER -