%I Universitas Sultan Ageng Tirtayasa %X This study aims to determine and describe how the implementation process, the role and strategies carried out by the teacher and the results obtained from the Reading Tutoring Service to Students. This research uses Descriptive Qualitative research method, with data collection techniques of Interview, Observation and Documentation. The data analysis technique used in this research is the data analysis technique from Miles and Huberman, which consists of data collection, data reduction, data presentation and conclusions. The technique of checking and validity of data in this study was carried out with a credibility test consisting of extended observation, increased persistence, and triangulation, then carried out a test of transferability, dependability test, and certainty test. The results showed that (1) The implementation of Reading Tutoring Services has been designed and implemented in a structured manner such as identification of needs, clear objectives, time management, and provision of supporting facilities, all of which are to overcome the low reading ability of grade 1 students. (2) Teachers' roles and strategies in Reading Tutoring Services include two main phases: planning and implementation. In the planning phase, teachers act as designers by focusing on identifying learners' needs and developing a well-thought-out program. In the implementation phase, teachers act as mentors, motivators, facilitators, and evaluators to ensure learners get effective reading guidance. (3) The results of the implementation of Reading Tutoring Services at SD Negeri Kota Baru show its effectiveness in improving students' reading skills, independence, interest in reading, and motivation. The program also has a positive impact on comprehension of other subjects and overall academic performance. %L eprintuntirta47741 %A Tubagus Muhammad Sadiq Faruqi %K Reading Tutoring Services, Reading Learning Difficulties, Teacher's Role Layanan Bimbingan Belajar Membaca, Kesulitan Belajar Membaca, Peran Guru %T LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR MEMBACA UNTUK MEMBANTU PESERTA DIDIK YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR MEMBACA PADA KELAS 1 SD NEGERI KOTA BARU %O Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana proses pelaksanaan, peran serta strategi yang dilakukan oleh guru dan hasil yang didapatkan dari adanya Layanan Bimbingan Belajar Membaca Kepada Peserta Didik. Penelitian ini menggunakan metode peneltian Deskriptif Kualitatif, dengan teknik pengumpulan data Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data dari Miles dan Huberman, yang dimana terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Teknik Pemeriksaan dan Keabsahan data pada penelitian ini dilakukan dengan uji kredibiltas yang terdiri atas perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi, kemudian dilakukannya uji keteralihan, uji kebergantungan, dan uji kepastian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan Layanan Bimbingan Belajar Membaca ini telah dirancang dan dilaksanakan secara terstruktur seperti identifikasi kebutuhan, tujuan yang jelas, manajemen waktu, dan penyediaan sarana pendukung, semua itu untuk mengatasi rendahnya kemampuan membaca peserta didik kelas 1. (2) Peran dan strategi guru dalam Layanan Bimbingan Belajar Membaca meliputi dua fase utama: perencanaan dan pelaksanaan. Pada fase perencanaan, guru bertindak sebagai perancang dengan fokus mengidentifikasi kebutuhan peserta didik dan menyusun program secara matang. Dalam fase pelaksanaan, guru berperan sebagai pembimbing, motivator, fasilitator, dan evaluator untuk memastikan peserta didik mendapatkan bimbingan membaca yang efektif. (3) Hasil dari pelaksanaan Layanan Bimbingan Belajar Membaca di SD Negeri Kota Baru menunjukkan efektivitasnya dalam meningkatkan keterampilan membaca, kemandirian, minat baca, dan motivasi peserta didik. Program ini juga berdampak positif pada pemahaman pelajaran lain dan performa akademik secara keseluruhan. %D 2025