%I UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA %X This research is based on the background of students not playing an active role in learning, it is necessary to conduct research related to the analysis of students' learning styles in learning. This study aims to analyze the learning styles of students, at the Junior High School level in the subject of Pancasila and Citizenship Education. The learning styles in question are the ways that students use to process information and subject matter delivered by the teacher. This study used a quantitative approach with a survey design and involved 38 learners from SMP Negeri 9 Serang City. Data was collected through a questionnaire that measured three main types of learning styles, namely visual, auditorial and kinesthetic. Data analysis was conducted using descriptive statistics and percentages to determine learning styles and their relationship with students' learning styles in Pancasila and Civic Education subjects. The results showed that visual learning style 60.50% dominates among learners, auditorial 29%, while kinesthetic learning style 10.50% has a lower percentage. Factors supporting learning styles such as physical environment, emotional needs and social needs. The solution to understanding individual learning styles lies in recognizing each learning style and applying appropriate learning techniques. In addition, this study found a positive relationship between learning style suitability and academic achievement in Pancasila and Civic Education subjects. This finding provides insight for teachers in designing more effective learning strategies by considering the diversity of students' learning styles. %L eprintuntirta47109 %T ANALISIS GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Studi Survei pada Peserta Didik Kelas IX di SMP Negeri 9 Kota Serang Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) %K Learning Style, Students, Pancasila and Citizenship Education Gaya Belajar, Peserta Didik, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan %A Ilwan Aliansah %O Penelitian ini dilatar belakangi peserta didik kurang berperan aktif dalam pembelajaran, perlu dilakukan penelitian terkait analisis gaya belajar peserta didik dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya belajar peserta didik, di tingkat Sekolah Menengah Pertama dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Gaya belajar yang dimaksud adalah cara-cara yang digunakan peserta didik untuk memproses informasi dan materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survei dan melibatkan 38 peserta didik dari SMP Negeri 9 Kota Serang. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur tiga tipe gaya belajar utama, yaitu visual, auditorial dan kinestetik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dan persentase untuk mengetahui gaya belajar serta kaitannya dengan gaya belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar visual 60,50% mendominasi di antara peserta didik, auditorial 29%, sementara gaya belajar kinestetik 10,50% memiliki persentase yang lebih rendah. Faktor pendukung gaya belajar seperti lingkungan fisik, kebutuhan emosional dan kebutuhan sosial. Solusi untuk memahami gaya belajar individu terletak pada pengenalan terhadap gaya belajar masing-masing dan penerapan teknik belajar yang tepat. Selain itu, penelitian ini menemukan adanya hubungan positif antara kesesuaian gaya belajar dengan prestasi akademik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Temuan ini memberikan wawasan bagi guru dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif dengan mempertimbangkan keberagaman gaya belajar peserta didik. %D 2025