eprintid: 47620 rev_number: 29 eprint_status: archive userid: 13524 dir: disk0/00/04/76/20 datestamp: 2025-03-05 04:14:26 lastmod: 2025-03-05 04:14:26 status_changed: 2025-03-05 04:14:26 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: APRIANTI, DWI creators_id: 2227200115 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: ANDRIANA, ENCEP contributors_name: SYACHRUROJI, A. contributors_id: 198811262014041001 contributors_id: 197908162005011006 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI ASSEMBLR PADA MATERI STRUKTUR BUMI BERBASIS TEKNOLOGI 3 DIMENSI PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS V ispublished: pub subjects: L1 subjects: LB subjects: LB1501 divisions: FKIP divisions: PGSD full_text_status: restricted keywords: Assemblr Application, Earth Structure, Learning Media Aplikasi Assemblr, Media Pembelajaran, Struktur Bumi note: Tujuan dari penelitian ini ialah guna mengetahui pengembangan, kelayakan, respons peserta didik dan keefektivan media aplikasi assemblr. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate) untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis aplikasi assemblr pada materi struktur bumi di kelas V SDN Kebaharan 2. Teknik keabsahan data menggunakan Uji kelayakan oleh ahli materi, bahasa dan media, uji coba produk untuk mendapatkan respon peserta didik, dan uji efektivitas menggunakan uji gain ternormalisasi dengan pretest-posttest. Hasil dari penelitian ini yaitu uji kelayakan menunjukkan bahwa media pembelajaran memperoleh skor rata-rata keseluruhan sebesar 90,77% dengan kategori sangat layak. Respon positif peserta didik sebanyak 42 peserta didik mendapatkan rata-rata sebesar 88% mengindikasikan bahwa media pembelajaran diterima dengan baik. Uji efektivitas menunjukkan peningkatan hasil belajar peserta didikyang signifikan dengan nilai N-gain sebesar 78%, yang mengindikasikan bahwa media aplikasi assemblr efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta didikterhadap konsep yang bersifat visual dan abstrak seperti struktur bumi. abstract: The purpose of this study was to determine the development, feasibility, student responses and effectiveness of the assemblr application media. This study uses a Research and Development (R&D) approach with the ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate) model to produce an assemblr application-based learning media on the material of earth structure in class V SDN Kebaharan 2. Data validity techniques use a feasibility test by material, language and media experts, product trials to obtain student feedback, and effectiveness tests using normalized gain tests with pretest-posttest. The results of this study, namely the feasibility test, showed that the learning media obtained an overall average score of 90.77% with a very feasible category. Positive responses from 42 students with an average of 88% indicated that the learning media was well received. The effectiveness test showed a significant increase in student learning outcomes with an N-gain value of 78%, indicating that the assemblr application media is effective in improving students' understanding of visual and abstract concepts such as the structure of the earth. date: 2025 date_type: published pages: 269 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: APRIANTI, DWI (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI ASSEMBLR PADA MATERI STRUKTUR BUMI BERBASIS TEKNOLOGI 3 DIMENSI PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS V. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47620/1/DWI%20APRIANTI_2227200115_FULLTEXT.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47620/18/DWI%20APRIANTI_2227200115_CP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47620/2/DWI%20APRIANTI_2227200115_01.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47620/3/DWI%20APRIANTI_2227200115_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47620/4/DWI%20APRIANTI_2227200115_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47620/5/DWI%20APRIANTI_2227200115_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47620/6/DWI%20APRIANTI_2227200115_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47620/7/DWI%20APRIANTI_2227200115_REFF.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47620/8/DWI%20APRIANTI_2227200115_LAMP.pdf