eprintid: 47785 rev_number: 69 eprint_status: archive userid: 20652 dir: disk0/00/04/77/85 datestamp: 2025-03-13 03:51:55 lastmod: 2025-03-13 03:51:55 status_changed: 2025-03-13 03:51:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ihsan Rijal, Maulana creators_id: 2284200019 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Abdillah, Hamid contributors_name: Yhuto Wibisono Putra, Ananda contributors_id: 198912152020121008 contributors_id: 199302272022031003 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: JURUSAN PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK MESIN title: ASESEMEN PREVOCATIONAL SKILLS DI SMKN 8 SERANG ispublished: pub subjects: LB subjects: LB1603 divisions: VTM divisions: FKIP full_text_status: restricted keywords: summative, industrial mechanical engineering, prevocational skills Sumatif, Teknik Mekanika Industri, Prevocational Skill note: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengukur tingkat prevocational skills siswa SMKN 8 Serang jurusan teknik mekanika industri kelas X pada aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap. Model evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah evaluasi sumatif, responden penelitian ini diambil menggunakan proportionate random sampling dengan sampel sebanyak (60) siswa dan (5) guru vokasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan metode mix (kualitatif dan kuantitatif) model sequential explanatory dengan hasil penelitian : pada aspek pengetahuan mendapatkan nilai kesesuaian oleh siswa 62% sedangkan oleh guru sebesar 75%. hal tersebut relevan dengan hasil analis kualitatif yang menunjukan bahwa siswa memahami sebagaian dari komponen komponen yang terdapat di aspek pengetahuan, pada aspek keterampilan mendapatkan nilai kesesuaian oleh siswa 70% sedangkan oleh guru sebesar 72% hal tersebut relevan dengan hasil analisis kualitatif yang menunjukan bahwa siswa memahami sebagaian dari komponen komponen yang terdapat di aspek keterampilan, pada aspek sikap mendapatkan nilai sebesar 76% oleh siswa dan 79% oleh guru hal tersebut relevan dengan hasil analis kualitatif yang menunjukan bahwa siswa memahami sebagaian besar dari komponen komponen yand terdapat di aspek. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, pada keseluruhan aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap masuk kedalam kategori cukup dengan saran adalah agar pihak sekolah menyelenggarakan program prevocational seperti career exploration dan career guidance untuk membantu siswa memahami prevocational skills serta bekerja sama dengan pihak industri untuk meningkatkan prevocational skills khususnya pada aspek pengetahuan dan keterampilan. abstract: This research aims to evaluate and measure the level of prevocational skills of students at SMKN 8 Serang majoring in industrial mechanics engineering class X in the aspects of knowledge, skills and attitudes. The evaluation model used in this research is summative evaluation, respondents for this research were taken using proportionate random sampling with a sample of (60) students and (5) vocational teachers. The research data were analyzed using a mixed method (qualitative and quantitative) sequential explanatory model with the research results: in the knowledge aspect, students got a suitability score of 62% while the teacher got 75%. This is relevant to the results of the qualitative analysis which shows that students understand some of the components contained in the knowledge aspect, in the skills aspect the students get a score of 70%, while the teachers get a score of 72%. This is relevant to the results of the qualitative analysis which shows that students understand some of the components in the skills aspect, in the attitude aspect the students get a score of 76% and 79% by the teacher. This is relevant to the results of the qualitative analysis which shows that students understand most of the components contained in the aspects. From the results of the analysis that has been carried out, all aspects of knowledge, skills and attitudes fall into the sufficient category with the suggestion being that the school organize prevocational programs such as career exploration and career guidance to help students understand prevocational skills and collaborate with industry to improve prevocational skills, especially in the knowledge and skills aspects date: 2025 date_type: published pages: 394 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK MESIN thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: Ihsan Rijal, Maulana (2025) ASESEMEN PREVOCATIONAL SKILLS DI SMKN 8 SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47785/23/MAULANA%20IHSAN%20RIJAL_2284200019_Fulltext.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47785/19/MAULANA%20IHSAN%20RIJAL_2284200019_CP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47785/24/MAULANA%20IHSAN%20RIJAL_2284200019_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47785/6/MAULANA%20IHSAN%20RIJAL_2284200019_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47785/5/MAULANA%20IHSAN%20RIJAL_2284200019_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47785/7/MAULANA%20IHSAN%20RIJAL_2284200019_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47785/8/MAULANA%20IHSAN%20RIJAL_2284200019_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47785/26/MAULANA%20IHSAN%20RIJAL_2284200019_Ref.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47785/25/MAULANA%20IHSAN%20RIJAL_2284200019_Lamp.pdf