eprintid: 47107 rev_number: 24 eprint_status: archive userid: 20089 dir: disk0/00/04/71/07 datestamp: 2025-02-25 02:18:26 lastmod: 2025-02-25 02:18:26 status_changed: 2025-02-25 02:18:26 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rifaldi Juangga, Arry creators_id: 2286200061 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Jamaludin, Ujang contributors_name: Yuni Lestari, Ria contributors_id: 197708012005011000 contributors_id: 199006102022032006 corp_creators: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA corp_creators: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN corp_creators: JURUSAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN title: PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO MELALUI PODCAST SPOTIFY DALAM MELATIH KETERAMPILAN KERJA SAMA PESERTA DIDIK (Penelitian dan Pengembangan Pada Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 13 Kota Tangerang) ispublished: pub subjects: L1 divisions: FKIP divisions: PPKN full_text_status: restricted keywords: Learning Media, Podcast, Teamwork Skills. Media Pembelajaran, Podcast, Keterampilan Kerja Sama note: Seiring dengan kemajuan teknologi, perubahan paradigma pendidikan akan menghasilkan pembelajaran yang lebih interaktif. Siswa dapat mengembangkan tingkat pemahamannya terhadap materi yang diberikan dengan menggunakan teknologi seperti podcast dalam pendidikan. Media pembelajaran berbasis podcast yang diuji pada siswa kelas VII SMPN 13 Kota Tangerang dibuat menggunakan model ADDIE dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon kepuasan siswa dalam pemahaman materi meningkat secara signifikan, dengan tingkat kepuasan rata-rata sebesar 83%. Media podcast ini dapat dimasukkan ke dalam Kurikulum Merdeka untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih inovatif dan berbasis teknologi. Podcast membuat pembelajaran lebih fleksibel dan interaktif, dan mereka dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Media ini dapat membantu siswa belajar berkolaborasi dan lebih memahami literasi digital. Paradigma pendidikan berubah, yang berarti kita harus beralih dari model pembelajaran konvensional ke model yang lebih interaktif. Kemajuan teknologi, khususnya podcast, memberi siswa kesempatan untuk belajar dengan lebih fleksibel dan mendalam. Penelitian ini menggunakan model ADDIE untuk membuat media pembelajaran berbasis podcast yang berfokus pada meningkatkan keterampilan kerja sama siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa podcast meningkatkan pemahaman siswa tentang materi PPKn, dan menerima respon positif dengan tingkat kepuasan 83%. Podcast ini dapat dimasukkan ke dalam Kurikulum Merdeka untuk menciptakan pembelajaran yang lebih kreatif dan interaktif. abstract: Along with advances in technology, changes in educational paradigms will result in more interactive learning. Students can develop their level of understanding of the material provided by using technology such as podcasts in education. Podcastbased learning media tested on class VII students at SMPN 13 Tangerang City was created using the ADDIE model in this research. The research results showed that students' satisfaction responses in understanding the material increased significantly, with an average satisfaction level of 83%. This podcast media can be included in the Independent Curriculum to improve the quality of more innovative and technology-based learning. Podcasts make learning more flexible and interactive, and they can be accessed anytime and anywhere. This media can help students learn to collaborate and better understand digital literacy. The educational paradigm is changing, which means we have to move from conventional learning models to more interactive models. Technological advances, especially podcasts, give students the opportunity to learn more flexibly and in-depth. This research uses the ADDIE model to create podcast-based learning media that focuses on improving students' collaboration skills. The results showed that the podcast improved students' understanding of Civics material and received a positive response with a satisfaction level of 83%. This podcast can be included in the Merdeka Curriculum to create more creative and interactive learning. date: 2024 date_type: published pages: 178 institution: UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA department: PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN thesis_type: sarjana thesis_name: sarjana citation: Rifaldi Juangga, Arry (2024) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO MELALUI PODCAST SPOTIFY DALAM MELATIH KETERAMPILAN KERJA SAMA PESERTA DIDIK (Penelitian dan Pengembangan Pada Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 13 Kota Tangerang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47107/1/Arry%20Rifaldi%20Juangga_2286200061_Full%20Text.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47107/3/Arry%20Rifaldi%20Juangga_2286200061_02.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47107/4/Arry%20Rifaldi%20Juangga_2286200061_03.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47107/5/Arry%20Rifaldi%20Juangga_2286200061_04.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47107/6/Arry%20Rifaldi%20Juangga_2286200061_05.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47107/7/Arry%20Rifaldi%20Juangga_2286200061_Reff.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47107/8/Arry%20Rifaldi%20Juangga_2286200061_Lamp.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47107/9/Arry%20Rifaldi%20Juangga_2286200061_CP.pdf document_url: https://eprints.untirta.ac.id/47107/19/Arry%20Rifaldi%20Juangga_2286200061_01.pdf