%0 Thesis %9 S1 %A ABDUL AZIS NUGRAHA, TUBAGUS %A UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, %A FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, %A PENDIDIKAN FISIKA, %B PENDIDIKAN FISIKA %D 2024 %F eprintuntirta:47222 %I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %K Augmented Reality; understanding of concepts; mechanical waves Augmented Reality; understanding of concepts; mechanical waves %P 150 %T TECHNOLOGY APPLICATION MOBILE AUGMENTED REALITY IN EDUCATION (TAMARINE): IMPLEMENTASI APLIKASI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP GELOMBANG MEKANIK %U https://eprints.untirta.ac.id/47222/ %X Android based learning applications are currently experiencing development towards Augmented Reality technology (Augmented Reality or AR). Through the use of the Augmented Reality (AR) application as teaching material, it is carried out with the aim of increasing students' understanding of concepts. In this research, researchers chose to use teaching materials through the Augmented Reality application. Through a research and development model using the ADDIE model, research procedures are simplified into 5 stages, namely Analysis, Design, Development. The data collection technique uses a questionnaire. The total population in this research included students from class XI Science at SMA Negeri 3 Pandeglang. A sample of 30 students was taken. Data analysis uses Likert model scoring. The results of the media expert trial showed that the TAMARinE application obtained an average score of 4.45 with a percentage of 89%, so that the results fell into the very appropriate category with valid criteria and material experts obtained an average score of 3. 71 with a percentage of 74%, and the results are included in the Eligible category with the criteria being quite valid or usable. .From the results of the pre-test and post-test given to group members, the results obtained from the average pre-test score were 59.3 and the average post-test score was 80.6. The difference between the pretest and posttest scores determines an increase in students' understanding of the learning media being developed. The gain test results obtained were 0.486 in the medium category, showing that the TAMARinE: Technology Application Mobile Augmented RealityAugmented Reality in Education application, to improve concept understanding in class XI students, can provide an increase in students' concept understanding abilities. %Z Aplikasi pembelajaran berbasis Android saat ini sedang mengalami perkembangan menuju teknologi realitas tertambah (Augmented Reality atau AR). Melalui penggunaan aplikasi Augmented Reality (AR) sebagai bahan ajar dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik, dalam penelitian ini peneliti memilih penggunaan bahan ajar melalui aplikasi Augmented Reality. Melalui model penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE prosedur penelitian disederhanakan menjadi 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development. Teknik pengumpulan data menggunakan angkat kuisioner. Jumlah populasi dalam penelitia ini adalah meliputi siswa-siswi dari kelas XI IPA SMA Negeri 3 Pandeglang diambil sampel sebanyak 30 siswa. Analisis data menggunakan penskoran model likert. Hasil uji coba ahli media didapatkan hasil data penilaian yang menunjukkan bahwa aplikasi TAMARinE memperoleh skor rata-rata sebesar 4,45 dengan presentase sebesar 89%, sehingga hasil itu masuk kedalam kategori sangat layak dengan kriteria valid dan ahli materi Memperoleh skor rata-rata 3,71 dengan persentase sebesar 74%, dan hasil itu masuk kedalam kategori Layak dengan kriteria cukup valid atau dapat digunakan. .Dari hasil pre-test dan post-test yang di berikan kepada anggota kelompok maka hasil yang diperoleh dari skor rata-rata pre-test 59,3 dan skor rata-rata post-test diperoleh hasil 80,6. Selisih antara nilai pretest dan postest yang menentukan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Didapatkan hasil uji gain sebesar 0,486 dengan kategori sedang menunjukkan bahwa aplikasi TAMARinE: Technology Aplication Mobile Augmented Reality Augmented Reality in Education, untuk meningkatkan pemahaman konsep pada siswa kelas XI dapat memberikan peningkatan terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa.