eprintid: 47510 rev_number: 30 eprint_status: archive userid: 7121 dir: disk0/00/04/75/10 datestamp: 2025-02-27 02:54:35 lastmod: 2025-02-27 02:54:35 status_changed: 2025-02-27 02:54:35 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: 3331200101@untirta.ac.id creators_name: Maha Putra, Fikri Adytama creators_id: 3331200101 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Hendra, Hendra contributors_name: Notonegoro, Hamdan Akbar contributors_id: 197311182003121002 contributors_id: 197901292010121002 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS TEKNIK corp_creators: JURUSAN TEKNIK MESIN title: PENGARUH LUAS BIDANG BAKAR PADA BAHAN BAKAR PADAT DAN VARIASI SUDUT KONVERGEN NOZZLE 5 MM TERHADAP GAYA DORONG ispublished: pub subjects: TJ divisions: Mesin full_text_status: restricted keywords: Gaya Dorong, Luas Bidang Bakar, Nozzle, Roket, Sudut Inner Nozzle. abstract: Pergeseran teknologi dan penggunaan senjata di seluruh dunia merupakan fenomena yang terus berlangsung seiring dengan perkembangan zaman. Konflik berskala global yang terjadi pada Perang Dunia I dan II, serta konflik regional di Timur Tengah antara Israel dan Palestina (Hamas), menciptakan dampak besar bagi stabilitas kawasan. Roket adalah platform terbang atau wahana terbang yang memanfaatkan energi dari pembakaran untuk menciptakan daya dorong. Nozzle pada roket adalah komponen yang berfungsi sebagai saluran keluaran atau mulut roket. Dalam penelitian ini, terdapat model sistem propulsi yang digunakan sebagai eksperimen untuk mengidentifikasi dan mempelajari pengaruh luas bidang bakar terhadap gaya dorong, serta mengetahui pengaruh sudut nozzle kerucut terhadap gaya dorong yang dihasilkan, serta mengidentifikasi kerusakan permukaan bidang nozzle yang disebabkan oleh proses pembakaran. Pengambilan data dilakukan dengan variasi sudut inner nozzle yaitu 50⁰, 60⁰, 70⁰, 80⁰, dan 90⁰, melalui pengujian statik untuk menghasilkan gaya dorong (N). Rata-rata gaya dorong yang dihasilkan pada bahan bakar padat tanpa rongga, dengan luas permukaan pembakaran sebesar 2,26 cm², adalah 0,41 N, sedangkan rata-rata gaya dorong yang dihasilkan pada bahan bakar padat menggunakan rongga sepanjang 10 mm, dengan luas permukaan pembakaran sebesar 3,52 cm², adalah 6,23 N. date: 2025 date_type: published pages: 42 institution: Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa department: TEKNIK MESIN thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana referencetext: [1] E. T. Susdarwono, A. Setiawan, and Y. N. Husna, “Kebijakan negara terkait perkembangan dan revitalisasi industri pertahanan Indonesia dari masa ke masa,” J. USM Law Rev., vol. 3, no. 1, pp. 155–181, 2020. [2] D. A. Prabowo, R. E. AK, and Z. Hidayat, “Estimasi Parameter Aerodinamika Model Roket Menggunakan Computational Fluid Dynamics,” J. Tek. ITS, vol. 9, no. 2, pp. E146–E153, 2021. [3] C. W. Hawk, “Rocket Propulsion Theory,” Encycl. Sp. Sci. Technol., 2003. [4] S. Gibb, “Closure principles and the laws of conservation of energy and momentum,” Dialectica, vol. 64, no. 3, pp. 363–384, 2010. [5] E. Watkins, “The laws of motion from Newton to Kant,” Perspect. Sci., vol. 5, no. 3, pp. 311–348, 1997. [6] E. Wong, “Solid rocket nozzle design summary,” in 4th Propulsion Joint Specialist Conference, 1968, p. 655. [7] T. Shimizu, M. Kodera, and N. Tsuboi, “Internal and external flow of rocket nozzle,” The Earth Simulator, vol. 9, pp. 19–26, 2008. [8] N. A. Assahrah, “Pengaruh Diameter Nozzle Outlet dan Sudut Kemiringan Inlet Terhadap Gaya Dorong Water Jet.” Universitas Hasanuddin, 2023. [9] Z. Zuhaimi and H. Husaini, “Perilaku Retak Aluminium Paduan A6061-T6 pada Pembebanan Mixed Mode,” J. Tek. Mesin, vol. 8, no. 1, pp. 26–32, 2006. [10] A. Suprapto, P. E. Setyawan, A. B. Setiawan, and D. I. Tsamroh, “The effect of anodizing solution type against the coating thickness and wear rate of aluminum 6061,” Int. J. Mech. Eng. Technol., vol. 10, no. 12, pp. 57–64, 2019. [11] A. B. Stambouli and E. Traversa, “Fuel cells, an alternative to standard sources of energy,” Renew. Sustain. energy Rev., vol. 6, no. 3, pp. 295–304, 2002. [12] S. K. Pradhan, V. Kedia, and P. Kour, “Review on different materials and their characterization as rocket propellant,” Mater. Today Proc., vol. 33, pp. 5269–5272, 2020. [13] G. P. Sutton and O. Biblarz, Rocket propulsion elements. John Wiley & Sons, 2011. [14] W. Zhang, M. Xu, H. Yang, X. Wang, S. Zheng, and X. Li, “Data-driven deep learning approach for thrust prediction of solid rocket motors,” Measurement, vol. 225, p. 114051, 2024. [15] S. Asri and R. T. Indrawati, “Pengaruh Bentuk Briket Terhadap Efektivitas Laju Pembakaran,” J. Penelit. Dan Pengabdi. Kpd. Masy. UNSIQ, vol. 5, no. 3, pp. 338–341, 2018. [16] M. Hasan, Kinetika Kimia. Syiah Kuala University Press, 2020. [17] W. Arismunandar, “Pengantar turbin gas dan motor propulsi,” Penerbit ITB, Bandung, 2002. [18] B. Eko, “Turbin Gas Konsep Dasar dan Penerapannya,” Semarang Inst. Kegur. dan Ilmu Pendidik. Semarang, 1990. [19] M. A. Puryadi, “Pengaruh Variasi Geometri Nozzle Pada Valveless Pulsejet Engine Terhadap Gaya Dorong Dan Kebisingan Berbahan Bakar Lpg,” Sainteknol J. Sains dan Teknol., vol. 18, no. 1, pp. 1–10, 2020. citation: Maha Putra, Fikri Adytama (2025) PENGARUH LUAS BIDANG BAKAR PADA BAHAN BAKAR PADAT DAN VARIASI SUDUT KONVERGEN NOZZLE 5 MM TERHADAP GAYA DORONG. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47510/1/Fikri%20Adytama%20M_3331200101_Fulltext..pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47510/19/Fikri%20Adytama%20M_3331200101_01..pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47510/3/Fikri%20Adytama%20M_3331200101_02..pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47510/4/Fikri%20Adytama%20M_3331200101_03..pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47510/5/Fikri%20Adytama%20M_3331200101_04..pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47510/6/Fikri%20Adytama%20M_3331200101_05..pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47510/7/Fikri%20Adytama%20M_3331200101_Ref..pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47510/8/Fikri%20Adytama%20M_3331200101_Lamp..pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47510/9/Fikri_Adytama_M_3331200101_CP..pdf