@phdthesis{eprintuntirta47415, title = {PENGARUH PAK DEDI DALAM CONTENT MARKETING TERHADAP CITRA MEREK (STUDI PADA BRAND LOKAL RUCAS DI TIKTOK)}, school = {Universitas Sultan Ageng Tirtayasa}, author = {Tia Meilita}, year = {2025}, note = {Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Content Marketing yang melibatkan Pak Dedi terhadap citra merek pada brand lokal RUCAS di Tiktok. Content Marketing yang melibatkan Pak Dedi, seorang figur unik, telah mencuri perhatian audiens dengan cara yang berbeda , sehingga menarik untuk diteliti lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan teori SOR (Stimulus-Organism-Respons) sebagai kerangka dasar untuk mengukur bagaimana stimulus berupa Content Marketing memengaruhi persepsi konsumen (citra merek). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan survei menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 100 responden yang memenuhi kriteria tertentu. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa variabel Content Marketing yang menampilkan Pak Dedi sebagai model marketing RUCAS di platform Tiktok (Variabel X) memiliki persentase sebesar 78,62\%. Persentase ini menunjukkan bahwa Content Marketing yang menggunakan Pak Dedi sebagai model memiliki pengaruh yang sangat besar dan signifikan dalam menarik perhatian serta menghasilkan respon positif dari audiens di Tiktok. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa variabel citra merek (variabel Y) memiliki persentase sebesar 80,31. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa citra merek RUCAS di platform Tiktok berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Content Marketing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap citra merek, namun pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen tergolong rendah. Dibuktikan dengan hasil analisis deskriptif, variabel Content Marketing memiliki persentase sebesar 78,62\%, dan citra merek sebesar 80,31\%, yang keduanya berada dalam kategori baik. Hasil analisis regresi menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,547, yang artinya hubungan positif yang cukup kuat antara Content Marketing dan citra merek. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,292, yang berarti Content Marketing menjelaskan 29,2\% variabilitas pada citra merek, sementara sisanya dipengaruhi faktor lain. Nilai koefisien regresi sebesar 0,539, menunjukkan bahwa setiap peningkatan 1 satuan pada Content Marketing akan meningkatkan citra merek sebesar 0,0593 satuan. Uji signifikansi menghasilkan nilai sig sebesar 0,000{\ensuremath{<}}0,05 dengan t-hitung sebesar 6,469, yang lebih besar dari ttabel sebesar 1,966, sehingga pengaruhnya dinyatakan signifikan.}, abstract = {This research aims to analyze the influence of Content Marketing involving Pak Dedi on brand image for the local brand RUCAS on TikTok. Content Marketing featuring Pak Dedi, a unique figure, has captured the audience's attention in a distinctive way, making it interesting for further research. This study employs the SOR (Stimulus-Organism-Response) theory as a framework to measure how the stimulus of Content Marketing influences consumer perceptions (brand image). The research method used is quantitative with a survey approach using a questionnaire distributed to 100 respondents who meet specific criteria. The results showed that the Content Marketing variable featuring Pak Dedi as the RUCAS marketing model on the TikTok platform (Variable X) has a percentage of 78.62\%. This percentage indicates that Content Marketing using Pak Dedi as a model has a very significant and influential impact on attracting attention and generating positive responses from the TikTok audience. Based on the research results, the brand image variable (Variable Y) has a percentage of 80.31. From these results, it can be concluded that the RUCAS brand image on the TikTok platform is in the very good category. Based on the research results, it can be concluded that Content Marketing has a significant influence on brand image, but its influence on consumer loyalty is relatively low. This is evidenced by the results of descriptive analysis, where the Content Marketing variable has a percentage of 78.62\%, and brand image has a percentage of 80.31\%, both of which are in the good category. The regression analysis results show a correlation coefficient value of 0.547, which means a fairly strong positive relationship between Content Marketing and brand image. The Adjusted R Square value of 0.292 means that Content Marketing explains 29.2\% of the variability in brand image, while the rest is influenced by other factors. The regression coefficient value of 0.539 indicates that every one-unit increase in Content Marketing will increase brand image by 0.0593 units. The significance test produced a sig value of 0.000 {\ensuremath{<}} 0.05 with a t-calculated value of 6.469, which is greater than the t-table value of 1.966, so the influence is considered significant.}, url = {https://eprints.untirta.ac.id/47415/}, keywords = {Content Marketing, Brand Image, TikTok, Mr Dedi, Local Brand, RUCAS. Content Marketing, Citra Merek, Tiktok, Pak Dedi, Brand Lokal, RUCAS.} }