%0 Thesis %9 S1 %A JUMENAH, JUMENAH %A UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, %A FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, %A JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, %B PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR %D 2025 %F eprintuntirta:47312 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %K Learning Media, Flashcards, Reading Skills Media Pembelajaran, Flashcard, Kemampuan Membaca %P 200 %T PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 DI SDN PASULUHAN %U https://eprints.untirta.ac.id/47312/ %X This study aims to develop flashcard media (Picture Word Cards) used to train the beginning reading skills of grade 1 students of SDN Pasuluhan. The research was conducted in October-November 2024, focusing on aspects of media feasibility, improvement of students' beginning reading skills, and students' responses to the use of flashcards. The method used was R&D (Research and Development) research with the 4D development model (Define, Design, Development, Disseminate). Data collection was done through observation, interviews, questionnaires, tests, and documentation. The results showed that flashcards can help students find a learning style that suits their needs. Learners' responses show that this media increases interaction between students, communication with teachers, and knowledge through reflection activities. The improvement of students' reading ability can be seen from the pre-test result of 59, category “Needs Guidance” which increased to post-test of 98, category “Very Good”. This flashcard media is considered very feasible with a feasibility percentage of 84.25%. %Z Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media flashcard (Kartu Kata Bergambar) yang digunakan untuk melatih kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN Pasuluhan. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober- November 2024, dengan fokus pada aspek kelayakan media, peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa, dan respons peserta didik terhadap penggunaan media flashcard. Metode yang digunakan adalah penelitian R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media flashcard dapat membantu siswa menemukan gaya belajar yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Respons peserta didik menunjukkan bahwa media ini meningkatkan interaksi antara siswa, komunikasi dengan guru, serta pengetahuan melalui kegiatan refleksi. Peningkatan kemampuan membaca siswa terlihat dari hasil pre-test 59, kategori “Perlu Bimbingan” yang meningkat menjadi post-test 98, kategori “Sangat Baik”. Media flashcard ini dinilai sangat layak dengan persentase kelayakan 84,25%.