%A SINTIA EKA PUTRI %D 2025 %O Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif berbasis Profil Pelajar Pancasila pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas IV. Pengembangan e-modul ini didasarkan pada pentingnya penggunaan media pembelajaran digital yang mendukung pembentukan karakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall, yang terdiri dari sepuluh tahap yang dimodifikasi menjadi enam tahap, mulai dari penelitian awal hingga penyebaran produk. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan angket yang melibatkan guru dan siswa kelas IV sebagai subjek penelitian. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa untuk memastikan kelayakan e-modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e�modul interaktif ini sangat layak digunakan, dengan tingkat kepraktisan dan keefektifan yang tinggi. E-modul ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi IPAS, tetapi juga mengintegrasikan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila, seperti gotong royong, kemandirian, dan berpikir kritis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa e-modul interaktif berbasis Profil Pelajar Pancasila dapat menjadi alternatif solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan peserta didik. %L eprintuntirta47587 %T PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 02 TAKTAKAN KOTA SERANG %K interactive e-module, Pancasila Student Profile, Borg and Gall, Science and Social Studies e-modul interaktif, Profil Pelajar Pancasila, Bord and Gall, IPAS %X This study aims to develop an interactive e-module based on the Pancasila Student Profile for fourth-grade Science and Social Studies (IPAS) subjects. The development of this e-module is grounded in the importance of utilizing digital learning media that support character building in accordance with Pancasila values. This research adopts the Borg and Gall development model, which consists of ten stages, modified into six stages, ranging from preliminary research to product dissemination. Data were collected through interviews, observations, and questionnaires involving fourth-grade teachers and students as research subjects. Validation was conducted by subject matter experts, media experts, and language experts to ensure the feasibility of the e-module. The results of the study indicate that the interactive e-module is highly feasible for use, with high levels of practicality and effectiveness. The e-module not only enhances students’ understanding of IPAS material but also integrates the values of the Pancasila Student Profile, such as collaboration, independence, and critical thinking. This study concludes that the interactive e-module based on the Pancasila Student Profile can serve as an alternative solution to improving the quality of learning that aligns with students' needs. %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA