eprintid: 47494 rev_number: 22 eprint_status: archive userid: 20368 dir: disk0/00/04/74/94 datestamp: 2025-03-04 03:56:10 lastmod: 2025-03-04 03:56:10 status_changed: 2025-03-04 03:56:10 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hanida, Dea creators_id: 5554200012 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Mukhsin, Moh contributors_name: Nuzulul Atiah, Isti contributors_id: 196806142007011001 contributors_id: 198805022018032001 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS corp_creators: EKONOMI SYARIAH title: PENGARUH PENGETAHUAN, RELIGIUSITAS DAN LOKASI TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 2020-2023) ispublished: pub subjects: HB divisions: FEB divisions: EkSy full_text_status: restricted keywords: Knowledge, Religiosity, Location, Interest in Saving Pengetahuan, Religiusitas, Lokasi, Minat Menabung note: Penelitian ini bertujuan untuk mengenalisis pengaruh pengetahuan, religiusitas, dan lokasi terhadap minat menabung di bank syariah. Penelitian ini diadakan di jurursan Ekonomi Syariah angkatan 2020-2023 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah Angkatan 2020-2023 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang berjumlah 77 responden. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode analisis data menggunakan regresi liniear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial variabel pengetahuan tidak berpengaruh terhadap minat menabung di bank syariah. Sedangkan, variabel religiusitas dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di bank syariah. Secara simultan variabel pengetahuan, religiusitas, dan lokasi berpengaruh terhadap minat menabung mahasiswa di bank syariah pada tingkat signifikan kurang dari 0,05% atau 5%. abstract: This study aims to analyse the effect of knowledge, religiosity, and location on interest in saving at Islamic banks. This research was conducted at the 2020- 2023 class of Sharia Economics at Sultan Ageng Tirtayasa University. The sampling technique used in this study was purposive sampling. the sample in this study were students majoring in Sharia Economics Class of 2020-2023, Sultan Ageng Tirtayasa University, totalling 77 respondents. This research is quantitative research and the data analysis method uses multiple linear regression. The results of this study indicate that partially the knowledge variable has no effect on interest in saving at Islamic banks. Meanwhile, the variables of religiosity and location have a positive and significant effect on interest in saving at Islamic banks. Simultaneously, the variables of knowledge, religiosity, and location affect the interest in saving students in Islamic banks at a significant level of less than 0.05% or 5%. date: 2025 date_type: published publication: PENGARUH PENGETAHUAN, RELIGIUSITAS DAN LOKASI TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH PADA MAHASISWA EKONOMI SYARIAH volume: 10 number: 01 publisher: Jurnal Masharif Al-Syariah (JMS) pages: 155 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: EKONOMI SYARIAH thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana refereed: TRUE official_url: http://www.um-surabaya.ac.id/ referencetext: Abdul Malik, Ahmad Syahrizal, A. (2021). The effect of promotion, knowledge and trust on interest in saving at Bank Syariah Indonesia KCP Singkut in Pelawan Jaya village community. Jurnal Margin, 1(1), 36122. Ajzen I. 2015. Costumer attitudes and behavior: the theory of planned behavior applied to food consumption decisions. Rivista di Economia Agraria, Anno LXX. (2):121-138. [diakses 10 Nov 2022]doi: 10.13128/REA-18003 Alwi Muhamad, Afifudin, A. F. K. S. (2020). Pengaruh Pengetahuan Dan Promosi Terhadap Minat Mahasiswa Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Feb Universitas Islam Malang). 3(July), 1–23. Amir, Y., & Lesmawati, D. R. (2016). Religiusitas dan Spiritualitas : Konsep yang sama atau berbeda. Jurnal ilmiah penelitian peikologi: kajian empiris & non-empiris, 2(2), 67-73. Anshori, A. G. (2018). Perbankan Syariah di Indonesia. Aswad, A., & Patimbangi, A. (2022). Pengaruh Pengetahuan, Produk Dan Promosi Terhadap Minat Menabung Mahasiswa Di Bank Syariah. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Syariah (Jurnal Akunsyah), 1(1), 1–11. https://doi.org/10.30863/akunsyah.v1i1.2987 Aulia, M. P. (2022). The Influence of Religiosity , Trust , Knowledge and Indonesia Sub-Branch Office Bengkalis. 2, 105–114. Cahaya, L. A., & Nurlaila, N. (2022). Pengaruh pengetahuan tentang riba terhadap minat menabung di Bank Syariah pada kalangan mahasiswa FEBI Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(5), 2118–2126. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i5.2766 Damayanti, S. (2016). Pengaruh pandangan islam, pelayanan dan keamanan terhadap minat nasabah untuk menabung di bank syariah mandiri cabang x. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 9, 18. Darsini, Fahrurrozi, & Cahyono, E. A. (2019). Pengetahuan ; Artikel Review. Jurnal Keperawatan, 12(1), 97. Emila, S. (2022). Keamanan Terhadap Minat Nasabah Untuk Menabung Di Bank Syariah Islam ( Bsi ) Cabang Lahat. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(No 1 Juni), 16–24. F. Mujaddid, P. T. A. N. (2019). pengaruh pengetahuan, reputasi, lingkungan dan religiusitas terhadap minat pelajar sekolah menengah kejuruan prodi perbankan syariah dalam menabung di bank syariah. Ekonomi Islam, 10. Faha, Y. M., Masruchin, M., & Latifah, F. N. (2022). The Influence of Religiosity and Customer Perception on Interest in Savings. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 5(1), 153–166. https://doi.org/10.31538/iijse.v5i1.1803 Fauji, R., & Pramudita Faddila, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Johar Futsal Karawang. Jurnal Manajemen Bisnis Kreatif, 35–56. Fauzy, T. O., Purwadi, A., & Hakim, R. (2019). Analisis Pengetahuan tentang Perbankan Syariah Santri Pondok Pesantren Al-Ittihad Mojokerto dan Pengaruhnya terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. Iqtishodia: Jurnal Ekonomi Syariah, 4(2), 181–206. https://doi.org/10.35897/iqtishodia.v4i2.230 FEB.UNTIRTA.AC.ID. (2024). Sejarah, Tugas & Fungsi Untirta. Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbitan Universitas Diponegoro. Handayani, S., & Antono, M. W. (2019). Hubungan Lokasi Dan Promosi Dengan Keputusan Pembelian Rumah Subsidi Pada Pt. Graha Estetika Property Bengkulu. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2), 50–66. https://doi.org/10.33369/insight.13.2.50-66 Hardyansah, R., Darmawan, D., Arifin, S., & Negara, D. S. (2023). STUDENT INTEREST IN BECOMING CUSTOMERS OF ISLAMIC BANKS IN TERMS OF RELIGIOSITY AND PRODUCT KNOWLEDGE. 4(1), 5–10. Hariyanto, H., & Nafi’ah, B. (2022). Analysis of Factors Affecting on Saving Intention in Islamic Bank: The Case in Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1), 28. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i1.4308 Hasanah, F. (2019). Pengaruh tingkat religiusitas, pengetahuan, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap preferensi menabung mahasiswa universitas muhammadiyah palembang pada bank syariah. 05. Hasan, A. (2019). Keuangan Islam dan Bank Syariah di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Ilfita, K., & Canggih, C. (2021). the Influence of Sharia Financial Literacy, Religiosity, and Perception of Saving Students’ Interest in Sharia Banks. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 3(2), 113–134. https://doi.org/10.31538/iijse.v3i2.1010 Ilyas, R. (2017). MANAJEMEN PERMODALAN BANK SYARIAH. Bisnis, 5(2), 323–338. Indriasari, R., & Santoso, A. B. (2018). Persepsi Nasabah Tentang Tabungan Wadiah. Jurnal Riset dan Aplikasi: Akuntansi dan Manajemen, 3(1), 1-7. Irmawanti, A., & Puspita, R. E. (2021). Customer’s Decisions To Save In Sharia Banking Among Jakarta Millennial. Al-Amwal : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah, 13(1), 64. https://doi.org/10.24235/amwal.v13i1.8239 Ismail. (2017). Perbankan Syariah. Kemendagri. (2020). Menjadi Muslim, Menjadi Indonesia (Kilas Balik Indonesia Menjadi Bangsa Muslim Terbesar). https://kemenag.go.id Keuangan, O. J. (2023). Desember 2023. Statistika Perbkan Syariah, Sharia Banking Statistic, December, 19–119. Klarisa Dwi Yanti, Dwiyani Sudaryanti, J. (2022). PENGARUH PENGETAHUAN MASYARAKAT DAN KEMUDAHAN LAYANAN DIGITAL TERHADAP MINAT MEMBUKA REKENING DI PERBANKAN SYARIAH. 3(2), 1–11. Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS). (2019). Rencana Induk Ekonomi Syariah Iindonesia 2019-2024. Krisdayanti, M. (2020). Kontrol Diri Terhadap Minat Menabung Mahasiswa. Platform Riset Mahasiswa Akuntansi, 1(2), 79–91. Kristiyadi, & Hartiyah, S. (2016). PENGARUH KELOMPOK ACUAN , RELIGIUSITAS , PROMOSI DAN PENGETAHUAN TENTANG LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENABUNG DI KOPERASI SYARIAH (Studi Kasus pada BMT TAMZIS Wonosobo). Ekonomi Dan Teknik Informatika, 5(Hutabarat 2010), 44–63. Kuala, S., Amanda, S. M., & Majid, M. S. A. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat menabung di bank syariah (studi kasus dosen universitas syiah kuala). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam, 1(2), 197–214. Kurniawan, B., & Yogitriani, R. (2023a). the Influence of Location and Promotion on the Interest in Saving in Islamic Banks in the Cempaka Putih Urban Village Community Jambi City. 3(2), 135–151. Lubis, A. A. (2018). Analisis Aspek Religiusitas Terhadap Etika Bisnis Pedagang Pasar Muslim Pusat Pasar Kota Medan. Dusturiyah: Jurnal Hukum Islam, Perundang-Undangan Dan Pranata Sosial, 7(1). https://doi.org/10.22373/dusturiyah.v7i1.2339 M Rosyid, H. S. (2016). Pengetahuan Perbankan Syariah dan Pengaruhnya terhadap Minat Menabung Santri Dan Guru. Islaminomic, 7. Maharani, R., Supriyanto, T., & Rahmi, M. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menabung di Bank Syariah (Studi Kasus pada BSI ex BSM). Jurnal Syarikah, 7(2), 127–136. Mahesazzumar, R. R., & Rahmi, M. (2022). The Analysis of Factors Influencing Decisions on The Use of Sharia Banking in Generation Z in Jakarta. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 5(2), 84– 852. https://doi.org/10.31538/iijse.v5i2.2124 Makka, M. M., Fahmi, C., & Tarantang, J. (2024). Religiosity of Muslim Customers as a Motivation to Save at Bank Syariah Indonesia. Kunuz: Journal of Islamic Banking and Finance, 4(1), 1–16. Malik, A., Ahmad Syahrizal, & Anisah. (2021). Pengaruh Promosi, Pengetahuan Dan KepercayaanTerhadap Minat Menabung Di Bank Syariah IndonesiaKcp Singkut Pada Masyarakat Desa Pelawan Jaya. Jurnal Margin, 1(1), 28–43. Mardiatmoko, G.-. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss3pp333-342 Markaz Ta'dzhim al- Qur'an. Tfsir Al-Madinah Al-Mmunawwarah. Imad Zuhair Hafidz, editor. Jakarta: Qur'an Nu. https://quran.nu.or.id/al-baqarah/208 Maulana, U. I. N., Ibrahim, M., Febrian, J., Wahyu, E., & Budianto, H. (2023). PROCEEDING ICONIES FACULTY OF ECONOMICS THE EFFECT OF KNOWLEDGE , TRUST , PRODUCTS , SERVICES AND RELIGIOSITY ON INTEREST IN SAVING International Conference of Islamic Economics and Business 9th 2023 Febrian & Budianto : The Effect of Knowledge ... Intern. 2015, 85–96. Mayasari, R. (2014). Religiusitas Islam dan kebahagiaan (Sebuah telaah dengan perspektif psikologi). Al-Munzir, 7(2), 81–100. Melina, F., Cheumar, M., & Haji-Othman, Y. (2023). The Effect of Knowledge and Service Quality on Public Preference in Sharia Bank in Riau Province. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 13(8), 331–341. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v13-i8/17994 Muhammad Atiullah Othman, I. I. (2016). Pengetahuan sebagai Elemen Tanggungjawab Manusia menurut Perspektif Islam Knowledge as An Element of Human Responsibility from the Islamic Perspective. Jurnal Antarabangsa Pengajian Islam, 38(1), 65–70. http://dx.doi.org/10.17576/islamiyyat-2016-3801-07. Mujaddid, F., & Nugroho, P. T. A. (2019). Pengaruh pengetahuan, reputasi, lingkungan dan religiusitas terhadap minat pelajar Sekolah Menengah Kejuruan prodi perbankan Syariah dalam menabung di bank Syariah. Jurnal Ekonomi Islam, 10(1), 14–37. Mujib, A. (2016). Manajemen Strategi Promosi Produk Pembiayaan Perbankan Syariah. Jurnal Al Wadiah, 1. https://doi.org/10.62214/jaw.v1i2.125 Musyaffa, H., & Iqbal, M. (2022). Pengaruh Religiusitas, Kualitas Layanan, dan Promosi Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. Perbanas Journal of Islamic Economics and Business, 2(2), 167. https://doi.org/10.56174/pjieb.v2i2.61 Novia Putri Ayu Wulandari, D. H. S. (2021). Jurnal Ekonomika. Jurnal Ekonomika, 10(2), 244–265. Novian, H., Wardany Anwar, M., Irviani, R., & Tinggi Agama Islam Maarif Kalirejo Lampung Tengah, S. (2023). Pengaruh Pengetahuan Produk Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Indonesia (BSI). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(03), 4082–4091. http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v9i3.11358 Novianti, A. D., & Hakim, L. (2021). Pengaruh Pengetahuan, Produk dan Religiusitas Terhadap Minat Menabung dengan Variabel Moderating Persepsi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 116–122. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n1.p116-122 Nugraha, M. R., Andriyanto, M. D., & ... (2022). Analisis Faktor Penghambat Pertumbuhan Bank Syariah di Indonesia. … National Seminar on …, 833– 851. Nurfitriani, & Hidayati, U. (2021). Pengaruh Produk Dan Lokasi Terhadap Minat Masyarakat Desa Kadong-Kadong Menabung Di Bank Syariah Belopa. Jurnal Manajemen Dan Perbankan Syariah, 3(November). Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (2021). Masterplan Sektor Jasa Keuangan Indonesia 2021-2025. Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (2017). Perbankan Syariah dan Kelembagaannya. https://www.ojk.go.id/id. Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (2024). Penguatan Sektor Jasa Keuangan Dalam Menjaga Pertumbuhan Ekonomi: Laporan Kinerja OJK Tahun 2023. Ootoritas Jasa Kkeuangan (OJK). (2024). Strategi Mengakselerasi Pangsa Pasar Keuangan Syariah. Paputungan, O. M., Syarifuddin, S., & Semmawi, R. (2021). Pengaruh Lokasi Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Unit Inobonto Terhadap Minat Nasabah Untuk Menabung. Kunuz: Journal of Islamic Banking and Finance, 1(1), 10–21. https://doi.org/10.30984/kunuz.v1i1.25 Priadama, M. S., & Sunarsi, D. (2021). METODE PENELITIAN KUANTITATIF (Della, Ed.; 1st ed.). Pascal Books. Prastiwi, I. E., & Zuhdi, M. N. (2022). Analysis of Factors Affecting Interest in Saving In Islamic Bank : Konwledge, Social Environment And Psychological Factors. International Journal of Economics, Bussines and Accounting Research (IJEBAR). 6(2). 2022(2), 770–785. Pratopo, G., Hasan, I., Islam, U., Maulana, N., Ibrahim, M., Islam, U., Maulana, N., & Ibrahim, M. (2024). The influence of knowledge and religiosity on saving interest in Islamic banks among Ponorogo residents. 10(1), 419–438. Prodi Ekonomi Syariah. (2022). Program Studi S1 Ekonomi Syariah. Purnomo, S. D., Cahyo, H., & Mukharomah, S. A. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Menabung di Bank Syariah pada Masyarakat Kabupaten Banyumas. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 6(2), 343. https://doi.org/10.33087/jmas.v6i2.273 Putri, R. C., & Ristianawati, Y. (2024). Interest Saving In Islamic Banks: Profit Sharing, Religiosity, Product Diversity, And Moderation By Promotions. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 13(1), 127–143. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v13i1.1841 Putriani, Y. H., & Shofawati, A. (2015). Pola Perilaku Konsumsi Islami Mahasiswa Muslim Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Ditinjau Dari TIngkat Religiusitas. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 2(7), 570. https://doi.org/10.20473/vol2iss20157pp570-582 Rahmadani, N., Zuhirsyan, M., & Kholil, A. (2021). Pengaruh Persepsi, Religiusitas Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menabung Mahasantri di Bank Syariah. Jurnal BILAL: Bisnis Ekonomi Halal, Vol. 2(No. 2), 159–169. Rahmany, S. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi tabungan mudharabah pada perbankan syariah di indonesia. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 1(02), 122-137. Rahmat, A. (2023). Pengaruh Tingkat Pengetahuan Dan Iklan Terhadap Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Masyarakat Desa Galung Tuluk Kabupaten Polewali Mandar). 8(2), 890–896. doi: Rahmawati, H. K. (2016). Kegiatan Religiusitas Masyarakat Marginal di Argopuro. Jurnal Community Development, 1(2), 35–52. Rahmawati, L., & Rahayu, Y. (2024). Factors influencing interest in saving at Pasar Besar in Malang City Islamic bank : A study on the merchants of. Journal of Islamic Economics Lariba, 10(1), 287–306. Raihana, S., & Aulia, R. (2020). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Lokasi, Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menabung Di Bank Aceh Syariah Cabang Jeuram (Studi Pada Masyarakat Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya). JIHBIZ :Global Journal of Islamic Banking and Finance., 2(2), 110. https://doi.org/10.22373/jihbiz.v2i2.8643 Ramadhani, N. Ik., Susyanti, J., & ABS, M. K. (2019). Analisis Pengaruh Tingkat Religiusitas, Pengetahuan dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menabung Mahasiswa di Bank Syariah Kota Malang. E-Jurnal Riset Manajemen, h. 81. www.fe.unisma.ac.idemail:e.jrm.feunisma@gmail.com Rawi, J. D. N., Luthfianti, Y., & Widyaningsih, M. (2023). Pengaruh Theory of Planned Behavior Terhadap. 12, 31–46. Rivai, V. & Arifin, A. (2017). Islamic Banking: Teori dan Praktik. Jakarta: Mitra Wacana Media. Safitri, F. A., Diana, N., & Alrasyid, H. (2022). Pengaruh Religiusitas dan Literasi Keuangan Syariah Terhadap Minat Masyarakat Menabung di Lembaga Keuangan Syariah (Study Kasus Masyarakat Desa …. El-Aswaq: Islamic Economics and …, 1–14. Safitri, N. D., & Suryaningsih, S. A. (2022). Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan , Lokasi, Dan Pelayanan Terhadap Minat Membayar Zakat. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 4(3), 188–201. https://doi.org/10.26740/jekobi.v4n3.p188- 201 Sapira, P. (2023). Pengaruh Financial Knowledge Dan Disposable Income Terhadap Minat Masyarakat Menabung Pada Bank Muamalat Kcu Palembang. Sari, N., & Andika, S. (2020). Pendapatan Pedagang Di Wisata Pantai Selatbaru Kecamatan Bantan Dalam Perspektif Ekonomi Islam. 1(2), 16–31. Sektalonir Oscarini Wati Bhakti, S. O. W. B. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK, PELAYANAN, LOKASI DAN FASILITAS TERHADAP MINAT NASABAH UNTUK MENABUNG PADA BANK BRI UNIT HARAPAN BARU. Jurnal Eksis, 18(2), 47–56. Sembiring, E. F., & Sunargo, S. (2022). Pengaruh harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian rumah KPR subsidi di PT Sinar Jaya Putra Kampar Batam. Jurnal Paradigma Ekonomika, 17(1), 117–126. https://doi.org/10.22437/jpe.v17i1.16769 Seplinda, M., & Putri, Y. A. (2022). THE INFLUENCE OF ACCESSIBILITY , SERVICE , AND KNOWLEDGE OF SHARIA ACCOUNTING ON INTEREST TO SAVE IN SHARIA BANK ( CASE STUDY OF UPI YPTK PADANG STUDENTS ). 11(02), 1440–1446. Setyagustina, K., Khasanah, N., Ahmadi, A., & Suhitasari, W. D. (2024). Understood or Forced: Reviewing Lecturers’ Interest in Saving in Islamic Banks. International Conference on Islamic Economic (ICIE), 2(2), 248– 271. https://doi.org/10.58223/icie.v2i2.268. Sugiyono, P. D. (2019). metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan, 67. Siregar, B. G. (2016). Pengaruh Promosi Dan Lokasi Usaha Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Produk Giro Wadi’Ah Di Pt. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan. TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 2(2), 17. https://doi.org/10.24952/tazkir.v2i2.508 Soemitra, A. (2017). Lembaga Keuangan Syariah. KENCANA. Sofyan, A Syathir, W. (2021). Pengaruh Pengetahuan Religiussitas Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Minat Menabung Masyarakat Di Bank Syariah Indonesia KCP Sidrap. Ekonomi Islam, 1(3), 17–44. Sujianto, A., Ayu Triramdhani, D., Giovanni, A., Luk Ul Muyasaroh, L., & Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, U. (2023). Pengaruh Pengetahuan, Perspektif, dan Religuitas Masyarakat terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 1(3), 95– 106. https://doi.org/10.58192/wawasan.v1i3.868 Supriatna, E. (2019). Islam dan Ilmu Pengetahuan. Jurnal Soshum Insentif, 128– 135. https://doi.org/10.36787/jsi.v2i1.106 Suprihati, S., Sumadi, S., & Tho’in, M. (2021). Pengaruh Religiusitas, Budaya, Pengetahuan Terhadap Minat Masyarakat Menabung di Koperasi Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 443. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1627 Suryadi, B., & Hayat, B. (2021). Religiusitas, Konsep, Pengukuran, dan Implementasi di Indonesia (Issue 40). Syamsuriza, putri, Motivaria, Y. (2019). ANALISIS MINAT MASYARAKAT TERHADAP PERBANKAN SYARIAH. 2(1), 39–88. Tina Wijayanti, & Sujianto, A. E. (2022). Merek, Harga, Lokasi, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian Menurut Perspektif Islam. Maro: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Bisnis, 5(1), 32–41. https://doi.org/10.31949/maro.v5i1.2048 Tripuspitorini, F. A. (2019). Pengaruh Religiusitas Terhadap Negeri Bandung untuk Menabung di Bank Syariah. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 4(2), 54–69. Utamy, O. D. B., & Widhiastuti, R. (2020). The effect of Sharia bank knowledge, promotion, and facilities on savings decisions at Sharia banks with savings interest as mediation variables. Journal of Islamic Economics, Management, and Business (JIEMB), 1(1), 1–28. https://doi.org/10.21580/jiemb.2019.1.1.3986 Wardani, P. D., & Susanti. (2019). Pengaruh Kontrol Diri, Religiusitas, Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan terhadap Perilaku Menabung di Bank Syariah Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 7(2), 189–196. Winarti. (2021). Pengaruh Pengetahuan Nasabah Terhadap Minat menabung Di BNI Syariah KCP Kuningan. Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman, 2(2), 165– 173. Zamakhsyari, L., Winarni, D., & Wage, W. (2022). Pengaruh Pengetahuan Mahasiswa tentang Riba terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 6(2), 113. https://doi.org/10.30595/jssh.v6i2.14953 Zuhirsyan, M., & Nurlinda, N. (2021). Pengaruh Religiusitas, Persepsi Dan Motivasi Nasabah Terhadap Keputusan Memilih Perbankan Syariah. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 2(2), 114–130. https://doi.org/10.46367/jps.v2i2.342 Zulpan, A. (2023). Analisis yuridis sistem bagi hasil produk simpanan wadiah pada bank syariah. 23, 52–61. citation: Hanida, Dea (2025) PENGARUH PENGETAHUAN, RELIGIUSITAS DAN LOKASI TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 2020-2023). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47494/1/Dea%20Hanida_5554200012_Fulltext.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47494/3/Dea%20Hanida_5554200012_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47494/4/Dea%20Hanida_5554200012_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47494/5/Dea%20Hanida_5554200012_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47494/6/Dea%20Hanida_5554200012_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47494/7/Dea%20Hanida_5554200012_ref.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47494/8/Dea%20Hanida_5554200012_Lampiran.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47494/19/Dea%20Hanida_5554200012_01.pdf