%K Textbook, Merdeka Curriculum, GMAW Welding. Buku Ajar, Kurikulum Merdeka, Pengelasan GMAW. %T Pengembangan Buku Ajar Fase F Pengelasan GMAW Berbasis Project Based Learning %L eprintuntirta47796 %D 2025 %O Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar fase F pengelasan Gas Metal Arc Welding yang berbasis Project-Based Learning untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran siswa SMK yang berada di Fase F sesuai Kurikulum Merdeka. Pengembangan buku ajar ini didasarkan pada kebutuhan akan materi ajar yang relevan khususnya untuk konsentrasi keahlian teknik pengelasan, pada topik Pengelasan GMAW. Penelitian ini memakai model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan dan Semmel. Tahapan penelitian meliputi pendefinisian kebutuhan dan spesifikasi produk (define), perancangan buku ajar (design), pengembangan dan validasi produk (develop), serta penyebaran buku ajar yang telah direvisi berdasarkan hasil uji coba (disseminate). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa buku ajar yang dikembangkan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Skor rata-rata yang didapat dari uji kelayakan oleh validator ahli materi adalah 85% dengan kategori layak dan skor rata-rata respon peserta didik yang didapat dalam uji terbatas adalah 76,3% dengan kategori baik. Sedangkan hasil uji N-Gainnya adalah 0,84 yang berarti Buku Ajar ini memiliki efektivitas yang tinggi. %A Muhammad Nafial Hadi %I Universitas Sultan Ageng Tirtayasa %X This research aims to develop a Project-Based Learning based Gas Metal Arc Welding phase F textbook to be used in learning activities. The development of this textbook is based on the need for relevant teaching materials, especially for the concentration of welding engineering expertise. This research uses the 4D development model (Define, Design, Develop, and Disseminate) developed by Thiagarajan and Semmel. The research stages include defining product needs and specifications (define), designing textbooks (design), developing and validating products (develop), and disseminating revised textbooks based on trial results (disseminate). The results of this study indicate that the textbooks developed are valid and feasible to use in the learning process. The average score obtained from the feasibility test by the material expert validator is 85% with a decent category and the average score of the learner's response obtained is 76.3% with a good category.