eprintid: 47822 rev_number: 91 eprint_status: archive userid: 20685 dir: disk0/00/04/78/22 datestamp: 2025-03-17 02:20:30 lastmod: 2025-03-17 02:20:30 status_changed: 2025-03-17 02:20:30 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: nakhliyatin@gmail.com creators_name: Nakhliyati, Nining creators_id: 2227180086 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: M. Taufik, M. Taufik contributors_name: Sari Dewi, Ratna contributors_id: 198309022009121004 contributors_id: 198105052005012002 corp_creators: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS HOTS PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SEKOLAH DASAR ispublished: pub subjects: L1 divisions: FKIP divisions: PGSD full_text_status: restricted keywords: IPAS, Modul, High Order Thinking note: Proses pembelajaran yang dilaksanakan di SDN Margasari kelas V pada mata pelajaran IPAS, sebagian besar hanya berpusat pada guru dengan metode ceramah. Kemampuan berfikir tingkat tinggi peserta didik kelas V SDN Margasari juga tidak terlihat. Hal demikian dibuktikan dengan tidak adanya interaksi seperti tanya jawab yang dilakukan oleh peserta didik dengan guru, serta tidak adanya aktifitas yang mengarah pada berfikir tingkat tinggi seperti kegiatan menganalisis, mengevaluasi, maupun mencipta. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis HOTS pada mata pelajaran IPAS materi seperti apa budaya daerahku, penelitian ini juga untuk mengetahui kualitas modul IPAS berbasis HOTS yang dikembangkan, dan mengetahui respon peserta didik setelah menggunakan modul ini. Subjek penelitian ini adalah 20 peserta didik kelas V di SDN Margasari. Hasil penilaian pada penelitian ini yaitu mendapatkan 89% dari ahli materi, dan 84,00% dari ahli media, secara keseluruan memperoleh nilai dengan kategori “sangat layak”. Hasil penilaian dari respon peserta didik mendapatkan hasil 88,75% dengan kategori “sangat baik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul berbasis HOTS pada mata pelajaran IPAS materi seperti apa budaya daerahku berhasil dikembangkan menjadi bahan ajar yang lebih baik karena telah disusun sesuai dengan perancangan dan mampu memberikan kebermanfaatan bagi pembelajaran. abstract: The learning process carried out at SDN Margasari class V in science and science subjek is mostly teacher-centred using the lecture method. The high-level thinking abilities of class V students at SDN Margasari are also not visible. This is proven by the absence of interactions such as questions and answers between students and teachers, as well as the absence of activities that lead to higher level thinking such as analyzing, evaluating or creating activities. This research is research and development (R&D) which aims to develop a HOTS-based module on science subject, material like what is my regional culture, this research is also to find out the quality of the HOTS-based science module that was developed, and find out students' responses after using this module. The subjects of this research were 20 class V students at SDN Margasari. The assessment results in this research were 89% from material experts, and 84.00% from media experts, overall getting a score in the "very decent" category. The assessment results from student responses obtained a result of 88.75% in the "very good" category. So it can be connected that the HOTS-based module on the science and sciences subject, what is the culture of my region, has been successfully developed into better teaching material because it has been prepared according to design and is able to provide benefits for learning. date: 2025 date_type: published pages: 136 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana referencetext: Adhim, & Jatmiko. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Dengan Kegiatan Laboratorium Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Pada Materi Suhu Dan Kalor. JIPF: Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 4(2). Akbar. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Arikunto, Suharsimi. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Ariska, dkk. (2022). Pengembangan Modul Dua Dimensi Berbasis HOTS Tema 6 Sub Tema 2 Siswa Kelas III SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2). Ariyana, dkk. (2021). Modul Belajar Mandiri: Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://cdn- gbelajar.simpkb.id/s3/p3k/Pedagogi/Modul%20Bahan%20Belajar%20- %20Pedagogi%20-%202021%20-%20P3.pdf. Anggriani, Lusi. (2019). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Dengan Menggunakan 3d Pageflip Professional. Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Bate’e, dkk. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Journal on Education, 6(1). Cecep & Darmawan. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana. Diani, Rahma, Niken Sri Hartati. (2018). Flipbook Berbasis Literasi Islam : Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Dengan 3D Pageflip Professional. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2). Dinni, Husna Nur. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika, Prisma I. Program Pascasarjana, Univeritas Negeri Semarang. Dharma, Surya. (2008). Penulisan Modul. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan. Emmanuela. (2020). Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis HOTS pada topik segiempat. Skripsi thesis, Sanata Dharma University. https://repository.usd.ac.id/37954/. Hanifah, N. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skills (HOTS) di Sekolah Dasar. Curr Res Educ Conf Ser J, 1(1). Haryanti, & Saputro. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Discovery Learning Berbantuan Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Segitiga. Jurnal Pendidikan Matematika, I(2). Hamid, Mustofa Abi, dkk. 2020. Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis. Indriani, Novia, dkk. 2019. Pengembangan Lembar Aktivitas Matematika Berorientasi Pendekatan Saintifik. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2). Karsono. (2017). Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis Hots Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(1). Kosasih. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: PT Bumi Aksara. Kurniati, dkk. (2016). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP di Kabupaten Jember dalam menyelesaikan soal berstandar PISA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 20(2). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/8058/0. Lestari, Hana, dkk. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Eksploratif Berkonteks Budaya Banten pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 7(1). Mulyaningsih, dkk. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Dengan Kvisoft Flipbook Maker. JPF: Jurnal Pendidikan Fisika, Vol.1. Noviani. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis HOTS (Higher Order Thinking) Pada Materi Perusahaan Dagang di Kelas XII MIPA 2 SMA Negeri 8 Pekanbaru. Skripsi: Program Studi Pendidikan Akuntansi, Universitas Islam Riau. Nurdin. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Pratiwi, & Alimuddin. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Bermuatan High Order Thinking Skill (Hots) Pada Pembelajaran Tema Persatuan Dalam Perbedaan. In Prosiding Seminar Nasional Unimus. Vol.1. Purwanti, & Putri. (2021). Pengembangan Modul Berbasis HOTS Pada Tema 6 Materi Membandingkan Siklus Makhluk Hidup Kelas IV Sekolah Dasar. Elementary School, 8(1). Purnama. (2018). Pengembangan Modul Berbasis Model Pembelajaran Problem Solving Pada Tema 6 Subtema Tubuh Manusia Kelas V SD/MI. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Puspitasari, dkk. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis HOTS Berbantuan Flipbook Maker Sebagai Bahan Ajar Alternatif Siswa SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 3(3). Riduwan. 2013. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta. Rofiah E, Aminah NS, Sunarno W. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Berbasis High Order Thinking Skills ( Hots ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP / MTS. Inkuiri J Pendidik IPA. 7(2). Sanjaya, Wina. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media. Suryani. (2018). Media Pembeljaarann Inovatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Usmaedi. (2017). Menggagas pembelajaran hots pada anak usia sekolah dasar. Jurnal JPSD. Vol. 3 (1). 88 Utaminingsih, Sri. (2018). Penilaian Pembelajaran Tematik Berbasis HOTS. FKIP Universitas Muria Kudus. Wibawa, R. P., & Agustina, D. R. (2019). Peran Pendidikan Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Era Society 5.0 Sebagai Penentu Kemajuan Bangsa Indonesia. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 7(2). Winarno. Sunarno. Sarwanto. (2015). Pengembangan Modul Ipa Terpadu Berbasis High Order Thinking Skill ( HOTS ). Jurnal Inkuiri, 4(I). Yuberti (2015). Peran Teknologi Pendidikan Islam Pada Era Global. Akademika: Jurnal Pemikiran Islam, 20(1). citation: Nakhliyati, Nining (2025) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS HOTS PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47822/21/Nining%20Nakhliyati_2227180086_Fulltext.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47822/20/Nining%20Nakhliyati_2227180086_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47822/3/Nining%20Nakhliyati_2227180086_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47822/4/Nining%20Nakhliyati_2227180086_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47822/5/Nining%20Nakhliyati_2227180086_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47822/6/Nining%20Nakhliyati_2227180086_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47822/7/Nining%20Nakhliyati_2227180086_Lamp.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47822/8/Nining%20Nakhliyati_2227180086_Reff.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47822/17/Nining%20Nakhliyati_2227180086_Turnitin.pdf