TY - THES TI - ANALISIS STRUKTUR BREASTING DOLPHIN DAN MOORING DOLPHIN UNTUK KAPAL TANKER 10.000 DWT (Studi Kasus: Dermaga Tipe Jetty PT. XYZ Kota Cilegon) EP - 400 UR - https://eprints.untirta.ac.id/47627/ N1 - Pembangunan fasilitas dermaga untuk kapal tanker 10.000 DWT merupakan upaya peningkatan investasi PT. XYZ untuk mendukung kegiatan operasional yaitu menambah kapasitas produksi polietilena (PE) hingga 2 juta ton dalam setahun. Oleh karena itu, diperlukan analisis struktur breasting dolphin dan mooring dolphin untuk dapat menjamin kestabilan bangunan tanpa harus mengalami perubahan serta tidak melebihi batas yang diizinkan. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan gaya-gaya yang bekerja pada struktur breasting dolphin dan mooring dolphin dermaga jetty serta mengetahui kemampuan struktur breasting dolphin dan mooring dolphin dermaga jetty untuk kapal tanker berkapasitas 10.000 DWT dalam menahan beban-beban yang bekerja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yaitu data sekunder yang terdiri dari peta topografi, peta batimetri, data angin, data gelombang, data pasang surut, data kapal dan data karakteristik tanah. Metode yang digunakan dalam permodelan struktur menggunakan program SAP2000. Dalam analisis struktur digunakan program SAP2000 dengan model 3D. Hasil analisis data dan perhitungan struktur breasting dolphin dan mooring dolphin dermaga jetty untuk kapal tanker berkapasitas 10.000 DWT didapat gaya yang bekerja pada struktur breasting dolphin sebesar 229,0294 ton dan pada struktur mooring dolphin sebesar 294,3652 ton. Kemudian, kemampuan struktur pada kapasitas tiang baja dengan dimensi 1066,8 mm dan tebal 21 struktur breasting dolphin sebesar 0,4245 dan pada struktur mooring dolphin sebesar 0,6178 memenuhi syarat batas yakni kurang dari 1 maka rasio tersebut dapat dikatakan aman. A1 - Syafrida, Rifda N2 - The construction of dock facilities for 10,000 DWT tankers is an investment effort by PT. XYZ to support operational activities, specifically to increase polyethylene (PE) production capacity to 2 million tons per year. Therefore, an analysis of the breasting dolphin and mooring dolphin structures is necessary to ensure the stability of the building without experiencing changes and not exceeding the permitted limits. The objective of this research is to determine the forces acting on the breasting dolphin and mooring dolphin structures of the jetty dock and to understand the capacity of the breasting dolphin and mooring dolphin structures of the jetty dock to withstand the loads acting on them for a 10,000 DWT capacity tanker ship. This research uses a quantitative research method, specifically secondary data consisting of topographic maps, bathymetric maps, wind data, wave data, tidal data, ship data, and soil characteristic data. The method used in the structural modeling employs the SAP2000 program. In the structural analysis, the SAP2000 program with a 3D model is utilized. The results of the data analysis and calculations for the breasting dolphin and mooring dolphin structures of the jetty dock for a 10,000 DWT capacity tanker showed that the force acting on the breasting dolphin structure was 229.0294 tons and on the mooring dolphin structure was 294.3652 tons. Furthermore, the structural capacity of the steel piles with dimensions of 1066.8 mm and a thickness of 21 for the breasting dolphin structure was 0.4245 and for the mooring dolphin structure was 0.6178, which meets the limit requirement of less than 1, indicating that the ratio can be consideredsafe. M1 - sarjana AV - public PB - Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Y1 - 2025/02/28/ ID - eprintuntirta47627 ER -