eprintid: 47320 rev_number: 44 eprint_status: archive userid: 2013 dir: disk0/00/04/73/20 datestamp: 2025-02-28 07:38:35 lastmod: 2025-02-28 07:38:35 status_changed: 2025-02-28 07:38:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: REGITA CAHYANI, AJENG creators_id: 6662200158 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: SETYORINI, DEVIANI contributors_id: 197808152003122002 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK corp_creators: JURUSAN ILMU KOMUNIKASI title: BUDAYA PARTISIPATIF DAN PRINSIP ETIKA DALAM PRAKTIK JURNALISME WARGA DI INSTAGRAM (Analisis Isi Kualitatif pada @infoserang periode Januari – Maret 2024) ispublished: pub subjects: SJ subjects: communication-general divisions: FISIP divisions: FISIP_CD full_text_status: restricted keywords: Participatory Culture, Ethical Principles, Citizen Journalism, Instagram, @infoserang Budaya Partisipatif, Prinsip Etika, Jurnalisme Warga, Instagram, @infoserang note: Praktik jurnalisme warga pada era ini berperan penting sebagai media komunikasi massa. Ia memungkinkan individu untuk melaporkan berita dan berbagi informasi secara langsung melalui ruang digital, termasuk media sosial Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik budaya partisipatif dan penerapan prinsip etika dalam jurnalisme warga di Instagram, dengan fokus pada akun instagram @infoserang selama periode Januari–Maret 2024. Kajian ini menggunakan metode analisis isi kualitatif terhadap 15 postingan yang berkaitan dengan bencana alam menggunakan pendekatan kualitaif. Dengan aspek jurnalisme warga (participation, proximity, humanity) peneliti menganalisis aspek mana yang paling mendominasi dari setiap unggahan. Hasil penelitian menunjukkan budaya partisipatif pada akun @infoserang terbentuk dari kolaborasi antara pengelola akun dan pengikutnya sebagai jurnalisme warga. Masing-masing elemen budaya partisipatif (Henry Jenkins) yaitu, affiliations melalui partisipasi jumlah pengikut, expression melalui fitur DM/tandai postingan, collaborative problem solving melalui kolaborasi dengan pihak tertentu dan sirculations yang tercermin melalui jumlah penyebaran konten oleh @infoserang dan hastag untuk memperluas jangkauan. Etika jurnalisme warga dalam media sosial Instagram diimplementasikan melalui modernisasi konten, kesadaran terhadap privasi dan penyajian informasi yang bertanggung jawab. Meskipun masih terdapat pelanggaran prinsip etika, seperti kurangnya verifikasi informasi pada unit analisis ke-12 (16/14/2024), namun secara keseluruhan kualitas informasi yang diunggah sudah cukup akurat dan tidak melanggar pedoman komunitas instagram. abstract: The practice of citizen journalism in this era plays an important role as a mass communication medium. It allows individuals to report news and share information directly through the digital space, including the social media platform Instagram. This research aims to analyze participatory cultural practices and the application of ethical principles in citizen journalism on Instagram, focusing on the Instagram account @infoserang during the period of January–March 2024. This study uses qualitative content analysis methods on 15 posts related to natural disasters using a qualitative approach. With aspects of citizen journalism (participation, proximity, humanity), the researchers analyze which aspect dominates each post. The research results show that the participatory culture on the @infoserang account is formed through collaboration between the account managers and its followers as citizen journalism. Each element of participatory culture (Henry Jenkins) is as follows: affiliations through the participation of followers, expressions through the DM feature/marking posts, collaborative problem solving through collaboration with certain parties, and circulations reflected in the number of content dissemination by @infoserang and hashtags to expand reach. The ethics of citizen journalism on Instagram social media are implemented through content modernization, awareness of privacy, and responsible information presentation. Although there are still violations of ethical principles, such as of information verification in the 12th analysis unit (16/14/2024), overall, the quality of the uploaded information is accurate and does not violate Instagram's community guidelines. date: 2025 date_type: published pages: 134 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: ILMU KOMUNIKASI thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: REGITA CAHYANI, AJENG (2025) BUDAYA PARTISIPATIF DAN PRINSIP ETIKA DALAM PRAKTIK JURNALISME WARGA DI INSTAGRAM (Analisis Isi Kualitatif pada @infoserang periode Januari – Maret 2024). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47320/19/AJENG%20REGITA%20CAHYANI_6662200158_FULL%20SKRIPSI.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47320/2/AJENG%20REGITA%20CAHYANI_6662200158_CP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47320/4/AJENG%20REGITA%20CAHYANI_6662200158_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47320/5/AJENG%20REGITA%20CAHYANI_6662200158_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47320/7/AJENG%20REGITA%20CAHYANI_6662200158_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47320/6/AJENG%20REGITA%20CAHYANI_6662200158_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47320/8/AJENG%20REGITA%20CAHYANI_6662200158_Ref.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47320/9/AJENG%20REGITA%20CAHYANI_6662200158_Lamp.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47320/21/AJENG%20REGITA%20CAHYANI_6662200158_01.pdf