%0 Thesis %9 S1 %A Ramdhini Ayu Putri, Dwita %A Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Jurusan Bimbingan dan Konseling, %B Bimbingan dan Konseling %D 2024 %F eprintuntirta:47781 %I Universitas Sultan Ageng Tirtayasa %K Truancy Behavior, Group Counseling, Self-Management Techniques Perilaku Membolos, Konseling Kelompok, Teknik Self Management %P 215 %T PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MEREDUKSI PERILAKU MEMBOLOS PADA SISWA (Studi Pra-Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Petir Tahun Ajaran 2023/2024) %U https://eprints.untirta.ac.id/47781/ %X Truancy behavior is one of the problems that can interfere with students' learning process and requires proper handling. This study aims to determine the effect of group counseling with self-management techniques to reduce truancy behavior of class VIII students at SMPN 2 Petir. The research method used is quantitative, pre-experimental method with one group pretest-posttest design. The research sample was taken using the Purposive Sampling Technique which obtained 10 samples with the highest truancy category and then given treatment. The analysis technique used in hypothesis testing is the Wilcoxon signed ranks test. This is evidenced by a significant decrease from the average value of 81.1 to 47.3. Analysis of the Wilcoxon signed ranks test on the hypothesis decision-making process, the value of 0.005 <0.05, So it can be concluded that the hypothesis is accepted. Thus Ha is accepted and Ho is rejected. This study concludes that group counseling with self-management techniques has an effect on reducing students' truancy behavior. %Z Perilaku membolos merupakan salah satu masalah yang dapat mengganggu proses belajar siswa dan membutuhkan penanganan yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok dengan teknik self management untuk mereduksi perilaku membolos siswa kelas VIII di SMPN 2 Petir. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, metode pra-eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Pengambilan sampel penelitian mengunakan Teknik Purposive Sampling yang di peroleh 10 sampel dengan kategori membolos tertinggi kemudian diberikan treatment. Teknik analisis yang digunakan dalam pengujian hipotesis yaitu Wilcoxon signed ranks test. Hal ini dibuktikan dengan adanya penurunan secara signifikan dari nilai rata-rata sebesar 81,1 menjadi 47,3. Analisis uji Wilcoxon signed ranks test pada proses pengambilan keputusan hipotesis, nilai 0.005 < 0.05, Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis dinyatakan diterima. Dengan demikian Ha diterima dan Hօ ditolak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik self management berpengaruh mereduksi perilaku membolos siswa.